... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Balik Pertemuan Alumni 212 dan Presiden Jokowi di Bogor

Foto: Foto pertemuan tertutup antara presiden Joko Widodo dengan Tim 11 Ulama Alumni 212 tersebar ke publik

KIBLAT.NET, Jakarta- Pertemuan Tim 11 ulama Alumni 212 dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Ahad (22/04/2018) berlangsung tertutup. Banyak hal yang dipertanyakan, mulai dari proses hingga dialog yang terjadi antara kedua belah pihak.

Saat konferensi pers berlangsung, Misbahul Anam dan Sekretaris Tim 11 Muhammad Al Khaththath beberapa kali berbisik-bisik di hadapan wartawan. Misbahul Anam mengungkapkan, pertemuan mulanya diinginkan dilakukan secara terbuka. Namun dialog dengan Presiden Joko Widodo itu justru berlangsung tertutup. Ia pun enggan menjelaskan alasan secara rinci akan hal itu.

“Mengapa dilakukan tertutup mungkin wartawan bisa menanyakan langsung kepada presiden,” katanya dalam konferensi pers di Restoran Larazeta, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, (25/04/2018).

Sementara itu, Muhammad Al Khaththath menuturkan bahwa undangan itu datang dari Presiden Joko Widodo. Ia pun mendapatkan undangan itu saat hendak mengisi pengajian di salah-satu masjid di Bogor.

“Apakah undangan itu penting yah? Undangan itu datang dari Presiden kepada kami,” katanya menjawab pertanyaan wartawan.

Informasi berbeda justru dipaparkan oleh Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam. Ia membeberkan bahwa pertemuan itu sudah lama diwacanakan ketika mempersiapkan kepulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab pada Februari lalu.

“Saya diamanahi untuk menghubungi Istana demi terselenggaranya pertemuan dengan presiden. Guna meminta jaminan keamanan atas kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia dan menghentikan kasus kriminalisasi yang ditimpahkan kepadanya,” ungkapnya.

BACA JUGA  Habib Bahar Dituntut 6 Tahun Penjara, Pengacara Singgung Pembunuhan Harun

Akan tetapi pertemuan itu kerap gagal, baru pada tanggal 19 April 2018, Istana meminta dirinya untuk bertemu empat mata dengan Presiden membicarakan apa tujuan dan pembahasan dalam pertemuan yang diinginkan Tim 11. Intinya pertemuan itu merupakan kesepakatan bukan berdasar undang mengundang.

“Saya sampaikan tujuannya hanya ingin bersilaturahmi dan menyelesaikan akar kasus kriminalisasi kepada ulama dan aktivis 212. Atas itu Presiden pun menerima baik dan mengkajinya dahulu,” ujarnya yang hampir disela oleh Al Khaththath setelah ia berbisik-bisik dengan Misbahul Anam.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

Kisah di Balik Gelar Doktoral Fadi Al Batsh dan Kesetiaan Sang Istri

Enas berbicara di hadapan media untuk pertama kalinya sejak suaminya meninggal. Dari wajahnya tampak masih diselimuti kesedihan. Namun ia tetap tegar dan menerima kepergian suaminya itu.

Rabu, 25/04/2018 20:32 0

Malaysia

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Yel-yel Hamas dan Al-Aqsha Bergema Saat Jenazah Dr. Fadi Hendak Dishalatkan

Rabu, 25/04/2018 18:16 0

Suriah

HTS dan JTS Tandatangani Gencatan Senjata Permanen

Masing-masing harus menghentikan hasutan di media, penangkapan dan menuntut. Kedua kubu harus melepas tahanan masing-masing.

Rabu, 25/04/2018 18:00 0

Amerika

Trump ke Negara Kaya di Teluk: Jika Ingin Dilindungi, Kalian Harus Bayar!

Presiden AS Donald Trump mengatakan negara-negara kaya di Timur Tengah harus membayar perlindungan Amerika dan mengerahkan pasukan mereka ke Suriah.

Rabu, 25/04/2018 17:30 1

Editorial

Editorial: Ilmuwan yang Bikin Musuh Ketakutan

Temuannya itulah barangkali yang membuat Menteri Israel Avigdor Lieberman harus bikin pernyataan di media bahwa “Dr Fadi ialah pakar roket, bukan orang suci.” Pernyataan itu menyadarkan bahwa semakin tinggi kapasitas keilmuan kita, semakin membuat gentar musuh kita.

Rabu, 25/04/2018 17:17 0

Malaysia

Meski Ada Ketegangan, Ribuan Orang Hadiri Shalat Jenazah Ilmuwan Palestina di Kuala Lumpur

Saat prosesi shalat hendak dilaksanakan, sempat terjadi sedikit ketegangan antara Dubes Palestina di Kuala Lumpur DR Anwar Al-Agha dengan sejumlah pemuda dan kerabat almarhum.

Rabu, 25/04/2018 15:58 0

Malaysia

Suasana Haru Selimuti Prosesi Shalat Jenazah Dr. Fadi Al Batsh

Jenazah Dr. Dr. Fadi Al Batsh dishalatkan di Surau Medan Idaman, Setapak, Kuala Lumpur

Rabu, 25/04/2018 15:23 0

Malaysia

Polisi Percaya Pembunuh DR Fadi Al Batsh Masih di Malaysia

Para tersangka diyakini telah berada di Malaysia sejak akhir Januari, tetapi tidak diketahui mereka berkebangsaan apa atau dari mana mereka berasal, kata Mohamad Fuzi.

Rabu, 25/04/2018 15:21 0

Eropa

Tinggal di Jerman, Mantan Pengawal Bin Laden Disorot Media Barat

Partai sayap kanan Jerman anti-Islam dan pengungsi, AfD pada Selasa (24/04/2018), mengklain bahwa Sami A. mendapatkan sekitar $ 1.400 sebulan untuk kesejahteraan diri dan keluarganya.

Rabu, 25/04/2018 14:45 0

Suriah

PBB: 200 Ribu Sipil Masih Tinggal di Ghouta Timur

Kendati pertempuran sudah hampir tidak terjadi, program pangan PBB masih belum bisa masuk. Sementara warga yang bertahan hidup serba kekurangan.

Rabu, 25/04/2018 13:27 0

Close