... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemerintah Tegaskan Perpres 20/2018 untuk Percepat Pelayanan TKA

Foto: Thomas Trikasih Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah enggan dinilai memberi kelonggaran masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia dengan adanya Perpres 20 tahun 2018 (Perpres TKA). Sedangkan klaim pemerintah justru Perpres itu hanya untuk penyederhanaan birokrasi dan percepatan layanan.

Thomas Trikasih Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mengatakan tidak ada yang namanya pelonggaran izin masuk TKA. Melainkan penyederhanaan izin dan percepatan layanan.

“Sebab selama ini banyak keluhan investor internasional, di Indonesia terkait izin TKA paling banyak pungli. Baik dalam proses penyelesaian prosedur perizinan dan alasan-alasan pungli lainnya di daerah. Lantaran proses izin investasi selama ini berbelit-belit, sehingga rawan dimanfaatkan oknum untuk pungli,” katanya kepada Kiblat.net, beberapa waktu ini.

Untuk itu, Thomas menjelaskan dengan adanya Perpres 20/2018 bertujuan menyederhanakan proses perizinan. Sebagai catatan, syarat-syarat mendapat izin TKA masih sangat ketat. Tetapi sekadar untuk mendapatkan jawaban ya atau tidak diterima, tidak berminggu-minggu.

“Memang jumlah TKA tentu akan terus naik, karena TKA dibutuhkan perusahaan besar nasional. Semakin investasi itu naik maka jumlah TKA akan naik, demi menanamkan modal di negara lain,” ungkapnya.

Ia mengklaim saat ini lapangan kerja selama tiga tahun Jokowi JK sudah ada di jumlah 2 juta lapangan kerja baru setiap tahunnya. 20 ribu atau dua persen untuk tenaga kerja asing, yang hanya bekerja sementara. Sehingga tidak bisa dikatakan Indonesia dibanjiri TKA jika persentasenya sangat kecil dibanding jumlah seluruh penduduk Indonesia.

BACA JUGA  Gempa Tsunami Sulteng:  2.045 Meninggal Dunia dan 671 Orang Berstatus Hilang

“Khusus Indonesia setiap tahun dicetaknya lapangan kerja 98 persen untuk TKI/lokal dan untuk TKA hanya dua persen. Jumlah TKA di Indonesia juga cukup stabil antara jumlah TKA yang masuk dengan TKA yang pulang,” ujarnya.

Thomas juga mengklaim pertumbuhan investasi di Indonesia akan meningkat dengan hilangnya citra pungli di perizinan investasi melalui Perpres 20/2018. Hingga kini, klaimnya, pertumbuhan investasi baru meningkat 20 persen, yang terbilang rendah sebab pungli tadi.

“Pada intinya kita tidak memberi kelonggaran masuknya TKA, kita akan tegas menolak izin jika memang terbukti tidak memenuhi syarat dan tegas menyidak bila ada pelanggaran,” pungkasnya.

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Erdogan: Ancaman terhadap Turki Datang dari Negara Mitra Strategis

“Kita tidak bisa membeli senjata dari AS dengan uang kita. Tetapi sangat disayangkan, pasukan AS dan negara-negara koalisi memberikan senjata-senjata tersebut termasuk amunisi ke organisasi-organisasi teroris secara gratis.”

Selasa, 24/04/2018 06:04 0

Malaysia

Mengulas Proses Agen Intelijen Mossad Membunuh Target

Tewasnya Dr Fadi Al Batsh dalam insiden penembakan pada Sabtu (21/04/2018) telah menyeret institusi intelijen Israel, Mossad.

Senin, 23/04/2018 21:54 0

Malaysia

Jenazah Dr Fadi Al Batsh Akan Dipulangkan ke Gaza

Jenazah almarhum Dr Fadi Mohammed Al Batsh yang ditembak mati dekat kediamannya di Setapak, Kuala Lumpur, Malaysia akan dipulangkan ke Gaza, Palestina. Pemulangan ini sesuai dengan permintaan keluargannya.

Senin, 23/04/2018 19:57 0

Malaysia

Ini Sketsa Dua Wajah yang Diduga Pembunuh Dr Fadi Al Batsh

Polisi Malaysia telah merilis dua sketsa wajah yang diduga pelaku penembakan yang menewaskan ulama Palestina di Kuala Lumpur.

Senin, 23/04/2018 19:36 0

Iran

Kemungkinan Perang Israel VS Iran Karena Suriah Sangat Kecil

"Jawaban yang paling mudah adalah menghentikan tindakan agresi ini dan menghentikan serangan-serangan ini," lanjutnya.

Senin, 23/04/2018 18:14 0

Malaysia

Ini 5 Fakta Penting di Balik Tewasnya Sosok Dr Fadi Al Batsh

Pembunuhan dosen asal Gaza, Palestina ini terjadi di Kuala Lumpur pada 21 April 2018. Banyak yang menduga bahwa pembunuhan ini terencana dan dirancang sejak lama.

Senin, 23/04/2018 18:13 0

Info Event

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Senin, 23/04/2018 12:31 0

Palestina

Israel Ancam Bunuh Para Petinggi Hamas

Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz mengancam untuk menargetkan pemimpin Hamas jika kelompok perlawanan Palestina itu melakukan serangan terhadap elemen Israel di luar negeri.

Senin, 23/04/2018 11:29 0

Mali

JNIM Bertanggung Jawab Atas Serangan Mematikan di Pangkalan PBB

Mujahidin, lanjutnya, akan terus mengobarkan jihad sampai musuh terakhir lenyap dan tegaknya syariat Islam.

Senin, 23/04/2018 10:50 0

Opini

Ahok Telah Diadili, Bagaimana dengan Sukmawati?

Kasus dugaan penistaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri lambat laun mulai tenggelam. Isu tersebut perlahan mulai menghilang dari media, dan semakin samar di telinga masyarakat. Memang begitulah budaya di Indonesia, jika satu isu penting tertutup dengan isu lain yang lebih menarik, maka isu sebelumnya akan hilang.

Senin, 23/04/2018 10:22 0

Close