Bersama Ustadz Adi Hidayat, Sinergi Foundation Bangun Pesantren Alquran

KIBLAT.NET, Jakarta- Setelah berkolaborasi dengan Yayasan Al Fatih membangun Kuttab Al Fatih di Cileunyi, kali ini Sinergi Foundation (SF) berencana membangun Pesantren Alquran di tanah wakaf Lembang. Deputi CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan mengatakan pesantren ini akan bekerjasama dengan Quantum Akhyar Institute (QAI) yang dipimpin dai kondang Ustadz Adi Hidayat.

“Melahirkan para pencinta Alquran yang mampu memimpin peradaban, adalah mimpi kita semua. Guna mewujudkan cita-cita ini, kami Sinergi Foundation tengah berupaya membangun jejak gemilang peradaban mulia, dengan membangun generasi Qurani,” katanya.

Ia mengharapkan, kehadiran pesantren ini bisa melahirkan ulama dan umara qurani di masa depan. Konteks ulama dan umara ini, katanya, tidak bisa dipisahkan. Sebab di masa kejayaan Islam, khalifah merupakan ulama sekaligus umara.

“Dia sebagai orang yang berilmu tapi juga sekaligus mengemban amanah sebagai pemimpin. Dalam kebijakan-kebijakannya tentu harus berbasis pada Alquran dan sunnah yang mementingkan kemaslahatan umat, bukan kepentingan segelintir orang atau golongan. Di sinilah ikhtiar kami melahirkan pemimpin dengan Pesantren Alquran ini,” jelasya.

Pun ia menerangkan, dalam pesantren ini, Ustadz Adi Hidayat berperan strategis menyiapkan kurikulum hingga proses seleksi santri. Asep mengatakan, pesantren ini akan dikelola dana wakaf produktif dan sosial.

Sebab itu, pesantren ini pun akan berada di kawasan wakaf terpadu. Selain pesantren, SF akan membangun masjid yang menjadi rest area bagi masyarakat sekitar dan musafir yang melakukan perjalanan Bandung-Subang. Sebab ia menjelaskan, hingga kini belum ada masjid representatif untuk dijadikan tempat shalat dan istirahat.

BACA JUGA  Sempat Masuk IGD, Kondisi Habib Rizieq Baik

“Mudah-mudahan ini menjadi fasilitas umum masyarakat, khususnya umat Islam sehingga bisa menunaikan ibadahnya lebih nyaman,” katanya. Ground breaking Pesantren Alquran ini pun akan digelar pada Selasa (01/05/2018) di Jalan Tangkuban Perahu RT 01 RW 03, Desa Cibogo, Lembang Kabupaten Bandung.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat