... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ijtima Ulama MUI Bahas Masalah Politik, Apa Arahan dari Presiden?

Foto: Ketua MUI KH Ma'ruf Amin

KIBLAT.NET, Jakarta – Masalah Politik Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan Ijtima Ulama Keenam di Pesantren Al Falah Banjar Baru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masalah ekonomi, RUU Pemidanaan LGBT hingga politisasi agama dibahas pada ijtima yang akan digelar pada 7 sampai 10 Mei 2018.

Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin menjelaskan ijtima ulama akan membahas masalah di bidang ekonomi. Salah satu isunya adalah terkait distribusi lahan. “Hak kepemilikan lahan, seharusnya seperti apa distribusi lahan itu, nanti akan kita bahas di sana,” ungkapnya saat konferensi pers di Kantor MUI Pusat Jakarta, Senin (30/04/2018).

Selain itu, imbuh Kiai Ma’ruf, ijtima kali ini juga akan membahas masalah hukum zakat. Dalam hal ini forum itu akan membahas kewenangan negara membuat aturan mengenai zakat, arti pendapatan bersih dalam zakat profesi, dan penggunaan zakat untuk bantuan hukum.

Masalah haji juga akan dibahas dalam ijtima yang akan dihadiri 1000 peserta ini. KH Ma’ruf mengungkapkan pembahasan seputar haji salah satunya membahas kemampuan kesehatan jemaah haji.

Pembahasan bidang kesehatan meliputi donor organ tubuh manusia dan penggunaan darah untuk obat. Kandungan alkohol dalam obat turut dibicarakan di Banjarmasin nanti.

Ijtima ulama juga akan membahas perundang-undangan di Indonesia. Aturan tentang aliran kepercayaan, RUU hukum material peradilan agama, RUU kekerasan seksual, RUU pendidikan pesantren, RUU minuman beralkohol, dan RUU Pemidanaan LGBT masuk dalam program pembahasan.

BACA JUGA  Menag Prioritaskan Penguatan SDM dari Aspek Keagamaan

Masalah politik juga tak luput dari agenda Ijtima Ulama Keenam MUI. “Kemudian pembiayaan politik itu sebenarnya maksudnya money politik akan kita bahas juga,” terang Kiai Ma’ruf.

“Kita akan bahas soal politisasi agama, seberapa jauh boleh apa tidak agama dijadikan alat politik. Ini nanti akan menarik, itu akan menjadi bahan karena ramai sekali. Nanti akan kita keluarkan fatwa MUI,” tegasnya.

Kiai Ma’ruf sempat ditanya alasan pembahasan masalah politik dalam ijtima ulama. Wartawan menanyakan apakah masuknya pembahasan politik atas arahan dari Presiden Joko Widodo.

Menanggapi pertanyaan itu, Kiai Ma’ruf menjawab, “Nggak begitu. Politik itu ada sempit, ada kenegaraan, ada politik yang harus didasari oleh agama. Nanti kalau nggak ada agamanya menghalalkan segala cara, nanti akan kita posisikan,” ujarnya.

“Tapi juga agama jangan dijadikan alat politik dalam arti sempit,” tukas Ketua MUI.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Begini Peran Negara Eropa dalam Operasi Drone Ilegal AS di Timur Tengah

Menurut Biro Jurnalisme Investigasi, serangan drone AS telah menewaskan hingga 1.551 warga sipil sejak 2004 di Pakistan, Afghanistan, Yaman dan Somalia.

Senin, 30/04/2018 15:38 0

Amerika

Negara Eropa Bantu AS Sukseskan Operasi Drone Ilegal

Pemerintahan Donald Trump sedang bersiap untuk memperluas program drone AS yang mematikan. Amnesty International mengingatkan program itu akan meningkatkan risiko korban sipil dan pembunuhan ilegal.

Senin, 30/04/2018 15:04 0

Suriah

Faksi Jihadis Deklarasikan “Aliansi Nushratul Islam” di Suriah Utara

“Langkah ini bagian dari kerja sama atas kebaikan dan ketakwaan untuk menegakkan agama Allah,” kata teks deklarasi tersebut, seperti dinukil portal Enabbaladi.net, Ahad.

Senin, 30/04/2018 14:00 0

Australia

Kampus di Australia Gempar Gara-gara Durian

Lebih dari 500 siswa dan guru dievakuasi dari sebuah universitas di Melbourne, Australia pada Sabtu (28/04/2018). Petugas pemadam kebakaran pun didatangkan untuk membantu proses evakuasi.

Senin, 30/04/2018 13:25 0

Turki

Pasukan Arab Saudi Ikuti Latihan Militer Gabungan di Turki

Pasukan Arab Saudi Ikuti Latihan Militer Gabungan di Turki

Senin, 30/04/2018 12:55 0

Afrika

Siswi Muslimah Kenya Dilarang Masuk Sekolah Karena Berjilbab

Islamofobia tak hanya di negeri Barat atau Eropa. Di Kenya, siswi muslimah ditolak masuk kampus karena mengenakan jilbab.

Senin, 30/04/2018 11:20 0

Suriah

Pertempuran Sengit Meletus antara Militer Suriah dan Milisi Kurdi

Pertempuran tersebut meletus di timur Sungai Eufrat, yang menjadi markas SDF untuk memerangi Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah penghasil minyak itu. SDF menggunakan wilayah itu untuk mengusir ISIS di sepanjang Sungai Eufrat.

Senin, 30/04/2018 09:10 0

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Afrika

Perancis dan Mesir Sepakati Pemilu Libya Harus Digelar Lebih Awal

"Situasi di Libya mempengaruhi keamanan dan stabilitas di seluruh kawasan Mediterania," imbuhnya.

Senin, 30/04/2018 08:02 0

Yaman

Gempuran Koalisi Arab Hancurkan Gudang Senjata Hutsi di Taiz

Kementerian Pertahanan Yaman menambahkan, serangan udara itu juga menghancurkan gudang penyimpanan senjata di daerah yang sama. Satu kendaraan truk dilaporkan terbakar akibat serangan serupa.

Senin, 30/04/2018 07:27 0

Close