... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koalisi Internasional Anti-ISIS Akhiri Misi Tempur di Iraq

Foto: Militer Iraq/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Baghdad – Koalisi internasional anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat, Senin (30/04), mengumumkan mengakhiri operasi tempur di Iraq. Koalisi juga mengumumkan menutup markas komando pasukan darat di negara tersebut.

“Pusat komando pasukan darat gabungan hari ini telah ditutup dengan upacara resmi di Baghdad. Ini menunjukkan akhir operasi tempur besar terhadap ISIS di Iraq dan keputusan mengubah komposisi koalisi dan tanggung jawabnya,” kata pernyataan koalisi seperti dilansir Reuters Arabic, Senin.

Pernyataan itu menekankan bahwa hubungannya dengan pasukan bersenjata Iraq saat ini berubah dari dukungan dan mengawal operasi tempur ke misi pelatihan dan mengupgrade kemampuan pasukan lokal menciptakan keamanan.

Pada bagiannya, utusan resmi AS di koalisi internasional anti ISIS Breet Makjurk menulis di akun resmi Twitternya, “dari Fallujah ke Tikrik, Ramadi ke Sinjar, Musul ke titik-titik yang menghubungkan keduanya…koalisi kami telah bangga bisa mendukung pasukan Iraq dan Peshmerga yang membebaskan Iraq dan 4,5 juta warga dari ISIS.”

Perdana Menteri Iraq, Haider al-Abadi, mengumumkan kemenangan atas ISIS pada Desember lalu. Kemenangan ini diumumkan setelah ibukota defacto khilafah ISIS, Mosul, direbut. Iraq dan Koalisi membutuhkan waktu lima bulan untuk menguasai kota tersebut.

Akan tetapi, pengumuman itu tak menghentikan serangan ISIS, yang saat ini kembali ke gurun-gurun Iraq. Mereka masih menggulirkan operasi militer dan bom bunuh diri yang mengakibatkan puluhan tentara tewas.

BACA JUGA  Massa Bakar Gedung Konsulat Iran di Najaf, Irak

Negara-negara koalisi NATO pada Februari lalu sepakat memperluas misi “pelatihan dan instruktur militer di Iraq dalam konteks upaya internasional yang lebih luas untuk membangun kembali negara itu setelah lebih dari satu decade menghadapi perang.

Amerika Serikat tidak ingin mengulang kesalahan pada tahun 2011 dengan menarik penuh dari Iraq yang menyebabkan kembali kuatnya kelompok-kelompok “teroris”.

“Pelajaran dari Iraq adalah menarik diri lebih dini berbahaya karena kita mungkin harus kembali ke operasi tempur,” kata Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, Februari lalu.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Aksi May Day, Buruh Serukan Tolak TKA dari Cina

Salah satu tuntutan para buruh adalah tolak TKA buruh kasar dari Cina

Senin, 30/04/2018 20:12 0

Indonesia

Ijtima Ulama MUI Bahas Masalah Politik, Apa Arahan dari Presiden?

Muncul pertanyaan terkait adanya arahan presiden terkait masuknya pembahasan masalah politik dalam Ijtima Ulama Keenam Komisi Fatwa MUI

Senin, 30/04/2018 19:50 0

Indonesia

Polri Ungkap 3 Strategi Tangkal Radikalisme

Ini tiga strategi yang diterapkan dalam menangkal radikalisme

Senin, 30/04/2018 19:23 0

Indonesia

Menjaga Eksistensi Negara Jadi Bahasan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI

Menjaga eksistensi negara jadi bahasan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI

Senin, 30/04/2018 18:48 0

Indonesia

Besok 43 Negara Berkumpul di Bogor, Bahas Islam Wasathiyah

Selain Syaikh Al Azhar, para tokoh agama, mufti dan cendekiawan dari berbagai negara akan turut hadir. Total diperkirakan akan ada perwakilan dari 43 negara yang hadir dalam acara ini.

Senin, 30/04/2018 13:09 0

Indonesia

MUI Tegas Larang Gunakan Agama untuk Kepentingan Politik Sesaat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas melarang praktik politisasi agama jelang pemilihan daerah atau pemilihan umum. Termasuk ketika seorang calon kepala daerah ataupun legislatif menggunakan atribut Islam untuk meraih simpati.

Senin, 30/04/2018 10:43 0

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Indonesia

Bersama Ustadz Adi Hidayat, Sinergi Foundation Bangun Pesantren Alquran

Setelah berkolaborasi dengan Yayasan Al Fatih membangun Kuttab Al Fatih di Cileunyi, kali ini Sinergi Foundation (SF) berencana membangun Pesantren Alquran di tanah wakaf Lembang.

Ahad, 29/04/2018 21:20 7

Indonesia

Bersama Ustadz Abdul Somad, Ratusan Pemuda Surabaya Deklarasikan Persatuan

Ada pemandangan yang tak biasa tampak saat Ustadz Abdul Somad Lc MA mengisi tabligh akbar di Masjid Al Falah, Surabanya. Di sela-sela acara, sejumlah kelompok pemuda mendeklarasikan "Persatuan Pemuda Islam Se-Surabaya".

Ahad, 29/04/2018 15:38 0

Indonesia

Penerima Sembako di Monas Diberi Stempel Bintang David

Acara "Untukmu Indonesia" yang digelar di Monumen Nasional pada Sabtu (28/04/2018) menarik pengunjung dengan bagi-bagi sembako dan layanan pengobatan gratis.

Ahad, 29/04/2018 14:49 0

Close