Jenazah Dr Fadi Al Batsh Tiba di Jalur Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Jenazah ilmuwan Palestina, Dr Fadi Al Batsh yang tewas ditembak orang tak dikenal (OTK) di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa hari lalu akhirnya tiba di kampung kelahirannya di Jalur Gaza, Palestina, pada Kamis (26/04). Pejuang dan warga Gaza segera menyambut jenazah ahli elektronik Hamas itu untuk dimakamkan.

Pemulangan jenazah Dr Fadi menggunakan jalur udara menuju Mesir. Sebelum tiba di Mesir, jenazah sempat transit selama tiga jam di Jeddah, Arab Saudi. Jenazah menuju Gaza melalui jalur darat via pintu perbatasan Rafah. Sang istri dan tiga anaknya menemani dari pemberangkatan hingga tiba di kampung halaman.

“Kami menegaskan bahwa penjajah (Israel) bertanggung jawab atas pembunuhan dan guguran Fadi Al-Batsh…pembunuh ilmuwan tidak akan lolos dari hukuman,” tegas Khalil Al-Hayyah, Wakil Ketua Gerakan Hamas saat menyambut jenazah Dr Fadi di Gaza, seperti dilansir Reuters Arabic.

Polisi membawa jenazah Fadi yang berada di dalam peti berbungkus berbendera Palestina di depan penjaga kehormatan sementara anggota keluarganya menangis.

Ismail Haniya, kepala biro politik Hamas, mengatakan selama pemakaman bahwa “tangan kafir yang membunuh penindas akan terputus.” Hamas menegaskan bahwa Dr Fadi adalah salah satu anggotanya, tetapi tidak menentukan perannya dalam gerakan itu.

Dr Fadi merupakan anggota Gerakan Perlawanan Islam (Hamas). Orang tak dikenal membunuhnya secara kejih saat pulang shalat jamaah subuh.

Pihak berwenang Malaysia mengatakan dua pria dengan sepeda motor menembakkan setidaknya 14 peluru ke arah Dr Fadi pada Sabtu lalu. Ia pun tewas seketika.

Hamas menuduh dinas intelijen Israel (Mossad) membunuh di balik pembunuhan Dr Fadi. Sementara Wakil perdana menteri Malaysia mengatakan ada keyakinan bahwa para tersangka itu terkait dengan dinas intelijen asing.

Sumber: Reuters Arabic
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat