... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Majelis Syura Mujahidin Derna Gagalkan Serangan Milisi Haftar

Foto: Salah satu pejuang Dewan Syura Mujahidin Derna [Al-Jazeera]

KIBLAT.NET, Derna – Majelis Syura Mujahidin Derna (MSMD) terlibat pertempuran sengit dengan pasukan loyalis mantan panglima militer Libya, Halifah Haftar, pada Kamis (03/05). Aliansi faksi-faksi Islamis Libya di Kota Derna itu berhasil mengalahkan militer Haftar pada pertempuran tersebut.

Operasi milisi Haftar itu bagian dari ruang operasi yang digulirkan bersandi “Umar Mukhtar”. Ruang operasi ini bertujuan untuk merebut Kota Derna, yang dikontrol para pejuang Islamis.

Pertempuran Kamis itu terjadi di daerah Adh-Dhur, Derna selatan. Milisi Haftar memulai serangan dengan gempuran artileri. Akan tetapi, kata sejumlah sumber lokal, tak ada kerugian pasukan atau material pun di lokasi MMD akibat gempuran tersebut.

Bahkan, lanjut sumber, MSMD berhasil menghancurkan dua kendaraan milik pasukan Haftar. Sedikitnya empat pasukan penyerang juga dilaporkan tewas.

Pada bagiannya, juru bicara MSMD, Muhammad Al-Manshuri, melalui TV An-Naba Libya mengatakan bahwa pasukannya berhasil menghalau serangan loyalis Haftar dari sisi selatan. Dia mengungkapkan, keterlibatan militer Mesir dan tentara bayaran Chad dalam serangan itu.

Derna merupakan salah satu kota di Libya yang berada di luar kendali pemerintahan yang didukung barat di negara tersebut. Faksi-faksi Islamis yang mengontrol kota itu menolak diatur oleh Barat. Mereka ingin mendirikan pemerintahan sendiri dengan sistem sendiri.

MSMD dideklarasikan pada akhir 2014 oleh gabungan faksi Islamis Derna. Faksi-faksi Derna bersatu sebagai antisipasi menghadapi kemungkinan serangan milisi Haftar saat itu.

BACA JUGA  Perdana Menteri Sipil Pertama Sudan Umumkan Kabinet Masa Transisi

“Semua orang menyaksikan apa yang terjadi di Benghazi, dari kerusakan lembaga-lembaga pemerintahan, rumah-rumah hancur dan masjid-masjid dibakar, akibat tangan-tangan pengikut Haftar. Putra-putra dan pejuang revolusi Derna menyeru menyatukan barisan dan berjanji menghalau musuh serta menolong kebernaran dan orang-orang terzalimih,” kata deklarasi MSMD Desember 2014.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ancam Kebebasan Pers, Pemerintah Didesak Revisi Sejumlah Regulasi

Meski pemerintah telah merevisi UU ITE pada 2016 lalu, kata Manan, AJI tetap menyayangkan dipertahankannya pasal pidana dalam UU ITE.

Kamis, 03/05/2018 19:37 0

Indonesia

Di Hadapan Ulama Dunia, Kiai Cholil Sampaikan Kasus Penyerangan Muslim di Tolikara

Di hadapan puluhan ulama dan cendekiawan dunia, KH. Cholil Ridwan mengeluhkan sejumlah persoalan yang menimpa umat Islam di Indonesia.

Kamis, 03/05/2018 19:00 0

Indonesia

AJI: Jangan Gunakan Media untuk Kepentingan Politik Praktis

Ketua Umum AJI (Aliansi Jurnalis Independen), Abdul Manan menyatakan bahwa tahun politik 2019 akan menjadi ujian bagi independensi jurnalis dan media.

Kamis, 03/05/2018 18:07 0

Indonesia

AJI Nobatkan Polri Sebagai Musuh Kebebasan Pers 2018

Ini merupakan kali kesebelas Polri mendapat gelar tersebut sejak tahun 2000. Gelar ini diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam peringatan Hari Jurnalis Internasional.

Kamis, 03/05/2018 15:19 0

Indonesia

Guntur Romli Tanya Soal Agama dan Politik, Begini Jawaban Syaikh Al-Azhar

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli bertanya kaitan agama dan politik kepada Grand Syaikh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ath-Thayeb.

Kamis, 03/05/2018 14:40 0

Indonesia

Pentagon Larang Prajurit AS Gunakan Ponsel Huawei dan ZTE

Pentagon belum memutuskan, apakah nantinya akan mengeluarkan aturan yang lebih luas tentang pembelian ponsel itu ataukah tidak.

Kamis, 03/05/2018 14:14 0

Indonesia

Begini Tanggapan PBNU Soal Aksi 11 Mei Bela Baitul Maqdis

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj angkat suara soal aksi bela Baitul Maqdis 11 Mei 2018.

Kamis, 03/05/2018 13:23 0

Indonesia

Dalam Waktu Dekat, Gerai 212 Mart Buka di Kota Palu

Letak gerai 212 Mart beralamatkan di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Kamis, 03/05/2018 11:01 0

Indonesia

Ini Isi Pesan Bogor Hasil KTT Islam Wasathiyah

Ini Isi Pesan Bogor Hasil KTT Islam Wasathiyah

Kamis, 03/05/2018 10:23 0

Indonesia

KTT Islam Wasathiyah Deklarasikan Pesan Bogor

KTT Islam Wasathiyah menelurkan Pesan Bogor

Kamis, 03/05/2018 10:09 0

Close