... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Aksi May Day, Buruh Serukan Tolak TKA dari Cina

Foto: Demo buruh (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kelompok buruh menyatakan akan menggelar aksi massa di Istana Negara menandai peringatan Hari Buruh atau May Day. Para buruh menyerukan tuntutan yang disebut sebagai Tritura Plus.

“Aksi May Day, 1 Mei 2018, akan diikuti hampir satu juta buruh,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam pernyataan tertulis, Senin (30/04/2018).

Said menyebut aksi May Day akan digelar di 25 propinsi dan 200 kota di seluruh Indonesia. Sementara, aksi di Istana Negara, Jakarta akan dikuti oleh 150 ribu buruh se-Jabodetabek plus Serang, Karawang, dan Purwakarta. Aksi akan dimulai jam 10.00, dengan titik aksi di Patung Kuda Indosat dan dilanjutkan long march ke Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara.

Aksi di Istana Presiden rencananya akan dilakukan sampai jam 13.00. Setelahnya massa aksi akan bergerak ke Istora Senayan untuk merayakan May Day sekaligus mendeklarasikan calon presiden RI 2019 yang akan di pilih dan di dukung buruh Indonesia.

Said mengatakan para buruh membawa sejumlah tuntutan yang akan di suarakan dalam aksi May Day. Tuntutan itu disebut sebagai Tritura Plus, yaitu tiga tuntutan buruh dan rakyat.

Pertama buruh menuntut harga beras, listrik, BBM diturunkan. “Bangun ketahanan pangan dan ketahanan energi,” ujarnya.

Selanjutnya, buruh menolak upah murah dengan ditandai pencabutan PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. “Tolak TKA buruh kasar dari China, cabut Pepres Nomor 20 tahun 2018 tentang TKA,” tandasnya.

BACA JUGA  Sikap MUI Jatim Soal Larangan Salam Semua Agama Dinilai Tepat

“Plusnya adalah Hapus Outsourcing dan Pilih presiden RI 2019 yang pro buruh,” lanjut Said.

Ketua KSPI itu mengatakan pihaknya dan serikat buruh lainnya telah di undang oleh Kapolda Metro Jaya dan seluruh jajarannya pada Ahad (29/4/2018) malam, untuk berdialog tentang pelaksanaan May Day tersebut. Kapolda, kata Said, merespon baik rencana aksi buruh saat May Day dan meminta buruh melakukan aksi dengan tertib dan damai serta tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya.

“KSPI menjamin di seluruh Indonesia, anggotanya akan melakukan aksi May Day dengan aksi damai dan tertib,” tandas Said.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Begini Peran Negara Eropa dalam Operasi Drone Ilegal AS di Timur Tengah

Menurut Biro Jurnalisme Investigasi, serangan drone AS telah menewaskan hingga 1.551 warga sipil sejak 2004 di Pakistan, Afghanistan, Yaman dan Somalia.

Senin, 30/04/2018 15:38 0

Amerika

Negara Eropa Bantu AS Sukseskan Operasi Drone Ilegal

Pemerintahan Donald Trump sedang bersiap untuk memperluas program drone AS yang mematikan. Amnesty International mengingatkan program itu akan meningkatkan risiko korban sipil dan pembunuhan ilegal.

Senin, 30/04/2018 15:04 0

Suriah

Faksi Jihadis Deklarasikan “Aliansi Nushratul Islam” di Suriah Utara

“Langkah ini bagian dari kerja sama atas kebaikan dan ketakwaan untuk menegakkan agama Allah,” kata teks deklarasi tersebut, seperti dinukil portal Enabbaladi.net, Ahad.

Senin, 30/04/2018 14:00 0

Australia

Kampus di Australia Gempar Gara-gara Durian

Lebih dari 500 siswa dan guru dievakuasi dari sebuah universitas di Melbourne, Australia pada Sabtu (28/04/2018). Petugas pemadam kebakaran pun didatangkan untuk membantu proses evakuasi.

Senin, 30/04/2018 13:25 0

Turki

Pasukan Arab Saudi Ikuti Latihan Militer Gabungan di Turki

Pasukan Arab Saudi Ikuti Latihan Militer Gabungan di Turki

Senin, 30/04/2018 12:55 0

Afrika

Siswi Muslimah Kenya Dilarang Masuk Sekolah Karena Berjilbab

Islamofobia tak hanya di negeri Barat atau Eropa. Di Kenya, siswi muslimah ditolak masuk kampus karena mengenakan jilbab.

Senin, 30/04/2018 11:20 0

Suriah

Pertempuran Sengit Meletus antara Militer Suriah dan Milisi Kurdi

Pertempuran tersebut meletus di timur Sungai Eufrat, yang menjadi markas SDF untuk memerangi Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah penghasil minyak itu. SDF menggunakan wilayah itu untuk mengusir ISIS di sepanjang Sungai Eufrat.

Senin, 30/04/2018 09:10 0

Video Kajian

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik

Pesta Demokrasi dan Kemunafikan Politik. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang fenomena seperti itu? Bagaimanakah para salafus sholeh dulu berpolitik? Simak ulasannya dalam wawancara dengan Ust. Abu Rusydan berikut ini!

Senin, 30/04/2018 09:05 0

Afrika

Perancis dan Mesir Sepakati Pemilu Libya Harus Digelar Lebih Awal

"Situasi di Libya mempengaruhi keamanan dan stabilitas di seluruh kawasan Mediterania," imbuhnya.

Senin, 30/04/2018 08:02 0

Yaman

Gempuran Koalisi Arab Hancurkan Gudang Senjata Hutsi di Taiz

Kementerian Pertahanan Yaman menambahkan, serangan udara itu juga menghancurkan gudang penyimpanan senjata di daerah yang sama. Satu kendaraan truk dilaporkan terbakar akibat serangan serupa.

Senin, 30/04/2018 07:27 0

Close