... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertempuran Sengit Meletus antara Militer Suriah dan Milisi Kurdi

Foto: Pasukan Demokratik Kurdi (SDF)/ilustrasi

KIBLAT.NET, Deir Zour – Militer Suriah dan Pasukan Demokratik Suriah/SDF (aliansi milisi Kurdi) terlibat pertempuran sengit di Deir Zour pada Ahad (29/04). Ini merupakan pertempuran besar pertama antara kedua kekuatan yang didukung dua kekuatan besar dunia itu.

Pertempuran tersebut meletus di timur Sungai Eufrat, yang menjadi markas SDF untuk memerangi Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah penghasil minyak itu. SDF menggunakan wilayah itu untuk mengusir ISIS di sepanjang Sungai Eufrat.

Lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) melaporkan bahwa pertempuran di provinsi kaya minyak itu mengakibatkan sembilan tewas di barisan pasukan loyalis rezim dan enam pasukan SDF.

Provinsi yang sebelumnya dikuasai ISIS ini menjadi medan persaingan antara pasukan rezim yang didukung oleh Rusia dan milisi SDF yang didukung oleh koalisi internasional pimpinan AS.

Rezim saat ini mengendalikan pusat kota Deir Zour dan seluruh Tepi Barat Sungai Eufrat, sementara kekuatan SDF mengontrol wilayah di sisi timur sungai tersebut..

Kantor berita resmi Suriah melaporkan bahwa “unit angkatan bersenjata kami berhasil membebaskan empat desa di timur Sungai Eufrat (Al-Junaina Al-Jaya, Shamra Hossan), yang berada di bawah kendali Pasukan Demokratik Suriah.”

Namun observatorium mengatakan bahwa SDF berhasil merebut kembali tiga dari empat desa tersebut.

Mengenai tujuan rezim Assad menyerang SDF, Direktur SOHR Rami Abdurrahman mengungkapkan bahwa Damaskus ingin mengamankan pusat kota Deir Zour dengan memukul mundur pasukan SDF yang berada di seberang kota.

BACA JUGA  Serangan Udara Koalisi AS Tewaskan Satu Keluarga di Deir Zour

Abdurrahman menambahkan bahwa bentrokan antara kedua pasukan pernah terjadi sebelumnya. Namun ini merupakan pertempuran besar pertema yang digulirkan rezim untuk merebut wilayah SDF.

Sumber: France24
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Indonesia

Bersama Ustadz Adi Hidayat, Sinergi Foundation Bangun Pesantren Alquran

Setelah berkolaborasi dengan Yayasan Al Fatih membangun Kuttab Al Fatih di Cileunyi, kali ini Sinergi Foundation (SF) berencana membangun Pesantren Alquran di tanah wakaf Lembang.

Ahad, 29/04/2018 21:20 1

Indonesia

Bersama Ustadz Abdul Somad, Ratusan Pemuda Surabaya Deklarasikan Persatuan

Ada pemandangan yang tak biasa tampak saat Ustadz Abdul Somad Lc MA mengisi tabligh akbar di Masjid Al Falah, Surabanya. Di sela-sela acara, sejumlah kelompok pemuda mendeklarasikan "Persatuan Pemuda Islam Se-Surabaya".

Ahad, 29/04/2018 15:38 0

Indonesia

Penerima Sembako di Monas Diberi Stempel Bintang David

Acara "Untukmu Indonesia" yang digelar di Monumen Nasional pada Sabtu (28/04/2018) menarik pengunjung dengan bagi-bagi sembako dan layanan pengobatan gratis.

Ahad, 29/04/2018 14:49 0

Video Kajian

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran. Untuk mengantisipasi bahaya tersebut, Islam memiliki konsep unggul! Apabila dijalankan, insya Allah membawa keselamatan bagi umat Islam yang miskin, dan yang kaya sekaligus. Simak penjelasannya di sini!

Ahad, 29/04/2018 10:18 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Pentingnya Mengetahui Perkara Jahiliah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Pentingnya Mengetahui Perkara Jahiliah. Dalam kitab Mustadrak Al-hadits, diceritakan bahwa Umar...

Ahad, 29/04/2018 09:30 0

Manhaj

Ketika Syiar Islam Menjadi Alat Kampanye Politik

Bagi sebagian orang tahun politik disebut dengan tahun kemunafikan. Alasannya adalah beberapa parpol ramai menggunakan syiar Islam untuk kampanye. Atribut-atribut keislaman dipakai untuk meraup suara umat islam. Sowan ke pondok pesantren, memberi santunan anak yatim, menggunakan jilbab, peci dan sebagainya.

Ahad, 29/04/2018 05:00 1

Indonesia

Dokter yang Bantu AS Temukan Usamah Bin Laden Dipindah ke Penjara Rahasia

Mantan duta besar Pakistan ke Washington, Husain Haqqani mengatakan bahwa Amerika telah meninggalkan orangnya setelah dimanfaatkan.

Sabtu, 28/04/2018 18:18 0

Indonesia

LIDMI Diingatkan Punya Peran Penting dalam Dakwah Kampus

Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof Ahmad Munir mengharapkan agar Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) bisa menjadi corong dakwah salaf di seluruh kampus Indonesia.

Sabtu, 28/04/2018 17:32 0

Indonesia

PP LIDMI Gelar Pelantikan Pengurus Periode 2017-2019

Sebanyak 50 pengurus PP Lidmi yang dilantik terdiri atas Departemen ke-LDK-an, Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom), Departemen Hubungan Masyarakat (Humas), Departemen Kajian Strategis, Departemen Sosial dan Departemen Ekonomi.

Sabtu, 28/04/2018 17:24 0

Close