... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AJI Nobatkan Polri Sebagai Musuh Kebebasan Pers 2018

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dinobatkan sebagai musuh kebebasan pers 2018. Ini merupakan kali kesebelas Polri mendapat gelar tersebut sejak tahun 2000. Gelar ini diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam peringatan Hari Jurnalis Internasional.

Ketua Umum AJI, Abdul Manan mengatakan sejak Mei 2017 hingga Mei 2018, Bidang Advokasi AJI mencatat terdapat 75 kasus kekerasan terhadap jurnalis. Kasus ini terjadi di 56 daerah kota/Kabupaten di 25 provinsi.

“Salah satu faktor penting dalam iklim politik yang mempengaruhi situasi kemerdekaan pers Indonesia adalah masih tingginya kasus kekerasan terhadap jurnalis,” kata Abdul Manan dalam Konferensi Pers di Cikini Cafe, Kamis (03/05/2018).

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama, yakni 72 kasus kekerasan. Kasus kekerasan fisik masih mendominasi statistik kekerasan terhadap jurnalis, yakni sebanyak 24 kasus.

Abdul Manan menjelaskan, jenis kekerasan fisik yang dialami oleh jurnalis beragam; mulai dari penyeretan, pemukulan, baik dengan tangan maupun dengan benda tajam atau tumpul, hingga pengeroyokan oleh oknum.

“Kasus kekerasan kedua terbanyak adalah pengusiran. Pengusiran dilakukan baik oleh aparatur negara ataupun anggota security atau satpam,” ujarnya.

Pada periode Mei 2017-Mei 2018, pelaku kekerasan terbanyak, yakni 24 kasus, masih didominasi polisi. Disusul oleh pejabat pemerintah atau eksekutif dengan 16 kasus. “Sudah bertahun-tahun polisi menjadi pelaku terbanyak kekerasan terhadap jurnalis, khususnya di luar Jakarta,” imbuh Abdul Manan.

BACA JUGA  Warga Semakin Cemas Covid-19, Jokowi: Saya Nggak Tau Sebabnya

Salah satu kasus yang menjadi sorotan termasuk kekerasan yang dilakukan oleh seorang anggota polisi di Timika, Papua, kepada wartawan Okezone. Kasus itu berlanjut kepada ancaman yang dilakukan oleh seorang anggota polisi lainnya kepada wartawan di daerah yang sama.

“Dalam beberapa kasus, pimpinan polisi setempat meminta maaf kepada jurnalis. Namun dalam lebih banyak kasus lain, pelaku belum mendapatkan hukuman yang sepatutnya,” tutur Abdul Manan.

Dalam konferensi pers tersebut, AJI juga mendesak aparat penegak hukum memproses dengan serius laporan kasus kekerasan terhadap jurnalis dan media.

“Ini harus jadi instropeksi bagi Polri, supaya memberikan pengetahuan dan penyadaran kepada personilnya untuk mengurangi praktik seperti itu,” pungkasnya.aji

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Al-Shabab, Gerakan Paling Banyak Gelar Operasi di Benua Afrika

Al-Shabab telah meluncurkan sebanyak 3.000 kali serangan dalam setahun.

Kamis, 03/05/2018 10:30 0

Suriah

Sel Pembunuh Misterius Masih Berkeliaran di Idlib

Berdasarkan data yang dikumpulkan, target utama pembunuhan itu para dokter, apoteker, wartawan, tukang emas, warga sipil dan pejuang oposisi.

Kamis, 03/05/2018 09:24 0

Qatar

Qatar Dukung Keputusan Maroko Akhiri Hubungan dengan Iran

Partai Polisario adalah organisasi pergerakan kemerdekaan Sahara Barat yang didirikan pada 10 Mei 1973. Pergerakan ini berupaya mendirikan negara untuk penduduk Sahara Barat, yang dijuluki dengan nama Sahrawi. Awalnya pergerakan ini didasarkan pada asas-asas sosialisme, namun semenjak tahun 1990 mereka mengikuti asas liberalisme dan demokrasi.

Kamis, 03/05/2018 09:04 0

Afrika

Sudan Kaji Ulang Keterlibatan di Koalisi Pimpinan Saudi

Koalisi juga tidak membayar gaji pasukan Sudan, serta upaya-upaya negara koalisi melemahkan pasukan perlawanan Yaman dan bahkan melemahkannya.

Kamis, 03/05/2018 08:24 0

Suriah

Idlib Dalam Sebulan: 753 Serangan Udara, 100 Tewas dan 1.162 Terluka

Relawan White Helmets juga menggelar sebanyak 737 operasi pelayanan, menangani 1.186 kasus kecelakaan di jalan, 54 kali operasi pemadaman kebaran dan 267 kali membersihkan sisa-sial roket dan ranjau.

Kamis, 03/05/2018 07:41 0

Afrika

Pasca Seruan Pemilu Dini, Kantor KPU Libya Diserang

Dua penyerang berhasil masuk dan memberondong setiap orang yang ada di dalamnya.

Kamis, 03/05/2018 06:46 0

Suara Pembaca

Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Langsung Kepada Pengungsi Suriah

Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Langsung Kepada Pengungsi Suriah

Rabu, 02/05/2018 20:37 0

Amerika

Tak Ingin Ada Korban Militer, AS Kembangkan Kendaraan Tempur Self-Driving

Militer AS juga sedang mengembangkan teknologi serupa untuk tank tak berawak dan kendaraan kecil yang dapat melucuti bom.

Rabu, 02/05/2018 17:00 0

Asia

Dituduh Terlibat Kasus Bom, 6 Warga Pattani Divonis Mati

Pengadilan Provinsi Pattani memvonis mati enam orang yang dituduh terlibat kasus pengeboman di Pattani, Thailand selatan dua tahun lalu. Sementara empat orang lainnya divonis penjara seumur hidup. 

Rabu, 02/05/2018 16:30 0

Afghanistan

Satu Lagi Tentara AS Tewas di Afghanistan

Seorang tentara AS dilaporkan tewas tertembak di Afghanistan di sebuah distrik di timur Kabul.

Rabu, 02/05/2018 15:55 0

Close