... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dinas Kebudayaan Gelar Acara ‘Solo Menari’, Begini Respon DSKS

Foto: Massa longmarch DSKS.

KIBLAT.NET, Solo – Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Surakarta berencana mengadakan acara ‘Solo Menari’ pada Ahad (29/04/2018). Melalui surat berkop Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), sekolah diminta untuk mengirimkan siswinya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Mendapat surat ini, Sekjen Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Yusuf Suparno langsung mengajukan audiensi dengan pihak terkait. Pasalnya, termuat dalam surat bahwa siswi yang diminta disyaratkan tidak berjilbab.

“Kami begitu mendapat surat edaran itu langsung mengajukan surat kepada (MKKS) SMA/MA Kota Surakarta untuk mengadakan audensi,” ungkapnya kepada Kiblat.net pada Rabu (25/04/2018).

Namun, Yusuf mengatakan audiensi dibatalkan karena terdapat ralat dari pihak MKKS, yaitu syarat tidak berjilbab dihilangkan. Kendati demikian, pihaknya tetap menyoroti ecara tarian massal tersebut.

“Hal yang kami tidak inginkan ya tentu adanya tari yang menunjukkan lenggok-lenggok tubuh wanita, apalagi nggak make jilbab,” ujar Yusuf.

Surat dari MKKS SMA/MA Kota Surakarta sebelum diubah.

Rencananya, acara tersebut akan menghadirkan 5.000 penari putri di sepanjang jalan dari Bundaran Gladag sampai Ngarsopuro. Para penari putri diambil dari sekolah-sekolah, sanggar tari, kelurahan, kecamatan, universitas dan warga umum sekitar Surakarta.

“Terlepas dari makai atau tidak (jilbab), yang namanya tari itu dilarang dalam Islam,” sambung Yusuf.

Untuk itu, DSKS mengimbau kepada Dinas Kebudayaan Pemkot Surakarta untuk mengganti acara tersebut dengan acara lain, yang tidak memicu kontroversi di masyarakat.

BACA JUGA  Tujuh Kata, 'Jimat' Paling Ditakuti Oleh Komunis

“Kalau secara syar’i, ya tidak usah mengadakan acara yang membuat murka Allah. Jika harus diganti, gantilah dengan acara yang tidak mengumbar aurat dan tidak bertentangan dengan syariat Allah,” pungkasnya.

Reporter: Reno Alfian
Editor: M. Rudyi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Rusia Akan Bekali Rezim Assad Sistem Pertahanan Udara S-300

Terkait biaya yang akan dikeluarkan Suriah untuk S-300, wartawan Al-Jazeera di Moskow mengatakan bahwa senjata itu diberikan cuma-cuma.

Kamis, 26/04/2018 11:00 0

Opini

Bola Pingpong 212

Belum sempat isu pengadaan plastik sembako Presiden senilai Rp 3 miliar mengembang, muncul berita baru. Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh yang menamakan diri sebagai Tim 11 Alumni 212.

Kamis, 26/04/2018 10:20 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Dosa Inggris kepada Umat Islam. Sejarah telah mencatat, bahwa Inggris...

Kamis, 26/04/2018 09:44 0

Suriah

Tiga Anggota Koalisi Nasional Oposisi Suriah Mundur, Ada Apa?

Mereka beralasan, koalisi oposisi itu sudah tidak komitmen pada prinsip-prinsip revolusi Suriah dan saat ini menyelaraskan jalan politik dengan jalan yang diinginkan Rusia, yang berupaya membangun kembali rezim Assad.

Kamis, 26/04/2018 09:41 0

Afrika

Baru Tiba di Libya, Dua Mantan Tahanan Guantanamo Hilang Misterius

Informasi yang beredar lainnya menyebut milisi “Rahbah Duruk Tajura’”, yang dipimpin Bashir Khalifullah atau yang dikenal Al-Buqrah, berada di balik penculikan itu. Namun milisi tersebut juga membantah.

Kamis, 26/04/2018 08:57 0

Suriah

Drone Tak Dikenal Serang Pangkalan Udara Rusia di Lattakia

Terdengar ledakan keras di sisi selatan pedesaan Lattakia, lokasi Hameimim berada.

Kamis, 26/04/2018 07:54 0

Afghanistan

Tentara Afghanistan yang Kabur saat Dilatih AS Masih Tinggi

McCaskill mengatakan 11 peserta training militer tentara Afghan yang AWOL berasal dari kamp pelatihan di Fort Leonard Wood, di negara bagian Missouri. Missouri merupakan daerah asal sekaligus dapil pemilu legislatif McCaskill.

Kamis, 26/04/2018 07:35 0

Malaysia

Kisah di Balik Gelar Doktoral Fadi Al Batsh dan Kesetiaan Sang Istri

Enas berbicara di hadapan media untuk pertama kalinya sejak suaminya meninggal. Dari wajahnya tampak masih diselimuti kesedihan. Namun ia tetap tegar dan menerima kepergian suaminya itu.

Rabu, 25/04/2018 20:32 0

Malaysia

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Rabu, 25/04/2018 18:16 0

Suriah

HTS dan JTS Tandatangani Gencatan Senjata Permanen

Masing-masing harus menghentikan hasutan di media, penangkapan dan menuntut. Kedua kubu harus melepas tahanan masing-masing.

Rabu, 25/04/2018 18:00 0

Close