... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tingginya Angka Korban dan Disersi Gerus Kekuatan Militer Afghanistan

Foto: Tentara Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Inspektorat Jenderal khusus menangani program rekonstruksi Afghanistan (SIGAR) memperingatkan bahwa militer Afghan sedang mengalami kemunduran signifikan selama 12 bulan terakhir. Menurut lembaga pengawas di internal Departemen Pertahanan AS itu, penyusutan tajam kekuatan militer Afghan disebabkan oleh meningkatnya jumlah tentara yang tewas maupun luka-luka. Di samping itu, tingginya angka disersi melampaui atau tidak sebanding dengan kemampuan institusi keamanan tersebut dalam merekrut anggota baru.

Selama 12 bulan terakhir, pasukan keamanan Afghan mengalami penyusutan jumlah personil sebesar 10 persen hingga kekuatan mereka saat ini hanya tersisa 300.000 pasukan. Bagi pasukan regular, 10 % merupakan angka yang cukup besar. Sementara banyak laporan meningkatnya jumlah korban di kalangan tentara, sulitnya upaya merekrut anggota baru, dan tingginya angka disersi membuat data tersebut menjadi satu-satunya data yang secara aktual menggambarkan sebesar apa masalah yang sedang dihadapi.

Di lain pihak, Tentara Nasional Afghan merasa tidak nyaman dengan berbagai laporan tentang kemunduran mereka, dan menyangkal dengan mengatakan laporan SIGAR tersebut 100 persen tidak berdasarkan fakta. Namun mereka tidak memberikan data apapun sebagai koreksi atas angka-angka secara spesifik. Institusi militer Afghan itu terus bersikukuh bahwa Afghanistan punya “cukup” pasukan untuk bertempur, dan moral mereka sangat tinggi.

John Sopko yang membawahi SIGAR mengatakan, membangun pasukan militer Afghan merupakan program paling prioritas dalam 17 tahun perang selama ini. Dan, AS juga telah menggelontorkan uang milyaran dolar untuk program tersebut. Oleh karena itu, menurutnya sangat mengkhawatirkan meskipun milyaran dolar Amerika telah dikeluarkan, namun pasukan Afghan terus mengalami penyusutan kekuatan.

BACA JUGA  Trump Batalkan Negosiasi, Taliban: AS yang Akan Merugi

Sumber: Antiwar
Redaktur: YasinMuslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ancam Kebebasan Pers, Pemerintah Didesak Revisi Sejumlah Regulasi

Meski pemerintah telah merevisi UU ITE pada 2016 lalu, kata Manan, AJI tetap menyayangkan dipertahankannya pasal pidana dalam UU ITE.

Kamis, 03/05/2018 19:37 0

Indonesia

Di Hadapan Ulama Dunia, Kiai Cholil Sampaikan Kasus Penyerangan Muslim di Tolikara

Di hadapan puluhan ulama dan cendekiawan dunia, KH. Cholil Ridwan mengeluhkan sejumlah persoalan yang menimpa umat Islam di Indonesia.

Kamis, 03/05/2018 19:00 0

Indonesia

AJI: Jangan Gunakan Media untuk Kepentingan Politik Praktis

Ketua Umum AJI (Aliansi Jurnalis Independen), Abdul Manan menyatakan bahwa tahun politik 2019 akan menjadi ujian bagi independensi jurnalis dan media.

Kamis, 03/05/2018 18:07 0

Indonesia

AJI Nobatkan Polri Sebagai Musuh Kebebasan Pers 2018

Ini merupakan kali kesebelas Polri mendapat gelar tersebut sejak tahun 2000. Gelar ini diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam peringatan Hari Jurnalis Internasional.

Kamis, 03/05/2018 15:19 0

Indonesia

Guntur Romli Tanya Soal Agama dan Politik, Begini Jawaban Syaikh Al-Azhar

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli bertanya kaitan agama dan politik kepada Grand Syaikh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ath-Thayeb.

Kamis, 03/05/2018 14:40 0

Indonesia

Pentagon Larang Prajurit AS Gunakan Ponsel Huawei dan ZTE

Pentagon belum memutuskan, apakah nantinya akan mengeluarkan aturan yang lebih luas tentang pembelian ponsel itu ataukah tidak.

Kamis, 03/05/2018 14:14 0

Indonesia

Begini Tanggapan PBNU Soal Aksi 11 Mei Bela Baitul Maqdis

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj angkat suara soal aksi bela Baitul Maqdis 11 Mei 2018.

Kamis, 03/05/2018 13:23 0

Indonesia

Dalam Waktu Dekat, Gerai 212 Mart Buka di Kota Palu

Letak gerai 212 Mart beralamatkan di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Kamis, 03/05/2018 11:01 0

Indonesia

Ini Isi Pesan Bogor Hasil KTT Islam Wasathiyah

Ini Isi Pesan Bogor Hasil KTT Islam Wasathiyah

Kamis, 03/05/2018 10:23 0

Indonesia

KTT Islam Wasathiyah Deklarasikan Pesan Bogor

KTT Islam Wasathiyah menelurkan Pesan Bogor

Kamis, 03/05/2018 10:09 0

Close