... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ILF: Islam Tak Bisa Dipisahkan dari Indonesia

Foto: Indonesia Leader Forum

KIBLAT.NET, Jakarta – Ada suatu persoalan yang mengusik hati umat Islam Indonesia dalam hal keadilan di Indonesia yang dilakukan oleh rezim. Dalam sejarah padahal gerakan nasionalisme di Indonesia pelopornya adalah umat Islam .

Indonesia Leader Forum mencoba mempertanyakan pandangan para tokoh Indonesia. Persoalan di atas ditanyakan oleh host ILF, Ustadz Bachtiar Nasir pada sesi pertama kepada para tokoh yang dihadirkan.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menjawab dengan pandangannya bahwa saat ini sejatinya rezim tidak mengerti bagaimana memposisikan umat Islam di Indonesia. Padahal bagi yang mengerti sejarah maka ia akan paham bahwa gerakan nasionalis di Indonesia pelopornya adalah umat Islam.

“Ketidakmengertian rezim itu terlihat dengan adanya ketidakadilan hukum, diskriminasi kebijakan dan kriminalisasi ulama dan aktivis umat Islam,” kata Fadli Zon di sesi pertama Indonesia Leader Forum (ILF) “Sejarah Pergerakan Islam dan Masa Depan Bangsa” di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta, Kamis, (26/04/2018).

Fadli menilai padahal Indonesia mayoritas penduduknya umat Islam, dan Islam di Indonesia adalah umat yang paling toleran di dunia. Sejarah pun menunjukkan bahwa Indonesia berdiri atas semangat tokoh-tokoh Islam.

“Akan tetapi kenapa saat ini problemnya seolah-olah umat dianggap sebagai ancaman dan selalu diusik,” ujarnya.

Senada, Muhammad Iskandar memandang sejarah Indonesia berdiri dipelopori oleh spirit perlawanan tokoh-tokoh umat Islam. Diantaranya KH Cokro Aminoto, KH Hasyim Asy’ari dan lainnya.

BACA JUGA  Mereka yang Merugi di Bulan Ramadhan

“Adapun saat ini adanya diskriminasi kita pandang ada hilangnya spirit kebangsaan yang dibawa oleh pendahulu negeri ini,” ujar tokoh yang biasa dipanggil Cak Imin itu.

Ia menilai solusinya adalah bahwa rasa keadilan muncul tidak lain karena adanya rasa kesadaran. Untuk itu perlu membangun rasa saling percaya dan tidak saling curiga. Selama ini justru tidak ada dialog melainkan hanya monolog.

“Kriminalisasi yang melahirkan ketidakadilan dan ketimpangan apapun itu masalahnya adalah kesalahpahaman. Sehingga solusinya adalah membangun dialog untuk mengembalikan spirit pendahulu,” tuturnya.

Ustadz Bachtiar Nasir menyimpulkan dari pandangan dua tokoh sebagai pembicara pertama di ILF, bahwa bisa dipahami sejatinya Islam tidak bisa dipisahkan dari Indonesia.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

PCOM: Pernyataan Menhan Israel Upaya Sudutkan DR Fadi Al Bahts

Ketua organisasi budaya Palestina ini menambahkan, jika komunitas internasional cukup serius, Lieberman seharusnya tidak boleh dibiarkan membuat pernyataan seperti itu. Sebab, Lieberman adalah orang yang sering memenjarakan orang seperti para penjahat perang pada umumnya.

Kamis, 26/04/2018 20:33 0

Malaysia

Selama Penerbangan, Putera Bungsu DR Fadi Al Batsh Tak Mau Digendong Ibunya

Faris melanjutkan, Muhammad sepanjang perjalanan apabila bersama ibu dia akan merajuk, namun bila ada lelaki dewasa memegangnya dia akan diamkan diri dan menyandar kepala tanda nyaman dan mengantuk.

Kamis, 26/04/2018 19:38 0

Malaysia

Keluarga DR Fadi Al Batsh Disambut Dubes saat Transit di Jeddah

Setiba di Jeddah pihak kedutaan Palestina di Saudi menyambut kedatangan mereka. Duta Besar Palestina untuk Saudi Bassam Al Agha turun langsung menemui pihak keluarga.

Kamis, 26/04/2018 19:02 0

Palestina

Ditembak Israel, Jurnalis Palestina Meninggal di Rumah Sakit

Lagi-lagi, peluru Israel memakan korban jiwa dari kalangan wartawan Palestina.

Kamis, 26/04/2018 18:06 0

Afrika

Senjata Bantuan UEA untuk Tentara Somalia Berakhir di Lapak

“Senjata-senjata itu khusus untuk Tentara Nasional Somalia, yang dibagikan di kamp pelatihan militer UEA. Oleh karenanya memiliki tanda khusus,” kata pedangan yang tidak ingin disebutkan namanya itu kepada Reuters.

Kamis, 26/04/2018 18:00 0

Palestina

Pembunuh Pemuda Palestina Hanya Divonis 9 Bulan Penjara

Pengadilan Israel menjatuhkan vonis 9 bulan penjara terhadap polisinya yang membunuh pemuda Palestina tak bersalah. Pelaku bernama Ben Deri telah menembak mati Nadim Nuwarra (17 tahun) pada Mei 2014 di pos pemeriksaan Bertunia, Tepi Barat.

Kamis, 26/04/2018 17:08 0

Malaysia

Pemulangan Jasad Dr Fadi ke Gaza, Mesir Siap Buka Perbatasan Rafah

Pemerintah Mesir menyatakan siap membukakan pintu perbatasan Rafah untuk memulangkan jenazah ilmuwan Palestina, Fadi Al Batsh yang tewas setelah ditembak mati OTK di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kamis, 26/04/2018 16:09 0

Eropa

WhatsApp Naikkan Batas Usia Pengguna Eropa Menjadi 16 Tahun

Layanan pesan populer WhatsApp yang dimiliki Facebook Inc, menaikkan usia minimum penggun dari 13 menjadi 16 tahun di Eropa. Hal ini dalam rangka mematuhi aturan privasi data baru yang mulai berlaku bulan depan.

Kamis, 26/04/2018 14:47 0

Afrika

Aljazair Vonis Mati Agen Mata-mata Israel

Tersangka utama Elm al-Deen Faisal, seorang warga negara Liberia, mendapatkan hukuman mati, sementara enam lainnya dijatuhi hukuman penjara 10 tahun.

Kamis, 26/04/2018 13:45 0

Opini

Jalan Panjang Menuju Rekonsiliasi di Pattani, Thailand Selatan

Meski telah diadakan berbagai usaha mencari jalan penyelesaian menuju rekonsiliasi di Pattani, sulit bagi penduduk Pattani saat ini untuk mengharapkan terjadinya rekonsiliasi dan perdamaian di sana

Kamis, 26/04/2018 12:07 0

Close