... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ISIS Serang Antrian Pendaftar Calon Pemilih Pemilu Afghanistan

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Kabul – Sebanyak 57 orang tewas dan 119 orang luka-luka akibat serangan “bom bunuh diri” pada Ahad pagi (22/04) di pusat pendaftaran calon pemilih pemilu Afghanistan di Kabul. Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) bertanggung jawab atas serangan yang mayoritas korbannya anak-anak dan wanita itu, seperti dilaporkan Al-Jazeera.

Serangan itu terjadi di pintu masuk ke pusat pendaftaran pemilih yang berhak berpartisipasi dalam pemilihan parlemen yang direncanakan digelar tiga bulan mendatang.

Sementara itu, kantor berita Jerman melansir dari pejabat Departemen Kesehatan Umum Afghanistan mengatakan bahwa di antara korban itu, 21 wanita dan lima anak-anak. Sementara korban luka-luka yang berjumlah 119 orang telah dievakuasi ke rumah sakit.

Pelaku berjalan kaki meledakkan bom rompi yang dipakainya di luar pusat pendaftaran pemilih di distrik Dasth Preshi, Kabul Barat. Distrik tersebut dihuni pengikut Syiah Hazara dan kerap menjadi sasaran serangan ISIS.

ISIS mengumumkan melalui sebuah pernyataan di media sosial mengaku bertanggung jawab dan menyebut “telah ditargetkan murtadin Syiah”. Sementara Taliban menolak terlibat dalam serangan itu.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengecam serangan itu sebagai upaya untuk menghentikan proses demokrasi negara itu.

Pusat pendaftaran pemilih didirikan di seluruh Afghanistan menjelang pemilihan parlemen dan pemilihan dewan lokal yang dijadwalkan digelar pada bulan Oktober.

Presiden Afghanistan berada di bawah tekanan dari sekutu internasionalnya untuk memastikan proses perjalanan pemilu tahun ini menjelang pemilihan presiden pada 2019, tetapi ada keraguan serius tentang hal itu.

Proses pendaftaran jutaan calon pemilih masih belum beres. Banyak dari pemilih tidak memiliki kartu identitas sehingga kemungkinan besar pemilihan Afghanistan mundur.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tetap Gaul dan Trendi dengan Kaos Bernuansa Islam

Dakwah menyiarkan syiar Islam menjadi tugas setiap umat Islam, adapun caranya berbagai macam baik melalui lisan ataupun literasi.

Ahad, 22/04/2018 20:22 0

Indonesia

Diminati Pembeli, Kaos #2019GantiPresiden Ludes Terjual di IBF 2018

Kaos #2019gantipresiden dijual di Islamic Book Fair 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Minat pembeli pun cukup signifikan.

Ahad, 22/04/2018 20:01 0

Indonesia

Advokat GNPF Ulama Bantah Alasan Polisi Tak Panggil Sukmawati

Anggota Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrullah Nasution menanggapi alasan polisi yang tak kunjung memeriksa Sukmawati karena ingin memeriksa semua pelapor.

Ahad, 22/04/2018 19:39 0

Indonesia

Sambut Bulan Ramadhan, BMH Gelar Cek Kesehatan Gratis

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar kegiatan cek kesehatan gratis untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Acara ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H.

Ahad, 22/04/2018 18:37 0

Indonesia

BUMN dan Bank Tak Lagi Sponsori IBF 2018, Ada Apa?

Islamic Book Fair 2018 nampaknya turut menjadi korban dampak panasnya tahun politik.

Ahad, 22/04/2018 17:45 0

Suara Pembaca

Derita Penyakit Pernafasan Kronis, Ahmad Aji Butuh Uluran Tangan

Hari-hari Ahmad Aji tak seperti dulu. Sejak penyakit kronis menyerang paru-parunya tak banyak yang bisa ia perbuat kecuali hanya terbaring lemah di tempat tidur.

Ahad, 22/04/2018 16:24 0

Video Kajian

Agar Tidak Sesat, Setelah Hidayah Didapat!

KIBLAT.NET – Agar Tidak Sesat, Setelah Hidayah Didapat! Hidayah adalah anugerah termahal bagi seorang hamba....

Ahad, 22/04/2018 14:58 0

Indonesia

Panitia Jawab Keluhan Peserta dan Pengunjung IBF 2018

Ketua Panitia Islamic Book Fair (IBF) 2018 M. Anis Baswedan menjawab keluhan pengunjung dan peserta dalam acara pameran buku Islam terbesar tahun ini. Ia menyatakan bahwa IBF dari tahun ke tahun dari segala sisinya semakin membaik.

Ahad, 22/04/2018 13:10 0

Indonesia

Meski Tuai Apresiasi, IBF 2018 Diharapkan Tingkatkan Kualitas

Islamic Book Fair (IBF) menjadi ajang peningkatan literasi yang dinanti-nanti. Pada tahun ini, IBF digelar dari tanggal 18 hingga 22 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, tempat yang sama dengan tahun sebelumnya. 

Ahad, 22/04/2018 12:42 0

Indonesia

Tindak Pidana Jelas, Polisi Diminta Segera Periksa Sukmawati

Ahli Hukum Pidana Dr. Abdul Chair Ramadhan mengatakan penyelidikan terhadap Sukmawati tidak seharusnya didahului meminta keterangan dari seluruh saksi pelapor. Karena, tindak pidana yang dilakukan Sukmawati sudah jelas. 

Ahad, 22/04/2018 11:11 0

Close
CLOSE
CLOSE