... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HTS dan JTS Tandatangani Gencatan Senjata Permanen

KIBLAT.NET, Idlib – Gerakan Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) dan Jabhah Tahrir Suriah (JTS), Selasa (24/04), menandatangani kesepakatan gencatan senjata permanen. Kedua pihak sepakat mengakhiri pertempuran yang sudah berlangsung selama dua bulan tanpa kemenangan dari salah satu pihak, sementara korban terus berjatuhan.

Berdasarkan nota kesepakatan yang didapat jaringan berita pendukung perjuangan rakyat Suriah, Shaam Network (SN), keduanya sepakat gencatan senjata permanen dan berhenti unjuk senjata di wilayah-wilayah panas.Masing-masing juga berjanji menghentikan hasutan di media, menangkap dan menuntut pihak lain. Selain itu, kedua kubu harus melepas tahanan masing-masing.

Kesepakatan itu juga menyetujui pembentukan komite khusus berisi dari kedua belah pihak dan pembentukan komite mediasi. Dua komite ini bertugas mencari solusi seluruh perkara-perakara yang menjadi titik perselisihan mulai dari militer, politik, administrasi dan peradilan.

Pertempuran antara HTS dan JTS meletus pada akhir Februari lalu. Musibah bagi perjuangan umat Islam di Suriah itu merupakan akumulasi dari perselisihan-perselisihan sebelumnya. JTS merupakan marger dari faksi Ahrar Al-Syam dan Nurudin Zanky, yang sebelumnya konflik dengan HTS.

Awal bulan ini kedua pihak sempat menyepakati gencatan senjata. Namun dalam hitungan hari, kesepakatan itu bubar. HTS menyerang wilayah JTS dengan dalih untuk memburu kelompok-kelompok penjahat.

Dalam pertempuran dua bulan itu tidak yang berhasil mengalahkan pihak lain. HTS berada di pihak yang kerap meluncurkan serangan sementara JTS di pihak menahan serangan. Inisiatif-inisiatif yang diupayakan selalu ditolak, khususnya dari pihak HTS, sebagaiman dilansir dari SN.

BACA JUGA  285 Ribu Pengungsi Idlib Pulang ke Rumah Masing-Masing

Sumber: Shaam Network
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Apakah Pertemuan dengan Jokowi Terkait Dukungan Politik? Ini Jawaban Tim 11

Tim 11 Ulama Alumni 212 menjawab pertanyaan publik seputar dugaan adanya kesepakatan dukungan politik

Rabu, 25/04/2018 17:27 1

Editorial

Editorial: Ilmuwan yang Bikin Musuh Ketakutan

Temuannya itulah barangkali yang membuat Menteri Israel Avigdor Lieberman harus bikin pernyataan di media bahwa “Dr Fadi ialah pakar roket, bukan orang suci.” Pernyataan itu menyadarkan bahwa semakin tinggi kapasitas keilmuan kita, semakin membuat gentar musuh kita.

Rabu, 25/04/2018 17:17 0

Indonesia

Foto Pertemuan dengan Jokowi Tersebar, Ini Pernyataan Tim 11 Alumni 212

Foto Pertemuan dengan Jokowi Tersebar, Ini Pernyataan Tim 11 Alumni 212

Rabu, 25/04/2018 16:55 0

Indonesia

Ilmuwan Palestina Dibunuh, UBN Minta Pemerintah Waspadai Agen Asing

Ketua Umum Spirit Of Al-Aqsha (SOA) Ustadz Bachtiar Nasir meminta pemerintah mewaspadai agen asing yang datang ke Indonesia pasca pembunuhan ilmuwan Palestina Dr. Fadi Al Batsh di Malaysia.

Rabu, 25/04/2018 13:52 0

Indonesia

Pakar Sejarah: Islamofobia Fenomena yang Diciptakan Agar Manusia Takut Islam

Islamofobia diciptakan agar manusia takut kepada Islam

Rabu, 25/04/2018 11:16 0

Indonesia

Bahas Politik di Masjid Dipersoalkan, Sekjen MUI: Itu Diskriminatif

“Kenapa gereja tidak dipermasalahkan, kenapa kalau orang Islam ditegur?" sambung pria yang menjadi salah satu petinggi Muhammadiyah ini.

Rabu, 25/04/2018 11:04 0

Indonesia

Koalisi Pembebasan Al-Quds Berduka Atas Tewasnya Dr Fadi Al Batsh

Koalisi Pembebasan Al-Quds (KPA) mengaku turut berduka atas pembunuhan sadir yang menimpa ilmuan asal Palestina, Dr Fadi Al Batsh. Ia tewas mengenaskan, setelah 14 peluru menghujam tubuhnya saat menuju masjid untuk menunaikan shalat Subuh di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selasa, 24/04/2018 22:19 0

Indonesia

MUI Kutuk Pembunuhan Sadis Ilmuwan Palestina di Malaysia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pembunuhan ilmuan asal Palestina, Dr Fadi Al-Batsh. Hal itu ditegaskan oleh Sekertaris Jenderal MUI, Anwar Abbas.

Selasa, 24/04/2018 22:03 0

Indonesia

Sekjen MUI: Tak Ada Larangan Bicara Politik di Masjid

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa umat Islam tidak dilarang untuk membahas politik di Masjid. Ia mengatakan bahwa Islam adalah agama yang menjadi petunjuk bagi manusia terhadap seluruh sisi kehidupan.

Selasa, 24/04/2018 21:37 0

Indonesia

SNH: Pengungsi Rohingya yang Terdampar di Aceh Butuh Bantuan

Puluhan warga Rohingya kembali mendarat di Aceh pada Jumat, (20 April 2018) lalu. Perahu yang ditumpangi para pengungsi diselamatkan nelayan setempat saat terombang-ambing di lautan Aceh.

Selasa, 24/04/2018 21:04 0

Close