... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pledoi Alfian Berisi Seputar Kejanggalan dan Fakta Persidangan

Foto: Alfian Tanjung diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (11/04/2018) dalam kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ustadz Alfian Tanjung (UAT) mengajukan pledoi atau nota pembelaan atas kasus yang dituduhkan kepadanya. Abdullah Al-Katiri, salah satu pengacara UAT menjelaskan, pengacara akan membacakan 130 halaman lebih nota pembelaan.

“Kita sudah menyusun 130 halaman lebih nota pembelaan yang berisi perihal kejanggalan persidangan dan juga fakta-fakta persidangan yang menurut kami mementahkan tuntutan jaksa,” ungkapnya kepada Kiblat.net melalui sambungan telepon, Selasa (01/05/2018).

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum mengajukan tuntutan 3 tahun penjara kepada Alfian Tanjung. Selain penjara, Alfian dituntut denda sebesar Rp 100 juta subsider 3 bulan penjara.

Al Katiri mengungkapkan salah satu poin dalam pledoi berkenaan pasal 28 ayat 2 juncto pasal 156a KUHP yang digunakan JPU untuk menuntut UAT. Menurutnya, pasal tersebut tidak pas digunakan untuk menuntut UAT karena ada satu frasa yang tidak bisa dipisahkan, yaitu kata-kata ‘dengan sengaja dan tanpa hak’.

“Dalam pasal tersebut terdapat kata yang berarti satu kesatuan yaitu ‘dengan sengaja dan tanpa hak’, jika dalam kasus UAT, maka UAT dengan sengaja mengeluarkan pernyataan yang jadi pokok perkara, namun berhak. Karena UAT adalah pakar atau pengamat PKI dan dia dalam kepentingan umum memberi tahu dan memperingati bangsa atas bahaya laten PKI,” jelas Al-Katiri.

Al-Katiri menjelaskan, UAT menyebutkan kalimat “ada 85% kader PKI di PDIP” dalam kapasitas untuk kepentingan umum. Menurut saksi ahli seseorang tidak bisa dipidanakan karena melakukan suatu hal untuk kepentingan umum.

BACA JUGA  Hari Kedua, Panitia Pindahkan Acara Muslim United ke Masjid Jogokariyan

“UAT merupakan pemerhati gerakan komunis sejak 25 tahun silam, sehingga UAT disebutnya berhak mengingatkan bangsa,” katanya.

Al-Katiri kemudian menyinggung awal mula kasus tersebut diperkarakan. Ia mengatakan awalnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membaca portal online Sebarr.com dan melaporkan cuitan UAT ke polisi.

“Pasal 28 Ayat 2 ini jelas dimana-dimana dikenakan. Dan perlu diingat, pelapor dari awal mengambil dari akun Sebarr.com. Media online yang tidak mempunyai izin. Berarti, dialah yang pertama kali melakukan tindak pidana dengan menyebarkan (Pasal) 28 Ayat 2,” ujar Ketua Ikatan Advokat Muslim (IKAMI) ini.

Menurutnya, Sebarr.com melanggar Pasal 32 Ayat 1 UU ITE karena menyebarkan cuitan Alfian dan tidak mendapatkan izin dari pemilik.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

“Islam” Washatiyah Ala Abu Thalib

KIBLAT.NET – Para “tokoh” agama, mufti dan cendekiawan dari 43 negara berkumpul di Bogor (01/05)....

Rabu, 02/05/2018 12:30 0

Amerika

Trump Akan Hadiri Pembukaan Kedutaan AS di Al-Quds

pernyataan itu diungkapkan dari Gedung Putih. Dia tidak memberi keterangan lebih lanjut.

Rabu, 02/05/2018 10:56 0

Video Kajian

Sejarah Kejahatan Barat terhadap Umat Islam

KIBLAT.NET – Sejarah Kejahatan Barat terhadap Umat Islam. Dalam sejarah, Thomas Edward Lawrence, perwira Inggris...

Rabu, 02/05/2018 10:08 0

Suriah

Laporan HAM: 408 Sipil Suriah Terbunuh Sepanjang April 2018

Jaringan HAM mengatakan bahwa jumlah korban di bulan April menurun tajam.

Rabu, 02/05/2018 09:59 0

Amerika

Pentagon: Kami Tak Akan Tinggalkan Suriah Sementara Perang Berlanjut

“Anda memenangkan pertempuran kemudian Anda memenangakan kedamaian,” ujarnya kepada media.

Rabu, 02/05/2018 09:22 0

Mesir

Jika Tiga Syarat Ini Terpenuhi, IM Siap Negosiasi dengan Al-Sisi

Munir menjelaskan, tiga syarat itu adalah negosiasi harus digelar langsung dengan orang-orang yang bertanggung jawab, bukan delegasi. Pembicaraan harus melibatkan seluruh oposisi rezim Al-Sisi. Sebelum negosiasi digelar, seluruh tahanan politik harus dibebaskan, termasuk Muhammad Mursi, presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis.

Rabu, 02/05/2018 08:39 0

Manhaj

3 Faktor Keberhasilan Generasi Sahabat Keluar dari Masa Jahiliyah

Sejatinya, kunci perubahan utama yang dilakukan para sahabat tidak lepas dari Al-Quran dan hadis sebagai pedoman utama dalam hidup mereka. Ia menjadi sumber materi pokok dalam membentuk karakter seorang muslim, membina jamaah dan mengatur negara. Para sahabat dipilih oleh Allah sebagai potret ideal generasi muslim dalam memperjuangkan Islam. Ketika mereka menerapkan nilai-nilai Islam seutuhnya dalam hidup mereka, maka kemenangan itu pun bisa mereka capai dengan sempurna.”

Rabu, 02/05/2018 07:53 0

Iran

Iran Tuduh Aplikasi Telegram Ancam Keamanan Negara

Aplikasi yang dibuat oleh orang Rusia itu dianggap mengancam keamanan negara melalui propaganda pembentukan dan kegiatan teroris.

Rabu, 02/05/2018 07:44 0

News

Maroko Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran, Ada Apa?

Hubungan antara Maroko dan Iran kembali normal pada akhir 2016 setelah tujuh tahun kerenggangan menyusul sikap tegas Maroko terhadap Teheran yang berupaya menyebar paham Syiah di negara tersebut.

Rabu, 02/05/2018 06:51 0

Palestina

Selain Pemukiman Ilegal, Begini Cara Israel Tindas Warga Palestina

Di samping itu, sejumlah kantor polisi juga “secara ilegal” berdiri di tanah milik pribadi warga Palestina. Situasi ini digambarkan Kerem Navot sebagai sesuatu yang “memalukan” dan “paradoksikal”.

Rabu, 02/05/2018 06:20 0

Close