... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenag Gelar Lomba Karya Tulis Khusus Mahasantri Ma’had Aly

Foto: Kantor Kemenag

KIBLAT.NET, Jakarta- Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggelar ajang penulisan karya ilmiah bagi para santri Ma’had Aly. Gelaran bertajuk Karya Tulis Ilmiah Mahasantri (KTIM) ini dikemas dalam bentuk penelitian kompetitif antar sesama santri Ma’had Aly se-Indonesia.

“Pendaftaran peserta seleksi dibuka 20 April hingga 20 Juni 2018,” terang Kapuslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Amsal Bakhtiar, di Jakarta, Senin (23/04/2018) seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

“Bagi mahasantri yang terpilih, kami siapkan dana pembinaan masing-masing lima juta rupiah untuk melakukan penelitian, baik penelitian kepustakaan maupun penelitian sosial, serta penyusunan karya ilmiah,” sambungnya.

Menurut Amsal Bakhtiar, inisiatif gelaran ini didasarkan pada fakta bahwa karya tulis di lingkungan ulama nusantara sangat banyak. Indonesia mewarisi banyak karya ulama, antara lain: Sabilul Muhtadin (Syekh M. Arsyad Al Banjari), Hidayatus Salikin (Syakh Abdul Samad Palembang), Tafsir Al Munir (Syekh Nawawi Banten), Hasyiyah An Nafahat (Syekh Ahmad Khatib Minangkabau), Al Fawaid Al Janiyyah (Syekh Yasin Al Fadani).

“Karya-karya besar mereka hendaknya dapat diikuti oleh para santri Indonesia saat ini, khususnya mahasantri Ma’had Aly. Untuk itu Kementerian Agama ingin memfasilitasi menghidupkan tradisi agung dalam karya tulis ilmiah tersebut,” ujar Amsal.

Brosur lomba karya tulis ilmiah dari Kemenag

Kepala Bidang Litbang Pendidikan Keagamaan Muhamad Murtadlo mengatakan, KTIM 2018 mengambil tema besar ”Wawasan Keagamaan, Kebangsaan dan Keilmuan dalam Konteks Keindonesiaan.” Dari tema besar, ada beberapa alternatif sub-tema yang bisa dipilih, yaitu: “Pengembangan Sikap Wasatiyah dalam Konteks Keindonesiaan”; “Isu-isu Sosial Keagamaan dalam Perspektif Keilmuan Pesantren”; “Menggali dan Menerapkan Ciri Khas Keilmuan Ma’had Aly”; dan “Memperkuat Pendidikan Karakter dalam rangka Memajukan Peradaban Bangsa.”

BACA JUGA  Pandemi Virus Wuhan, PP Parmusi Tunda Pelaksanaan Muktamar ke-IV

“Judul usulan penelitian tidak mesti sama dengan redaksi di atas, namun bisa juga judul yang merupakan turunan dari sub tema tersebut,” tambah Murtadlo yang juga penanggung jawab KTIM 2018.

“Intinya, KTIM ini dibuat untuk mengaktualkan pemikiran dan penalaran yang menjadi khazanah masing-masing Ma’had Aly,” sambungnya.

Saat ini, terdapat 29 Ma’had Aly yang telah mendapat izin operasional dari Kementerian Agama. Masing-masing Ma’had Aly mempunyai program studi yang spesifik, antara lain: Ulumul Quran, Ulumul Hadits, Sejarah Islam, Fiqh dan Ushul Fiqh, Tasawuf, dan Ilmu Kalam. Mahasantri disilahkan untuk mengangkat tema KTIM sesuai konsentrasi studi mereka.

Ketua Asosiasi Ma’had Aly, Abdul Jalal dari Pesantren Situbondo, menyambut baik galaran KTIM 2018. Dia berharap kegiatan ini akan menguatkan tradisi penulisan karya ilmiah di Ma’had Aly.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Kemungkinan Perang Israel VS Iran Karena Suriah Sangat Kecil

"Jawaban yang paling mudah adalah menghentikan tindakan agresi ini dan menghentikan serangan-serangan ini," lanjutnya.

Senin, 23/04/2018 18:14 0

Malaysia

Ini 5 Fakta Penting di Balik Tewasnya Sosok Dr Fadi Al Batsh

Pembunuhan dosen asal Gaza, Palestina ini terjadi di Kuala Lumpur pada 21 April 2018. Banyak yang menduga bahwa pembunuhan ini terencana dan dirancang sejak lama.

Senin, 23/04/2018 18:13 0

Info Event

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Ikuti Tarhib Ramadhan ODOJ di Masjid Istiqlal

Senin, 23/04/2018 12:31 0

Palestina

Israel Ancam Bunuh Para Petinggi Hamas

Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz mengancam untuk menargetkan pemimpin Hamas jika kelompok perlawanan Palestina itu melakukan serangan terhadap elemen Israel di luar negeri.

Senin, 23/04/2018 11:29 0

Afrika

JNIM Bertanggung Jawab Atas Serangan Mematikan di Pangkalan PBB

Mujahidin, lanjutnya, akan terus mengobarkan jihad sampai musuh terakhir lenyap dan tegaknya syariat Islam.

Senin, 23/04/2018 10:50 0

Opini

Ahok Telah Diadili, Bagaimana dengan Sukmawati?

Kasus dugaan penistaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri lambat laun mulai tenggelam. Isu tersebut perlahan mulai menghilang dari media, dan semakin samar di telinga masyarakat. Memang begitulah budaya di Indonesia, jika satu isu penting tertutup dengan isu lain yang lebih menarik, maka isu sebelumnya akan hilang.

Senin, 23/04/2018 10:22 0

Irak

Tiga Pemimpin Syiah Iraq Bertarung Rebut Kursi Perdana Menteri

Setelah jatuhnya rezim Saddam Hussein pada tahun 2003, konstitusi Iraq menjamin jabatan perdana menteri diduduki oleh Syiah karena mayoritas di negara itu.

Senin, 23/04/2018 09:25 0

Afghanistan

ISIS Serang Antrian Pendaftar Calon Pemilih Pemilu Afghanistan

Serangan itu terjadi di pintu masuk ke pusat pendaftaran pemilih yang berhak berpartisipasi dalam pemilihan parlemen yang direncanakan digelar tiga bulan mendatang.

Senin, 23/04/2018 07:23 0

Palestina

Dalami Pembunuhan Dr Fadi, Hamas Temui Pemerintah Malaysia

Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh menduga Mossad Israel sebagai pelaku pembunuhan terhadap ulama muda asal Palestina, Dr Fadi al-Batch.

Ahad, 22/04/2018 19:01 0

Arab Saudi

Terbang Dekat Istana Raja, Saudi Tembak Jatuh Drone

Pasukan Arab Saudi dilaporkan telah menembak jatuh sebuah benda yang diduga pesawat drone mainan yang terbang di ruang udara dekat istana kerajaan di ibukota Riyadh.

Ahad, 22/04/2018 16:30 0

Close