... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sidang FPI Klaten: Saksi Mentahkan Bukti yang Dibawa JPU

Foto: Koordinator Kuasa Hukum Empat Anggota FPI Klaten,, Sri Kalono, SH, Msi

KIBLAT.NET, Klaten – Koordinator Kuasa Hukum empat Anggota FPI Klaten, M. Kalono, S.H, mengungkapkan bahwa ada fakta menarik dalam sidang ke sepuluh kliennya pada Senin (23/4/18). Fakta itu merupakan kesalahan barang bukti yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum.

“Ada fakta menarik dari sidang kali ini, yaitu terungkapnya bahwa sepeda motor yang di disangkakan ternyata tidak dipakai untuk kegiatan itu,” katanya kepada Kiblat.net seusai sidang.

Barang bukti motor yang diajukan oleh JPU ternyata ditolak oleh para saksi yang dihadirkan. Salah satu saksi itu, Muhammad Sudjai. Dia mengatakan tidak pernah melihat barang bukti yang disebutkan dipakai oleh terdakwa.

“Tidak, saya tidak pernah pelaku memakai motor itu,” ujarnya di persidangan.

Dengan demikian, Kalono menekankan adanya kesalahan yang diajukan oleh JPU, terlebih menurutnya hal tersebut telah melanggar hukum. Selain itu, ia juga menilai bahwa ada dua kesalahan yang terjadi pada penanganan kasus ini.

“Berarti, ini ada kesalahan hukumnya, kemudian yang kedua dulu sudah kita buktikan bahwa para terdakwa ini tidak dipanggil pada sidang perdana, padahal pada uu KUHP itu terdakwa harus diberitahu telebih dahulu. Kemudian adanya pernyataan yang menyatakan bahwa dari saksi telah mengajukan surat ke Lapas, tapi ternyata dari pihak lapas dalam pernyataan tertulis bahwa pernyataan itu tidak pernah dikirim dari saksi,” ungkapnya.

BACA JUGA  Generasi Milenial Diminta Waspada Perang Asimetris

Terlebih, jika sudah demikian menurutnya dari semuanya tersebut telah menyalahi KUHP. Maka setidaknya, Jaksa Penuntut Umum harus mau memberi tuntutan bebas kepada keempat anggota FPI Klaten tersebut.

“Karena ini masalah keadilan berdasarkan hukum dan fakta yang ada, dan tadi menurut masyarakat dari temen-temen masyarakat malah mereka dianggap pahlawan. jadi muga-muga Jaksa bisa bijaksana,” terangnya.

Reporter: Reno Aldiano
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Jelang Ramadhan, BMH Sebar 4.400 Paket Sembako

"Alhamdulillah, 4400 Paket itu sudah BMH sebar ke tujuh provinsi yang menjadi target penyerahan, tujuh provinsi target penyaluran yakni Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Sumatera Utara, Pekanbaru, Sumatera Selatan, Jambi dan Jateng. Memang masih jauh dari data mustahik yang BMH bina. Namun, sebagai langkah awal, perhatian kepada mustahik BMH yang sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan semoga menjadi tambahan semangat mereka untuk menyongsong bulan penuh ibadah ini dengan lebih baik," urai General Manager (GM) BMH Perwakilan Jateng, Imam Muslim, seperti rilis yang diterima Kiblat.net pada Senin (23/04).

Selasa, 24/04/2018 09:28 0

Turki

Erdogan: Ancaman terhadap Turki Datang dari Negara Mitra Strategis

“Kita tidak bisa membeli senjata dari AS dengan uang kita. Tetapi sangat disayangkan, pasukan AS dan negara-negara koalisi memberikan senjata-senjata tersebut termasuk amunisi ke organisasi-organisasi teroris secara gratis.”

Selasa, 24/04/2018 06:04 0

Malaysia

Mengulas Proses Agen Intelijen Mossad Membunuh Target

Tewasnya Dr Fadi Al Batsh dalam insiden penembakan pada Sabtu (21/04/2018) telah menyeret institusi intelijen Israel, Mossad.

Senin, 23/04/2018 21:54 0

Malaysia

Jenazah Dr Fadi Al Batsh Akan Dipulangkan ke Gaza

Jenazah almarhum Dr Fadi Mohammed Al Batsh yang ditembak mati dekat kediamannya di Setapak, Kuala Lumpur, Malaysia akan dipulangkan ke Gaza, Palestina. Pemulangan ini sesuai dengan permintaan keluargannya.

Senin, 23/04/2018 19:57 0

Malaysia

Ini Sketsa Dua Wajah yang Diduga Pembunuh Dr Fadi Al Batsh

Polisi Malaysia telah merilis dua sketsa wajah yang diduga pelaku penembakan yang menewaskan ulama Palestina di Kuala Lumpur.

Senin, 23/04/2018 19:36 0

Iran

Kemungkinan Perang Israel VS Iran Karena Suriah Sangat Kecil

"Jawaban yang paling mudah adalah menghentikan tindakan agresi ini dan menghentikan serangan-serangan ini," lanjutnya.

Senin, 23/04/2018 18:14 0

Malaysia

Ini 5 Fakta Penting di Balik Tewasnya Sosok Dr Fadi Al Batsh

Pembunuhan dosen asal Gaza, Palestina ini terjadi di Kuala Lumpur pada 21 April 2018. Banyak yang menduga bahwa pembunuhan ini terencana dan dirancang sejak lama.

Senin, 23/04/2018 18:13 0

Info Event

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Senin, 23/04/2018 12:31 0

Palestina

Israel Ancam Bunuh Para Petinggi Hamas

Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz mengancam untuk menargetkan pemimpin Hamas jika kelompok perlawanan Palestina itu melakukan serangan terhadap elemen Israel di luar negeri.

Senin, 23/04/2018 11:29 0

Afrika

JNIM Bertanggung Jawab Atas Serangan Mematikan di Pangkalan PBB

Mujahidin, lanjutnya, akan terus mengobarkan jihad sampai musuh terakhir lenyap dan tegaknya syariat Islam.

Senin, 23/04/2018 10:50 0

Close