... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Dompet Dhuafa Serahkan Bantuan Langsung Kepada Pengungsi Suriah

Foto: Relawan kemanusiaan Dompet Dhuafa menyerahkan bantuan kepada pengungsi Suriah

KIBLAT.NET, Hatay — Dompet Dhuafa menerjunkan tim untuk menyerahkan bantuan secara langsung kepada pengungsi Suriah. Bantuan masyarakat Indonesia disalurkan lokasi pengungsian di Hatay.

Tim Dompet Dhuafa yang diwakili oleh relawan kemanusiaan Shofa Quds dan Dedi Fadlil setelah tiba di Turki segera melanjutkan ke perbatasan Suriah. Bantuan yang diberikan senilai 25 ribu USD berupa kebutuhan dasar, seperti makanan dan hygiene kit serta selimut. Kebutuhan itu dinilai sangat penting bagi para pengungsi Suriah selama konflik, agar keberlangsungan mereka tetap terjamin.

Penyerahan bantuan kepada pengungsi Suriah di Hatay, perbatasan Turki-Suriah dilakukan pada Selasa (01/05/2018). Ribuan pengungsi menerima hygiene kit dan layanan kesehatan secara gratis.

Hygiene kit juga diberikan di rumah-rumah pengungsi dan layanan kesehatan mikro yang berada di perbatasan Suriah. Layanan kesehatan tersebut diharapkan mengurangi risiko terhadap kematian pengungsi di wilayah perbatasan serta untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Sejak konflik Suriah sudah banyak ribuan masyarakat sipil yang harus berjuang hidup seperti tinggal di bawah tanah bahkan tidak ada aliran listrik serta sirkulasi udara yang baik, bahkan sebagian mereka meninggal karena kelaparan hingga kekurangan obat-obatan yang memadai. Selama berbulan-bulan mereka hidup dibawah tekanan konflik yang berkecamuk.

Adanya genjatan senjata kedua belah pihak, membawa angin segar bagi para masyarakat sipil untuk meninggalkan kota kelahiran, menuju zona aman yang telah ditentukan, puluhan mobil kemanusiaan menjemput dan membawa mereka ke wilayah perbatasan Turki- Suriah. Asupan pangan yang kurang layak bagi ribuan masyarakat sipil selama terjebak di peperangan, menjadikan mereka rawan terkena berbagai penyakit.

Menurut Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, drg. Imam Rulyawan MARS. bantuan Dompet Dhuafa yang diberikan kepada para pengungsi Suriah merupakan kepercayaan para donatur yang sudah memberikan amanah lembaga itu sebagai organisasi kemanusiaan dan ziswaf. “Untuk itu kami memberikan bantuan langsung dengan mengutuskan dua relawan kemanusiaan untuk mengunjungi para pengurus kita yang mengalami krisis selama konflik berlangsung,” ungkapnya

Dia menambahkan selama 25 Tahun Dompet Dhuafa terus membentangkan kebaikkan dalam program kemanusiaan maupun program berbasis ZISWA. “Diharapkan adanya bantuan ini dapat meringankan para pengungsi dan sebagai bentuk solidaritas masyarakat Indonesia yang membawa keberagaman untuk membantu pengungsi akibat konflik di Suriah, Semoga dalam aksi kemanusiaan kali ini dapat membuka dunia bahwa masyarakat Indonesia melalui lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa mengecam segala bentuk konflik yang akan mengakibatkan ancaman bagi ribuan masyarakat sipil,” tutup drg. Imam Rulyawan MARS.

Sumber: Corporate PR Dompet Dhuafaa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Timbulkan Korban Jiwa, Bagi-bagi Sembako di Monas Dinilai Kontra Revolusi Mental

"Justeru kontra produktif membuat mental masyarakat menjadi mental belas kasihan

Rabu, 02/05/2018 19:55 0

Indonesia

Ustaz Bachtiar Nasir Bantah Omongan Wapres Iran Soal Sunni-Syiah

Ustaz Bachtiar Nasir membantah pernyataan Wakil Presiden IranMasoumeh Ebtekar soal Sunni-Syiah

Rabu, 02/05/2018 19:20 0

Indonesia

Sosok Syaikh Yusuf Al-Makassari di Mata Ulama Afrika Selatan

Presiden Dewan Peradilan Muslim Afrika Selatan, Syaikh Irfan Ibrahim mengungkapkan bahwa di negara asalnya sosok Syaikh Yusuf Al-Makassari adalah seorang pejuang dan dai sejati.

Rabu, 02/05/2018 19:00 0

Indonesia

Alfian Tanjung Sebut Tiga Kelalaian yang Bisa Membuat PKI Bangkit

Tiga kelalaian yang membuat PKI bangkit menurut Alfian Tanjung

Rabu, 02/05/2018 17:57 0

Amerika

Tak Ingin Ada Korban Militer, AS Kembangkan Kendaraan Tempur Self-Driving

Militer AS juga sedang mengembangkan teknologi serupa untuk tank tak berawak dan kendaraan kecil yang dapat melucuti bom.

Rabu, 02/05/2018 17:00 0

Indonesia

Waspadai 5 Motif Penculikan Anak

KPAI mengungkap lima motif dalam kasus penculikan anak

Rabu, 02/05/2018 16:52 0

Asia

Dituduh Terlibat Kasus Bom, 6 Warga Pattani Divonis Mati

Pengadilan Provinsi Pattani memvonis mati enam orang yang dituduh terlibat kasus pengeboman di Pattani, Thailand selatan dua tahun lalu. Sementara empat orang lainnya divonis penjara seumur hidup. 

Rabu, 02/05/2018 16:30 0

Afghanistan

Satu Lagi Tentara AS Tewas di Afghanistan

Seorang tentara AS dilaporkan tewas tertembak di Afghanistan di sebuah distrik di timur Kabul.

Rabu, 02/05/2018 15:55 0

Indonesia

Grand Syaikh Al-Azhar Sindir Salafi Hingga Sufi di KTT Islam Wasathiyah

"Ada Salafi, Sufi, Modernis, Takfiri dan mereka beranggapan merekalah yang paling benar"

Rabu, 02/05/2018 15:31 0

Indonesia

Pledoi Alfian Tanjung: PKI Terus Bergerak, Simpatisannya Tak Kenal Bubar

"Memang PKI terus bergerak, karena kader PKI, warga PKI dan simpatisan tidak menggenal bubar atau mati, yang mereka pahami adalah pasang naik dan pasang surut"

Rabu, 02/05/2018 14:39 0

Close