... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

SNH Advocacy Center Apresiasi Pemkot Langsa Soal Pengungsi Rohingya

Foto: Penampungan pengungsi Rohingya di Kota Langsa, Aceh

KIBLAT.NET, Jakarta – Puluhan pengungsi Rohingya kembali terdampar di tanah Serambi Mekah, Aceh. Langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Langsa yang bersedia menampung mereka mendapatkan apresiasi.

Koordinator Advokasi Pengungsi dari SNH Advocacy Center Heri Aryanto mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Kota Langsa, Aceh dalam penanganan pengungsi Rohingya di daerahnya. Selama ini Pemkot Langsa mendapatkan dukungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam melayani para pengungsi etnis minoritas muslim asal Myanmar itu.

Sejak tahun 2015 Pemkot Langsa sudah menyiapkan lahan khusus seluas 6 hektar. Bersama LSM kemanusiaan mereka membangun shelter-shelter serta infrastruktur lainnya di daerah Timbang, Langsa untuk tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Pemerintah Kota Langsa punya pengalaman menangani pengungsi Rohingya sejak pertama kali kedatangannya tahun 2009 sehingga tak heran apabila mereka sudah memiliki sistem pengelolaan Pengungsi Rohingya yang lebih baik”, kata Heri dalam pernyataan tertulis yang diterima Kiblat.net pada Kamis (26/04/2018).

Menurut aktifis yang pernah menginjakan kaki di Rakhine, tempat asal Rohingya di Myanmar, pemerintah kota Langsa dapat dijadikan role model penanganan pengungsi Rohingya.

Pemerintah Kota Langsa, kata dia, telah membuat Satuan Tugas (Satgas) dengan peran NGO-NGO yang ada dalam penanganan pengungsi. “Pemerintah memegang kendali dan sebagai ketua dalam Satgas tersebut,” paparnya.

Walaupun belum ada aturan hukum tentang penanganan pengungsi di Langsa, lanjut Heri, mereka telah membuat kebijakan dalam bentuk standart operational prosedure (SOP) dalam mengatur pengungsi di penampungan. “SOP itu yang dijadikan acuan dan pegangan bagi pemda dan NGO,” paungkasnya.

BACA JUGA  Keberangkatan Umrah Indonesia Masih Menunggu Izin Saudi

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Rusia Akan Bekali Rezim Assad Sistem Pertahanan Udara S-300

Terkait biaya yang akan dikeluarkan Suriah untuk S-300, wartawan Al-Jazeera di Moskow mengatakan bahwa senjata itu diberikan cuma-cuma.

Kamis, 26/04/2018 11:00 0

Opini

Bola Pingpong 212

Belum sempat isu pengadaan plastik sembako Presiden senilai Rp 3 miliar mengembang, muncul berita baru. Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh yang menamakan diri sebagai Tim 11 Alumni 212.

Kamis, 26/04/2018 10:20 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam. Sejarah telah mencatat, bahwa Inggris...

Kamis, 26/04/2018 09:44 0

Suriah

Tiga Anggota Koalisi Nasional Oposisi Suriah Mundur, Ada Apa?

Mereka beralasan, koalisi oposisi itu sudah tidak komitmen pada prinsip-prinsip revolusi Suriah dan saat ini menyelaraskan jalan politik dengan jalan yang diinginkan Rusia, yang berupaya membangun kembali rezim Assad.

Kamis, 26/04/2018 09:41 0

Afrika

Baru Tiba di Libya, Dua Mantan Tahanan Guantanamo Hilang Misterius

Informasi yang beredar lainnya menyebut milisi “Rahbah Duruk Tajura’”, yang dipimpin Bashir Khalifullah atau yang dikenal Al-Buqrah, berada di balik penculikan itu. Namun milisi tersebut juga membantah.

Kamis, 26/04/2018 08:57 0

Suriah

Drone Tak Dikenal Serang Pangkalan Udara Rusia di Lattakia

Terdengar ledakan keras di sisi selatan pedesaan Lattakia, lokasi Hameimim berada.

Kamis, 26/04/2018 07:54 0

Afghanistan

Tentara Afghanistan yang Kabur saat Dilatih AS Masih Tinggi

McCaskill mengatakan 11 peserta training militer tentara Afghan yang AWOL berasal dari kamp pelatihan di Fort Leonard Wood, di negara bagian Missouri. Missouri merupakan daerah asal sekaligus dapil pemilu legislatif McCaskill.

Kamis, 26/04/2018 07:35 0

Malaysia

Kisah di Balik Gelar Doktoral Fadi Al Batsh dan Kesetiaan Sang Istri

Enas berbicara di hadapan media untuk pertama kalinya sejak suaminya meninggal. Dari wajahnya tampak masih diselimuti kesedihan. Namun ia tetap tegar dan menerima kepergian suaminya itu.

Rabu, 25/04/2018 20:32 0

Malaysia

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Rabu, 25/04/2018 18:16 0

Suriah

HTS dan JTS Tandatangani Gencatan Senjata Permanen

Masing-masing harus menghentikan hasutan di media, penangkapan dan menuntut. Kedua kubu harus melepas tahanan masing-masing.

Rabu, 25/04/2018 18:00 0

Close
CLOSE
CLOSE