... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PBB: 200 Ribu Sipil Masih Tinggal di Ghouta Timur

Foto: Warga di Ghouta Timur [sumber: Reuters]

KIBLAT.NET, Brussels – Program Pangan Dunia PBB (WFP) mengumumkan bahwa sekitar 200.000 warga sipil masih berada di dalam Ghouta Timur, pedesaan Damaskus. Rezim merebut wilayah itu dari oposisi setelah pengepungan panjang dan bombardir berpekan-pekan, yang membuat oposisi menyerah melalui kesepakatan.

Kendati pertempuran sudah hampir tidak terjadi, program pangan PBB masih belum bisa masuk. Sementara warga yang bertahan hidup serba kekurangan.

“Ghouta Timur tidak lagi dikepung, tetapi kami masih belum menerima informasi tim WFP bisa memasuki wilayah itu,” kata Jacob Kern, Direktur WFP pada konferensi pers di Kantor PBB di Jenewa, Selasa (24/04).

Dia pun menyeru rezim Assad memberi izin kepada tim-tim WFP untuk masuk ke Ghouta Timur dan menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan warga.

Kern juga menyinggung situasi kemanusiaan di Idlib, yang menjadi rumah jutaan warga Suriah yang menentang rezim Assad. Situasi itu akan semakin memprihatinkan jika Assad dan Rusia benar-benar menyerang Idlib.

Pejuang oposisi menyepakati keluar dari Ghouta Timur pada 22 Maret lalu setelah pengepungan panjang dan gempuran sengit. Namun bagi yang ingin tinggal, dibolehkan dengan syarat tunduk pada rezim.

Belum diketahui pasti jumlah warga dan pejuang yang meninggalkan Ghouta Timur. Sementara menurut data yang dilansir oleh sejumlah media, total warga Ghouta Timur sebanyak 400 ribu jiwa sebelum jatuh ke tangan rezim.

BACA JUGA  Tekan Penyebaran Covid-19, Turki Kurangi Aktivitas Pasukan di Suriah

Sumber: Shaam.org
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pakar Sejarah: Islamofobia Fenomena yang Diciptakan Agar Manusia Takut Islam

Islamofobia diciptakan agar manusia takut kepada Islam

Rabu, 25/04/2018 11:16 0

Indonesia

Bahas Politik di Masjid Dipersoalkan, Sekjen MUI: Itu Diskriminatif

“Kenapa gereja tidak dipermasalahkan, kenapa kalau orang Islam ditegur?" sambung pria yang menjadi salah satu petinggi Muhammadiyah ini.

Rabu, 25/04/2018 11:04 0

Indonesia

Koalisi Pembebasan Al-Quds Berduka Atas Tewasnya Dr Fadi Al Batsh

Koalisi Pembebasan Al-Quds (KPA) mengaku turut berduka atas pembunuhan sadir yang menimpa ilmuan asal Palestina, Dr Fadi Al Batsh. Ia tewas mengenaskan, setelah 14 peluru menghujam tubuhnya saat menuju masjid untuk menunaikan shalat Subuh di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selasa, 24/04/2018 22:19 0

Indonesia

MUI Kutuk Pembunuhan Sadis Ilmuwan Palestina di Malaysia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pembunuhan ilmuan asal Palestina, Dr Fadi Al-Batsh. Hal itu ditegaskan oleh Sekertaris Jenderal MUI, Anwar Abbas.

Selasa, 24/04/2018 22:03 0

Indonesia

Sekjen MUI: Tak Ada Larangan Bicara Politik di Masjid

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa umat Islam tidak dilarang untuk membahas politik di Masjid. Ia mengatakan bahwa Islam adalah agama yang menjadi petunjuk bagi manusia terhadap seluruh sisi kehidupan.

Selasa, 24/04/2018 21:37 0

Indonesia

SNH: Pengungsi Rohingya yang Terdampar di Aceh Butuh Bantuan

Puluhan warga Rohingya kembali mendarat di Aceh pada Jumat, (20 April 2018) lalu. Perahu yang ditumpangi para pengungsi diselamatkan nelayan setempat saat terombang-ambing di lautan Aceh.

Selasa, 24/04/2018 21:04 0

Indonesia

Korupsi e-KTP, Hakim Jatuhkan Vonis 15 Tahun Penjara kepada Setya Novanto

Hakim Jatuhkan Vonis 15 Tahun Penjara kepada Setya Novanto

Selasa, 24/04/2018 18:45 0

Khazanah

Ibnu Abi Duad, Potret Ulama Su’ Zaman Imam Ahmad

KIBLAT.NET - Di antara manusia ada menjadi pembuka jalan kebaikan dan ada pula yang menjadi gerbang keburukan. Adalah Ahmad bin Farj bin Jarir bin Malik, atau yang lebih dikenal dengan Ibnu Abi Duad. Ia merupakan sosok yang telah membuka gerbang keburukan untuk para penguasa zaman Imam Ahmad bin Hambal. Ia mendapatkan sebuah kedudukan tinggi di sisi tiga khalifah Abbasiyah; Al-Ma‘mun, Al-Mu‘tashim, dan Al-Watsiq.

Selasa, 24/04/2018 18:40 0

Indonesia

Sidang FPI Klaten: Saksi Mentahkan Bukti yang Dibawa JPU

"Ada fakta menarik dari sidang kali ini, yaitu terungkapnya bahwa sepeda motor yang di disangkakan ternyata tidak dipakai untuk kegiatan itu," kata kepada Kiblat.net seusai sidang.

Selasa, 24/04/2018 09:59 0

Info Event

Jelang Ramadhan, BMH Sebar 4.400 Paket Sembako

"Alhamdulillah, 4400 Paket itu sudah BMH sebar ke tujuh provinsi yang menjadi target penyerahan, tujuh provinsi target penyaluran yakni Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Sumatera Utara, Pekanbaru, Sumatera Selatan, Jambi dan Jateng. Memang masih jauh dari data mustahik yang BMH bina. Namun, sebagai langkah awal, perhatian kepada mustahik BMH yang sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan semoga menjadi tambahan semangat mereka untuk menyongsong bulan penuh ibadah ini dengan lebih baik," urai General Manager (GM) BMH Perwakilan Jateng, Imam Muslim, seperti rilis yang diterima Kiblat.net pada Senin (23/04).

Selasa, 24/04/2018 09:28 0

Close