... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

JNIM Bertanggung Jawab Atas Serangan Mematikan di Pangkalan PBB

Foto: Pasukan Nasional Mali/ilustrasi

KIBLAT.NET, Timbuktu – Kelompok jihadis Afrika, Jama’ah Nusratul Islam Wal Muslimin (JNIM), pekan kemarin mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan di markas militer pasukan asing di Timbuktu, Mali utara. Ini merupakan serangan balasan atas operasi pasukan Prancis dan sekutunya yang menewaskan sejumlah pejuang JNIM.

Melalui pernyataan yang dirilis sepekan setelahnya, JNIM menunjukkan bahwa serangan ini dilakukan oleh unit pasukan Isytisyhad dan Inghimas (pasukan berani mati). Ini sebagai balasan atas dua operasi pasukan khusus Prancis di awal April yang menyebabkan sejumlah pejuang dan ulama JNIM gugur.

Gerakan tersebut mengingatkan kepada Prancis bahwa mujahidin tidak akan tidur atas kezaliman-kezaliman yang terjadi. Mujahidin, lanjutnya, akan terus mengobarkan jihad sampai musuh terakhir lenyap dan tegaknya syariat Islam.

Sekelompok berseragam pasukan penjaga perdamaian PBB meledakkan 2 bom mobil dan menembakkan puluhan roket ke markas pasukan Perancis dan PBB di kota kota Timbuktupada 14 April 2018. Dilaporkan seorang pasukan asing tewas, sementara banyak lainnya luka-luka, sebagaimana pernyataan pihak berwenang Mali.

Misi PBB di Mali telah mengkonfirmasi bahwa serangan yang menyasar kompleks markas mereka menewaskan 1 tentara PBB. Pemerintah Mali menambahkan, 10 tentara Prancis juga luka-luka dalam serangan tersebut.

“Para teroris mengenakan helm biru mengendarai dua mobil yang sarat bahan peledak. Salah satu berseragam militer Mali, dan satu lainnya memakai kostum militer bertuliskan ‘PBB’. Mereka berusaha menyusup ke dalam kompleks markas-markas militer,” kata pemerintah Mali.

BACA JUGA  SITE: ISIS Mengaku Penyebab Tabrakan Dua Helikopter Militer Prancis di Mali

JNIM merupakan marger sejumlah kelompok jihadis lintas negara Afrika. Secara resmi, mereka menyatakan sumpah setia kepada Organisasi Al-Qaidah. Mereka merupakan kelompok-kelompok jihadis yang sudah lama beroperasi di sejumlah negara benua hitam itu.

Sumber: Jihadolgy.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Ahok Telah Diadili, Bagaimana dengan Sukmawati?

Kasus dugaan penistaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri lambat laun mulai tenggelam. Isu tersebut perlahan mulai menghilang dari media, dan semakin samar di telinga masyarakat. Memang begitulah budaya di Indonesia, jika satu isu penting tertutup dengan isu lain yang lebih menarik, maka isu sebelumnya akan hilang.

Senin, 23/04/2018 10:22 0

Indonesia

Tetap Gaul dan Trendi dengan Kaos Bernuansa Islam

Dakwah menyiarkan syiar Islam menjadi tugas setiap umat Islam, adapun caranya berbagai macam baik melalui lisan ataupun literasi.

Ahad, 22/04/2018 20:22 0

Indonesia

Diminati Pembeli, Kaos #2019GantiPresiden Ludes Terjual di IBF 2018

Kaos #2019gantipresiden dijual di Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Minat pembeli pun cukup signifikan.

Ahad, 22/04/2018 20:01 0

Indonesia

Advokat GNPF Ulama Bantah Alasan Polisi Tak Panggil Sukmawati

Anggota Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrullah Nasution menanggapi alasan polisi yang tak kunjung memeriksa Sukmawati karena ingin memeriksa semua pelapor.

Ahad, 22/04/2018 19:39 0

Indonesia

Sambut Bulan Ramadhan, BMH Gelar Cek Kesehatan Gratis

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar kegiatan cek kesehatan gratis untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Acara ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H.

Ahad, 22/04/2018 18:37 0

Indonesia

BUMN dan Bank Tak Lagi Sponsori IBF 2018, Ada Apa?

Islamic Book Fair 2018 nampaknya turut menjadi korban dampak panasnya tahun politik.

Ahad, 22/04/2018 17:45 0

Suara Pembaca

Derita Penyakit Pernafasan Kronis, Ahmad Aji Butuh Uluran Tangan

Hari-hari Ahmad Aji tak seperti dulu. Sejak penyakit kronis menyerang paru-parunya tak banyak yang bisa ia perbuat kecuali hanya terbaring lemah di tempat tidur.

Ahad, 22/04/2018 16:24 0

Video Kajian

Agar Tidak Sesat, Setelah Hidayah Didapat!

KIBLAT.NET – Agar Tidak Sesat, Setelah Hidayah Didapat! Hidayah adalah anugerah termahal bagi seorang hamba....

Ahad, 22/04/2018 14:58 0

Indonesia

Panitia Jawab Keluhan Peserta dan Pengunjung IBF 2018

Ketua Panitia Islamic Book Fair (IBF) 2018 M. Anis Baswedan menjawab keluhan pengunjung dan peserta dalam acara pameran buku Islam terbesar tahun ini. Ia menyatakan bahwa IBF dari tahun ke tahun dari segala sisinya semakin membaik.

Ahad, 22/04/2018 13:10 0

Indonesia

Meski Tuai Apresiasi, IBF 2018 Diharapkan Tingkatkan Kualitas

Islamic Book Fair (IBF) menjadi ajang peningkatan literasi yang dinanti-nanti. Pada tahun ini, IBF digelar dari tanggal 18 hingga 22 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, tempat yang sama dengan tahun sebelumnya. 

Ahad, 22/04/2018 12:42 0

Close