... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Panja RUU Jabatan Hakim: Perlu Ada Perangkat untuk Cegah Perdagangan Hukum

Foto: Anggota Panja RUU Jabatan Hakim, Nasir Djamil

KIBLAT.NET, Solo – Rancangan Undang-undang (RUU) Jabatan Hakim telah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) sejak 2016. Anggota Panja RUU Jabatan Hakim menyebut perlunya perangkat untuk mencegah parktik memperdagangkan hukum oleh hakim.

Anggota Panitia Kerja (Panja) RUU Jabatan Hakim, Nasir Djamil mengatakan ada ratusan daftar inventarisasi masalah dalam RUU Jabatan Hakim. “Tapi memang ada beberapa isu krusial dalam penetapan UU Jabatan Hakim ini,” ungkapnya saat ditemui Kiblat.net seusai menjadi pembicara dalam seminar yang membahas RUU Jabatan Hakim yang diadakan Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara/ Hukum Administrasi Negara (APHTN/HAN) di Saolo, Kamis (26/04/2018).

“Pertama ada isu-isu yang krusial soal usia,” imbuhnya.

Selanjutnya Panja berencana melakukan kunjungan ke negera lain yang memiliki korelasi dengan sistem peradilan di Indonesia. Dengan kunjungan kerja tersebut dapat menghadirkan pradilan yang agung. Isu krusial lainnya adalah tentang status hakim sebagai pejabat negara.

Terkait sorotan publik terhadap kinerja hakim yang kerap terjerat kasus suap, Nasir menyebut RUU Jabatan Hakim tidak bisa mengatur secara utuh kehidupan hakim. Menurutnya pengawasan secara khusus agar hakim tak melakukan pelanggaran.

“Itu menyangkut pengawasan sebenarnya, jadi harus bagaimana memupuk intregitas,” katanya.

Nasir menambahkan perlu ada perangkat yang mampu mencegah para hakim untuk melakukan perbuatan-perbuatan tercela. “Baik itu kasus kasus perselingkuhan atau dalam konteks memperdagangkan hukum,” paungkasya.

BACA JUGA  Fahri Hamzah: Negara yang Ingin Bungkam Kebebasan Berpendapat Harus Dilawan

Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara/ Hukum Administrasi Negara (APHTN/HAN) bekerja sama dengan universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan seminar bertajuk “Mewujudkan Integritas Dan Independensi Hakim Dalam Rangka Tegaknya Hukum Dan Keadilan Melalui RUU Jabatan Hakim” di Hotel Lorin, Surakarta pada Kamis (26/4/18). Selain Nasir Djamil, acara itu juga menghadirkan pembicara dari Ikatan Hakim Indonesia sebagai pembicara.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

WhatsApp Naikkan Batas Usia Pengguna Eropa Menjadi 16 Tahun

Layanan pesan populer WhatsApp yang dimiliki Facebook Inc, menaikkan usia minimum penggun dari 13 menjadi 16 tahun di Eropa. Hal ini dalam rangka mematuhi aturan privasi data baru yang mulai berlaku bulan depan.

Kamis, 26/04/2018 14:47 0

Afrika

Aljazair Vonis Mati Agen Mata-mata Israel

Tersangka utama Elm al-Deen Faisal, seorang warga negara Liberia, mendapatkan hukuman mati, sementara enam lainnya dijatuhi hukuman penjara 10 tahun.

Kamis, 26/04/2018 13:45 0

Opini

Jalan Panjang Menuju Rekonsiliasi di Pattani, Thailand Selatan

Meski telah diadakan berbagai usaha mencari jalan penyelesaian menuju rekonsiliasi di Pattani, sulit bagi penduduk Pattani saat ini untuk mengharapkan terjadinya rekonsiliasi dan perdamaian di sana

Kamis, 26/04/2018 12:07 0

Rusia

Rusia Akan Bekali Rezim Assad Sistem Pertahanan Udara S-300

Terkait biaya yang akan dikeluarkan Suriah untuk S-300, wartawan Al-Jazeera di Moskow mengatakan bahwa senjata itu diberikan cuma-cuma.

Kamis, 26/04/2018 11:00 0

Opini

Bola Pingpong 212

Belum sempat isu pengadaan plastik sembako Presiden senilai Rp 3 miliar mengembang, muncul berita baru. Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh yang menamakan diri sebagai Tim 11 Alumni 212.

Kamis, 26/04/2018 10:20 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam. Sejarah telah mencatat, bahwa Inggris...

Kamis, 26/04/2018 09:44 0

Suriah

Tiga Anggota Koalisi Nasional Oposisi Suriah Mundur, Ada Apa?

Mereka beralasan, koalisi oposisi itu sudah tidak komitmen pada prinsip-prinsip revolusi Suriah dan saat ini menyelaraskan jalan politik dengan jalan yang diinginkan Rusia, yang berupaya membangun kembali rezim Assad.

Kamis, 26/04/2018 09:41 0

Afrika

Baru Tiba di Libya, Dua Mantan Tahanan Guantanamo Hilang Misterius

Informasi yang beredar lainnya menyebut milisi “Rahbah Duruk Tajura’”, yang dipimpin Bashir Khalifullah atau yang dikenal Al-Buqrah, berada di balik penculikan itu. Namun milisi tersebut juga membantah.

Kamis, 26/04/2018 08:57 0

Suriah

Drone Tak Dikenal Serang Pangkalan Udara Rusia di Lattakia

Terdengar ledakan keras di sisi selatan pedesaan Lattakia, lokasi Hameimim berada.

Kamis, 26/04/2018 07:54 0

Afghanistan

Tentara Afghanistan yang Kabur saat Dilatih AS Masih Tinggi

McCaskill mengatakan 11 peserta training militer tentara Afghan yang AWOL berasal dari kamp pelatihan di Fort Leonard Wood, di negara bagian Missouri. Missouri merupakan daerah asal sekaligus dapil pemilu legislatif McCaskill.

Kamis, 26/04/2018 07:35 0

Close