... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Tegas Larang Gunakan Agama untuk Kepentingan Politik Sesaat

Foto: ekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas melarang praktik politisasi agama jelang pemilihan daerah atau pemilihan umum. Termasuk ketika seorang calon kepala daerah ataupun legislatif menggunakan atribut Islam untuk meraih simpati.

“MUI melarang keras adanya politisasi agama, karena Islam secara tegas mengoreksi aktifitas seseorang yang jauh dari norma agama yang menjadikan agama sebagai justifikasi untuk kepentingan sesaat,” ungkap Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh di Hotel Margo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (28/04/2018).

Dia memaparkan di antara contoh praktik politisasi agama. Misalnya, pada jelang pilkada pilpres ramai-ramai memakai jilbab untuk kepentingan sesaat.

“Uniform (seragam) keagamaan digunakan untuk sekedar meraih simpati komunitas agama untuk kepentingan politik sesaat. Itu salah satu contoh politisasi agama,” jelasnyanya.

Mantan Wakil Ketua KPAI itu memaparkan bahwa Islam memiliki aturan-aturan terkait dengan politik. Dalam kehidupan beragama, Islam tidak memisahkan antara agama dan politik.

“Agama harus menjadi kaidah penuntun di dalam kehidupan politik kenegaraan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk di dalamnya adalah kegiatan politik,” katanya.

“Bagaimana memilih pemimpin, itu kan bagian dari instrumen politik, dan Islam mengatur hal itu. Kalau di masjid ngomong bagaimana cara memilih pemimpin yang baik, itu bukan sekedar dianjurkan tapi bagian dari ajaran agama,” ungkapnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pertempuran Sengit Meletus antara Militer Suriah dan Milisi Kurdi

Pertempuran tersebut meletus di timur Sungai Eufrat, yang menjadi markas SDF untuk memerangi Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah penghasil minyak itu. SDF menggunakan wilayah itu untuk mengusir ISIS di sepanjang Sungai Eufrat.

Senin, 30/04/2018 09:10 0

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Afrika

Perancis dan Mesir Sepakati Pemilu Libya Harus Digelar Lebih Awal

"Situasi di Libya mempengaruhi keamanan dan stabilitas di seluruh kawasan Mediterania," imbuhnya.

Senin, 30/04/2018 08:02 0

Yaman

Gempuran Koalisi Arab Hancurkan Gudang Senjata Hutsi di Taiz

Kementerian Pertahanan Yaman menambahkan, serangan udara itu juga menghancurkan gudang penyimpanan senjata di daerah yang sama. Satu kendaraan truk dilaporkan terbakar akibat serangan serupa.

Senin, 30/04/2018 07:27 0

Suriah

Hizbut Tahrir Gelar Kampanye Massif di Idlib, Ini Tanggapan Warga

“Apakah rasional, internasional menerima begitu saja kehadiran khilafah tanpa mengerahkan kekuatan (untuk melawannya -red)?"

Senin, 30/04/2018 06:56 0

Suriah

Pasca Perdamaian HTS-JTS, Rentetan Pembunuhan Misterius Landa Idlib

Seiring dengan insiden pembunuhan itu, JTS dan HTS terlibat saling tuding. Hal itu pun mendorong salah satu tim mediator perdamaian JTS dan HTS, Umar Hudzaifah, angkat bicara

Ahad, 29/04/2018 17:13 0

Suriah

Serangan Artileri Assad Tewaskan 19 Warga Sipil di Selatan Damaskus

Serangan artileri pasukan Assad menewaskan sedikitnya 19 warga sipil Suriah di bagian selatan Damaskus. Sebagaimana laporan organisasi hak asasi manusia SOHR (Syrian Observatory for Human Rights), serangan terjadi pada hari Jumat (27/04/2018) di wilayah yang dikuasai oposisi.

Ahad, 29/04/2018 12:56 0

Afrika

Serangan Al-Shabab Guncang Kamp Militer Somalia, 4 Perwira Tewas

"Di antara korban termasuk seorang komandan militer dan kolonel," kata walikota Galkayo, Harsy Yusuf kepada Reuters.

Ahad, 29/04/2018 10:50 0

Video Kajian

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran

Mengentaskan Umat dari Kemiskinan yang Menyebabkan Kekafiran. Untuk mengantisipasi bahaya tersebut, Islam memiliki konsep unggul! Apabila dijalankan, insya Allah membawa keselamatan bagi umat Islam yang miskin, dan yang kaya sekaligus. Simak penjelasannya di sini!

Ahad, 29/04/2018 10:18 0

Arab Saudi

Putra Syaikh Al-Audah Akhirnya Ungkap Alasan Sang Ayah Ditangkap

Isi cuitan yang dimaksud itu, “Segala puji bagi Rabb. Kami tidak memuji-Mu sebagaimana Engakau memuji diri-Mu sendiri. Ya Allah, satukanlah hati mereka untuk kebaikan rakyat mereka.”

Ahad, 29/04/2018 09:37 0

Close