... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Siswi Muslimah Kenya Dilarang Masuk Sekolah Karena Berjilbab

Foto: Muslimah berjilbab/ilustrasi

KIBLAT.NET, Mwingi – Islamofobia tak hanya di negeri Barat atau Eropa. Di Kenya, siswi muslimah ditolak masuk kampus karena mengenakan jilbab. Menurut laporan World Bulletin, Sabtu (28/04/2018), kejadian itu di kampus Medical Training College, kota Mwingi.

Para siswi mengaku masalah tersebut dimulai sekitar dua bulan yang lalu, setelah wakil rektor baru dipindahkan ke perguruan tinggi itu. Ia bersumpah untuk melarang siswi muslimah mengenakan jilbab, karena bukan bagian dari seragam sekolah.

“Siswi kami belum dapat bersekolah selama tiga hari terakhir karena manajemen telah mengarahkan penjaga kampus untuk tidak mengizinkan mereka (masuk) dengan jilbab mereka,” kata seorang siswa Abdullahi Hassan kepada surat kabar Nation di Kenya.

“Kami menyadari apa yang telah terjadi hari ini. Kami ingin masalah ini diselesaikan oleh Departemen Pendidikan untuk menghindari diskriminasi yang kami lihat. Kami sebagai pemimpin Muslim tidak akan tinggal diam,” kata Yusuf Abdullahi, seorang pejabat dari Dewan Tertinggi Kenya Muslim (SUPKEM).

Ini bukan pertama kalinya kasus seperti itu dilaporkan di Kenya. Sekolah Tinggi St. Paul Kiwanjani di Kabupaten Isiolo mengajukan petisi di Pengadilan Tinggi awal tahun ini untuk melarang gadis-gadis muslimah mengenakan hijab di sekolah. Sekolah menengah dan perguruan tinggi lainnya juga melarang jilbab, memaksa siswa muslimah untuk pindah ke tempat lain.

Pengadilan Tinggi Kenya sebelumnya memutuskan bahwa para siswi seharusnya tidak diperbolehkan mengenakan pakaian yang berbeda di sekolah. Hal itu disebut sebagai pengkotak-kotakan agama dan status. Tetapi Pengadilan banding kemudian membatalkan putusan tersebut dan mendukung siswi muslimah mengenakan jilbab, dengan mengatakan peraturan sekolah tidak dapat dibiarkan untuk menekan keyakinan atau hak beribadah seseorang.

BACA JUGA  Sudan Lantik Seorang Ekonom Sipil Sebagai Perdana Menteri Baru

Dis sisi lain, keputusan oleh pengadilan banding belum final dan dapat diajukan kembali ke Pengadilan Tinggi.

Sumber: World Bulletin
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Tegas Larang Gunakan Agama untuk Kepentingan Politik Sesaat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas melarang praktik politisasi agama jelang pemilihan daerah atau pemilihan umum. Termasuk ketika seorang calon kepala daerah ataupun legislatif menggunakan atribut Islam untuk meraih simpati.

Senin, 30/04/2018 10:43 0

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Indonesia

Bersama Ustadz Adi Hidayat, Sinergi Foundation Bangun Pesantren Alquran

Setelah berkolaborasi dengan Yayasan Al Fatih membangun Kuttab Al Fatih di Cileunyi, kali ini Sinergi Foundation (SF) berencana membangun Pesantren Alquran di tanah wakaf Lembang.

Ahad, 29/04/2018 21:20 6

Indonesia

Bersama Ustadz Abdul Somad, Ratusan Pemuda Surabaya Deklarasikan Persatuan

Ada pemandangan yang tak biasa tampak saat Ustadz Abdul Somad Lc MA mengisi tabligh akbar di Masjid Al Falah, Surabanya. Di sela-sela acara, sejumlah kelompok pemuda mendeklarasikan "Persatuan Pemuda Islam Se-Surabaya".

Ahad, 29/04/2018 15:38 0

Indonesia

Penerima Sembako di Monas Diberi Stempel Bintang David

Acara "Untukmu Indonesia" yang digelar di Monumen Nasional pada Sabtu (28/04/2018) menarik pengunjung dengan bagi-bagi sembako dan layanan pengobatan gratis.

Ahad, 29/04/2018 14:49 0

Video Kajian

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran. Untuk mengantisipasi bahaya tersebut, Islam memiliki konsep unggul! Apabila dijalankan, insya Allah membawa keselamatan bagi umat Islam yang miskin, dan yang kaya sekaligus. Simak penjelasannya di sini!

Ahad, 29/04/2018 10:18 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Pentingnya Mengetahui Perkara Jahiliah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Pentingnya Mengetahui Perkara Jahiliah. Dalam kitab Mustadrak Al-hadits, diceritakan bahwa Umar...

Ahad, 29/04/2018 09:30 0

Manhaj

Ketika Syiar Islam Menjadi Alat Kampanye Politik

Bagi sebagian orang tahun politik disebut dengan tahun kemunafikan. Alasannya adalah beberapa parpol ramai menggunakan syiar Islam untuk kampanye. Atribut-atribut keislaman dipakai untuk meraup suara umat islam. Sowan ke pondok pesantren, memberi santunan anak yatim, menggunakan jilbab, peci dan sebagainya.

Ahad, 29/04/2018 05:00 1

Indonesia

Dokter yang Bantu AS Temukan Usamah Bin Laden Dipindah ke Penjara Rahasia

Mantan duta besar Pakistan ke Washington, Husain Haqqani mengatakan bahwa Amerika telah meninggalkan orangnya setelah dimanfaatkan.

Sabtu, 28/04/2018 18:18 0

Indonesia

LIDMI Diingatkan Punya Peran Penting dalam Dakwah Kampus

Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof Ahmad Munir mengharapkan agar Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) bisa menjadi corong dakwah salaf di seluruh kampus Indonesia.

Sabtu, 28/04/2018 17:32 0

Close