... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Tersebab Memuliakan Buruh, Doanya pun Didengar Langsung oleh Allah

Foto: ilustrasi

KIBLAT.NET – Islam menganjurkan umatnya untuk selalu berbuat baik kepada para buruh/pekerja. Dalam banyak hadisnya, Rasulullah SAW memuliakan kaum buruh dan memenuhi hak-hak mereka sebelum keringatnya kering. Berikutnya ketika ada yang tidak mengindahkan anjuran ini, beliau ingatkan dengan sebuah hadits qudsi bahwa Allah Ta’ala berfirman;

“Ada tiga orang dimana saya akan menjadi musuhnya pada hari kiamat: Orang yang berjanji dengan menyebut nama-Ku lalu dia melanggar janji, Orang yang menjual orang yang merdeka lalu dia menikmati hasil penjualannya tersebut, dan Orang yang mempekerjakan orang lain, namun setelah orang tersebut bekerja dengan baik upahnya tidak dibayarkan,” (HR. Bukhari)

Demikian juga sebaliknya, Rasulullah juga menyebutkan tentang keutamaan terhadap siapa saja yang memuliakan kaum buruh. Salah satu keutamaannya ialah menjadi salah satu wasilah terkabulkannya do’a yang ia pintakan kepada Allah Ta’ala.

Dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW menuturkan sebuah kisah tentang tiga orang yang terperangkap dalam gua. Lalu ketiga orang ini bertawasul dengan amalannya masing-masing. Setelah dua orang selesai bertawasul, tibalah giliran orang yang ketiga mengangkat tangannya lalu dia bertawasul dengan berkata:

اللَّهُمَّ إِنِّى اسْتَأْجَرْتُ أُجَرَاءَ فَأَعْطَيْتُهُمْ أَجْرَهُمْ ، غَيْرَ رَجُلٍ وَاحِدٍ تَرَكَ الَّذِى لَهُ وَذَهَبَ فَثَمَّرْتُ أَجْرَهُ حَتَّى كَثُرَتْ مِنْهُ الأَمْوَالُ ، فَجَاءَنِى بَعْدَ حِينٍ فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ أَدِّ إِلَىَّ أَجْرِى . فَقُلْتُ لَهُ كُلُّ مَا تَرَى مِنْ أَجْرِكَ مِنَ الإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ وَالرَّقِيقِ . فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ لاَ تَسْتَهْزِئْ بِى . فَقُلْتُ إِنِّى لاَ أَسْتَهْزِئُ بِكَ . فَأَخَذَهُ كُلَّهُ فَاسْتَاقَهُ فَلَمْ يَتْرُكْ مِنْهُ شَيْئًا ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ فَافْرُجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ . فَانْفَرَجَتِ الصَّخْرَةُ فَخَرَجُوا يَمْشُونَ

BACA JUGA  Tujuh Hal Ini Bakal Buat Ramadhanmu Lebih Bermakna

“Ya Allah, aku dahulu pernah mempekerjakan beberapa pegawai lantas aku memberikan gaji pada mereka. Namun ada satu yang tertinggal yang tidak aku beri. Malah uangnya aku kembangkan hingga menjadi harta melimpah.

Suatu saat ia pun mendatangiku. Ia pun berkata padaku, “Wahai hamba Allah, bagaimana dengan upahku yang dulu?”

Aku pun berkata padanya bahwa setiap yang ia lihat itulah hasil upahnya dahulu (yang telah dikembangkan), yaitu ada unta, sapi, kambing dan budak.

Ia pun berkata, “Wahai hamba Allah, janganlah engkau bercanda.”

Aku pun menjawab bahwa aku tidak sedang bercanda padanya. Aku lantas mengambil semua harta tersebut dan menyerahkan padanya tanpa tersisa sedikit pun.

Ya Allah, jikalau aku mengerjakan sedemikian itu dengan niat benar-benar mengharapkan wajah-Mu, maka lepaskanlah kesukaran yang sedang kami hadapi dari batu besar yang menutupi kami ini”. Lantas goa yang tertutup sebelumnya pun terbuka, mereka keluar dan berjalan. (HR. Bukhari-Muslim)

Kisah ini menunjukkan bahwa salah satu amal baik yang bisa kita jadikan tawasul dalam berdoa adalah memuliakan buruh. Tersebab kebaikan yang diberikan kepada buruh, Allah pun mengabulkan permohonan orang tersebut dikala ia terjepit dengan masalah. Dengan catatan bahwa amalan yang dilakukannya itu semata-mata karena mengharap wajah Allah Ta’ala. Ia lalukan dengan ikhlas untuk mensejahterakan pekerjanya dan bukan atas dasar ada kepentingan yang lain.

BACA JUGA  10 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Redaktur: Fakhruddin

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

‘Jalan Terang’ Indonesia 2030

  KIBLAT.NET – Gegap gempita yang terjadi akhir-akhir ini mengenai Indonesia 2030 membuat saya tergelitik...

Selasa, 01/05/2018 16:25 0

Indonesia

Tak Berpihak Kepada Buruh Lokal, PKS Desak Perpres TKA Dicabut

PKS Desak Perpres TKA Dicabut

Selasa, 01/05/2018 15:12 0

Amerika

Senjata Baru Pentagon Ini Diklaim Bisa Lumpuhkan Serangan “Teror”

Sebuah perangkat akan menonaktifkan unit kontrol mesin elektronik kendaraan dengan "membombardirnya" dengan beberapa gelombang radio frekuensi tinggi.

Selasa, 01/05/2018 15:00 0

Indonesia

Kedutaan Palestina Ungkap Modus Pembunuhan Dr. Fadi Oleh Agen Israel

Muslim Palestina yang cerdas dan mampu menguasai teknologi kerap menjadi target pembunuhan Israel

Selasa, 01/05/2018 13:40 0

Amerika

AS dan Israel Saling Berbalas Sanjungan soal Isu Palestina

Amerika Serikat dan Israel saling memberikan sanjungan atas peran negara masing-masing.

Selasa, 01/05/2018 13:15 0

Indonesia

MUI: Sukseskan Aksi 11 Mei Bela Baitul Maqdis!

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH. Ma'ruf Amin menyatakan dukungan terhadap aksi tersebut.

Selasa, 01/05/2018 12:15 1

Afghanistan

Tiga Hari Pertama Operasi Al-Khandaq, Taliban Lancarkan 300 Serangan

Sejak kampanye militer Al-Khandaq diumumkan, banyak anggota kepolisian di tingkat lokal disersi dan menyerahkan diri ke Imarah Islam Taliban.

Selasa, 01/05/2018 11:47 0

Indonesia

Wapres Bertemu Menteri Agama Bahas Finalisasi PP Jaminan Produk Halal

Draf PP Jaminan Produk Halal telah final

Selasa, 01/05/2018 11:09 0

Suriah

Rudal Asing Bombardir Kamp Tentara Iran di Hama dan Aleppo

Amerika Serikat, Senin (30/04), membantah pasukannya atau koalisi pimpinannya melakuan serangan itu. Sampai saat ini, belum diketahui pihak yang bertanggung jawab.

Selasa, 01/05/2018 09:58 0

Mesir

Setelah Prancis dan Mesir, Internasional Turut Serukan Pemilu Dini di Libya

Namun, mengadakan pemilihan tetap menjadi tantangan utama di negara yang wilayahnya masih terbagi antara kontrol faksi militer. Selain itu, saat ini di Libya terdapat dua pemerintahan yang mengaku sebagai rezim sah. Dua pemerintah itu muncul setelah digelarnya pemilu pada 2014.

Selasa, 01/05/2018 09:07 0

Close