... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Empat Anggota FPI Klaten Dituntut 8 Bulan Penjara

Foto: Empat orang Laskar FPI Klaten dilaporkan ke polisi dan dihadapkan ke pengadilan setelah menggerebek pasangan mesum di hotel

KIBLAT.NET, Klaten – Sidang lanjutan Front Pembela Islam (FPI) Klaten kembali digelar pada Kamis (03/05/2018) dengan agenda pembacaan tuntutan. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut 8 bulan penjara terhadap empat anggota FPI yang ditangkap setelah menggelar razia penyakit masyarakat di sebuah hotel ternama di Klaten.

Koordinator Kuasa Hukum empat Anggota FPI Klaten M. Kalono, menilai terdapat kejanggalan dalam tuntutan JPU. Menurutnya, JPU telah merubah arah penuntutan dengan menghilangkan pasal 335 ayat (1) ke 1 yang semula pernah dimunculkan dalam dakwaan.

Perubahan itu terjadi karena pelapor, yakni Andang Kurniawan ternyata tidak pernah mempunyai niatan untuk melaporkan para terdakwa. Terlebih, ternyata Andang menandatangani surat tersebut pada tanggal 23 Desember 2017 namun yang tertulis adalah 22 Desember 2017.

“Dengan fakta tersebut nampaknya JPU merubah arah penuntutan dengan menghilangkan pasal 335 ayat (1) ke 1 yang semula dimunculkan dalam dakwaan. Karena pasal tersebut mensyaratkan adanya aduan, sementara pengaduan yang di dalam dakwaan dilakukan oleh Andang Kurniawan ternyata tidak terbukti,” ungkapnya kepada Kiblat.net.

“Akhirnya pasal yang tersisa untuk menjerat terdakwa dalam tuntutannya adalah pasal 82A ayat (1) UU No 16 tahun 2017 jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP dengan tuntutan 8 tahun pidana kurungan penjara,” sambungnya.

Dari sini, ia menuturkan bahwa tim pengacara akan memberikan perlawanan dalam sidang pledoi yang dijadwalkan pada tanggal 14 Mei 2018 mendatang. “Pledoi nanti insyaAllah akan mengupas banyak tentang fakta persidangan yang akan berimplikasi kepada para penegak hukum,” ungkapnya.

BACA JUGA  Google Akui Rekam Suara Pengguna, Kebijakan Privasi Dipertanyakan

Dengan pledoi tersebut, Kalono berharap kesalahan yang dilakukan oleh penegak hukum juga harus dipertanggungjawabkan oleh para pelakunya. Supaya ada efek jera untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

“Tidak sewenang-wenang meski punya kewenangan. Semoga peradilan ini hingga putusan dapat berjalan dengan adil tanpa intervensi dan pemaksaan kehendak dari pihak tertentu,” ujarnya.

*konten berita ini telah mengalami sedikit. Berita ini sebelumnya berjudul Empat Anggota FPI Klaten Dituntut 8 Bulan Penjara

Reporter: Reno Alfian
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Tadzkirah: Bulan Sya’ban yang Dilupakan…

Bulan Sya'ban yang Dilupakan Puasa Sya'ban, Menyambut Ramadhan. Mengapa manusia lalai pada bulan itu? Apakah ada amalan khusus yang dianjurkan bagi umat Islam? Apakah Anda juga lalai, atau ingat sesuatu setiap Sya'ban datang?

Jum'at, 04/05/2018 11:18 0

Amerika

Anggaran Militer 2017: AS di Peringkat Teratas, Rusia Turun

Anggaran belanja militer AS saat ini terus menunjukkan grafik naik. Kenaikan belanja militer tersebut diklaim sebagai langkah untuk menghadapi ancaman Rusia.

Jum'at, 04/05/2018 11:12 0

Suriah

Ketua Biro Politik Luar Negeri Jaisyul Islam Mengundurkan Diri

Kepala Biro Politik Luar Negeri Jaisyu Islam, Mohammed Alloush, mengundurkan diri dari jabatannya. Dia menyatakan tetap menjadi tentara revousi meskipun tidak memegang jabatan

Jum'at, 04/05/2018 08:31 0

Afrika

Majelis Syura Mujahidin Derna Gagalkan Serangan Milisi Haftar

Pertempuran Kamis itu terjadi di daerah Adh-Dhur, Derna selatan. Milisi Haftar memulai serangan dengan gempuran artileri. Akan tetapi, kata sejumlah sumber lokal, tak ada kerugian pasukan atau material pun di lokasi MMD akibat gempuran tersebut.

Jum'at, 04/05/2018 07:41 0

Mesir

Ini Sikap Liga Arab terhadap Krisis Diplomatik Maroko-Iran

Juru bicara Sekjen Liga Arab, Mahmud Afifi, mengatakan pada Kamis bahwa keputusan terakhir Liga Arab dalam konferensi di Dhahran, Arab Saudi, bulan lalu terkait campur tangan Iran, menolak tegas intervensi semacam ini dan bekerja untuk melawannya.

Jum'at, 04/05/2018 06:57 0

Afghanistan

Tingginya Angka Korban dan Disersi Gerus Kekuatan Militer Afghanistan

Selama 12 bulan terakhir, pasukan keamanan Afghan mengalami penyusutan jumlah personil sebesar 10 persen hingga kekuatan mereka saat ini hanya tersisa 300.000 pasukan.

Jum'at, 04/05/2018 06:31 0

Suriah

Pesawat Tempurnya Jatuh di Suriah, Rusia: Ditabrak Burung

Pesawat tempur Rusia jatuh di lepas pantai Jebel, di provinsi Suriah Latakia. Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi tewasnya dua pilot pesawat di dalamnya.

Kamis, 03/05/2018 17:24 0

Pakistan

Pakistan Buka Kembali Jalur Perdagangan Kunci dengan Afghanistan

Setelah empat tahun, Pakistan secara resmi membuka kembali jalur perdagangan Ghulam Khan.

Kamis, 03/05/2018 17:05 0

Afrika

Al-Shabab, Gerakan Paling Banyak Gelar Operasi di Benua Afrika

Al-Shabab telah meluncurkan sebanyak 3.000 kali serangan dalam setahun.

Kamis, 03/05/2018 10:30 0

Suriah

Sel Pembunuh Misterius Masih Berkeliaran di Idlib

Berdasarkan data yang dikumpulkan, target utama pembunuhan itu para dokter, apoteker, wartawan, tukang emas, warga sipil dan pejuang oposisi.

Kamis, 03/05/2018 09:24 0

Close