... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MKKS SMA Surakarta Akui Kesalahan dalam Surat Edaran Solo Menari

Foto: Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Surakarta, Makmur Sugeng

KIBLAT.NET, Solo – Surat edaran Musyawarah kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Surakarta untuk acara Solo Menari Tahun 2018 memicu kontroversi. Surat tersebut meminta kepala SMA di Kota Surakarta untuk mengirimkan siswanya berpartisipasi dalam acara itu dengan tidak berhijab.

Surat edaran tersebut diterbitkan pada 12 Arpil 2018 dan ditanda tangani Ketua Musyawarah kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Surakarta, Makmur Sugeng. Surat permintaan pengerahan siswa itu merupakan tindak lanjut dari undangan Dinas Kebudayaan Kota Surakarta.

Belakangan, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Surakarta, Makmur Sugeng mengakui adanya kesalahan dalam surat tersebut. Dia menyebut kesalahan terjadi dalam proses penulisan oleh sekretaris MKKS. Dia mengatakan pihaknya telah melakukan rapat sebelum menerbitkan surat itu.

“Itu karena memang ada miskomunikasi di awalnya,” kata Makmur Sugeng saat ditemui Kiblat.net, Sekolah Menengah Atas Negeri III Surakarta pada Jumat (27/4/18).

Makmur mengungkapkan bahwa dalam rapat dia telah menjelaskan pakaian yang dikenakan para siswa dalam mengikuti acara Solo Menari. Para peserta rencananya akan membawakan Tari Gembyong Pakem, lengkap dengaan atribut sunduk mentul, tidak memakai manset satu pakaian dalam tipis, dan lain sebagainya.

Mendapat keterangan tersebut, sekretaris MKKS menyimpulkan akan terlalu bertele-tele jika menyebutkan keseluruhannya dalam surat. Maka, lanjut Makmur, sekretaris menuliskan dalam surat tersebut dengan menggunakan frase ‘tidak berhijab’.

BACA JUGA  Romo Syafii: Pemerintah Harus Tetapkan OPM Sebagai Organisasi Terlarang

Setelah muncul tanggapan dari masyarakat, dia kemudian membuat surat ralat dengan menghilangkan kata “tidak berhijab’ yang tertulis dalam surat sebelumnya. Makmur mengaku kaget saat mendapat surat yang diedarkan oleh sekretisnya tersebut, karena dia meilai bahwa surat tersebut memang mengandung diskriminasi.

“Memang surat itu saya tidak setuju karena memang memuat diskriminasi, ya sudah saya susuli surat ralatnya,” imbuhnya.

“Saat surat itu dibuat oleh sekretaris atas kesepakatan rapat koordinasi lalu diluncurkan, diedarkan, saya kaget dan saya susuli surat ralat,” imbuhnya.

Selain itu, saat acara gladi telah ditetapkan peserta Solo Menari tidak dibatasi dan melibatkan kalangan umum. Makmur menekankan bahwa peserta yang berjilab tidak harus melepas jilbabnya.

“Intinya tulisan tidak berjilbab itu sudah tidak ada, lalu yang menari ya bebas. Yang latihan terakhir itu juga ada yang makai jilbab,” tandasnya.

Acara Solo Menari 2018 merupakan agenda Dinas Kebudayan Kota Solo yang akan menampilkan Tari Gambyong. Rencananya acara itu akan melibatkan 5.000 penari dengan menjadikan arena Car Free Day (CFD) Solo, pada Ahad (29/04/2018) sebagai tempat pagelaran. Agenda ini bertepatan dengan Hari Tari Dunia 29 April.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

Cikgu Azmi Berharap Pemerintah Ambil Pelajaran dari Kasus DR Fadi Al Batsh

"Dan ini seharusnya menjadi suatu perhatian besar bagi pemerintah bagaimana kita harus menyaring mereka yang masuk. Walaupun Mossad merupakan organisasi yang sangat licik, tapi sebagai sebuah negara yang tidak mengakui Israel, ini harus menjadi pelajaran kepada umat Islam dan khususnya Kerajaan Malaysia bahwa musuh Islam ada dimana-mana dan kita harus siap menghadapi segala macam kemungkinan," sambung ulama kelahiran Kelantan ini.

Jum'at, 27/04/2018 17:02 0

Afghanistan

4 Alasan Taliban Umumkan Operasi Al Khandaq Lawan AS

Imarah Islam Afghanistan resmi mendeklarasikan operasi musim semi 2018. Operasi ini dinamakan Al Khandaq. Banyak alasan yang menyebabkan operasi ini akhirnya diluncurkan.

Jum'at, 27/04/2018 17:00 0

Amerika

Di Balik Dukungan Mahkamah Agung untuk Pelarangan Muslim di AS

Pada Rabu (25/04/2018), para hakim mengisyaratkan dukungan mereka untuk program "Muslim Ban" Presiden Donald Trump yang melarang pendatang dari beberapa negara mayoritas Muslim.

Jum'at, 27/04/2018 16:27 0

Afghanistan

Operasi Al Khandaq Balasan terhadap Serangan AS di Madrasah Tahfidz Kunduz

Berbeda dengan dua operasi tahunan sebelumnya yang dinamai dengan mantan pimpinan Taliban, Operasai Omari dan Operasi Mansouri, operasi musim semi tahun ini dinamakan dengan operasi jihad Al Khandaq.

Jum'at, 27/04/2018 16:08 0

Malaysia

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan dalam Pameran Buku Internasional Kuala Lumpur

Ia menambahkan, jumlah buku yang akan ditampilkan di KLIBF lebih dari 1000 judul buku dengan volume sebanyak 10,838 eksemplar buku dari berbagai genre: anak, sastra, komik, islami, keterampilan, pengetahuan umum, dan lainnya.

Jum'at, 27/04/2018 15:52 0

Malaysia

Hari Ini, Pameran Buku Internasional Kuala Lumpur 2018 Dibuka

Malaysia menggelar pameran buku bertaraf internasional di Kuala Lumpur. Perhelatan bertajuk Kuala Lumpur International Book Fair (KLIBF) ke-37 itu akan digelar di Putra World Trade Centre (PWTC), mulai hari ini, Jumat 27 April hingga 6 Mei 2018.

Jum'at, 27/04/2018 15:40 0

Palestina

Kejam, Warga Israel Siksa dan Bakar Remaja Palestina Hidup-hidup

Pada 2 Juli 2014, sekelompok pemukim Yahudi menculik Mohammed Abu Khdeir (16 th) dari kota Shu'fat, utara Yerusalem dan membawanya ke barat Yerusalem. Di sana mereka menyiksanya dengan brutal sebelum membakarnya hidup-hidup.

Jum'at, 27/04/2018 14:14 0

Afghanistan

Lawan Penjajah Amerika, Taliban Gelar Operasi Jihad “Al-Khandaq” 2018

“Perencanaan dan strategi operasi jihad Al-Khandaq diatur oleh kader ahli dan ahli dari Komisi Militer Imarah Islam yang didasarkan pada gerilya, ofensif, infiltrasi dan berbagai taktik baru dan rumit lainnya melawan strategi perang baru musuh,” kata Taliban.

Jum'at, 27/04/2018 12:15 0

Opini

Konyol, Jaksa Pemerintah AS Sebut Islam Sebagai “Sebuah Negara Besar”

Rabu (25/04) waktu setempat, persidangan mengenai gugatan perintah eksekutif Muslim Ban kembali digelar. Ada satu kejadian yang memalukan, yang mungkin menjadi tamparan bagi pihak pemerintah AS.

Jum'at, 27/04/2018 11:20 0

Suriah

Stadion Idlib Kembali Dibuka, Pertandingan Perdana Digelar

Pertandingan pada Rabu itu berakhir imbang, sekaligus ini sebagai perayaan atas dibukanya kembali stadion.

Jum'at, 27/04/2018 09:52 0

Close