... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tindak Pidana Jelas, Polisi Diminta Segera Periksa Sukmawati

Foto: Sukmawati dan kumpulan buku puisi 'Ibu Indonesia'

KIBLAT.NET, Jakarta – Hingga saat ini, penyidik Bareskrim Polri belum juga memanggil Sukmawati untuk diperiksa. Putri Bung Karno itu dilaporkan sejumlah pihak terkait pusinya berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang bermuatan penghinaan terhadap Islam. Polri beralasan para saksi pelapor akan diperiksa dahulu, sebelum dilakukan pemanggilan.

Menanggapi hal ini, Ahli Hukum Pidana Dr. Abdul Chair Ramadhan mengatakan penyelidikan terhadap Sukmawati tidak seharusnya didahului meminta keterangan dari seluruh saksi pelapor. Karena, tindak pidana yang dilakukan Sukmawati sudah jelas.

 

“Banyaknya laporan dan aksi massa yang dilakukan diberbagai daerah menunjukkan adanya informasi tentang adanya peristiwa pidana. Terlebih lagi delik pada Pasal 156a KUHP bukan delik aduan dan tidak membutuhkan adanya akibat dan korban,” katanya melalui keterangan tertulis, Ahad (22/04/2018).

“Delik ini adalah delik biasa dan bersifat formil. Adapun korbannya adalah kepentingan agama itu sendiri yang harus dilindungi oleh negara,” tambahnya.

Dia kemudian mempertanyakan tindakan Polri yang ingin mengetahui motif masing-masing pelapor. Abdul Chair menegaskan, motif di balik ungkapan puisi Sukmawati yang seharusnya digali oleh penyidik.

“Terbuka ruang bagi penyidik untuk mencari motif lanjutan, yakni apakah ungkapan tersebut dapat dihubungkan ‘dengan maksud’ menjadikan sesorang untuk tidak beragama atau ateis sebagaimana dimaksudkan Pasal 156a huruf b KUHP?” ungkapnya.

Pasal 156a mengandung dua corak (gradasi) tindak pidana. Tindak pidana pertama menunjuk pada ketentuan huruf a yang bersifat alternatif, permusuhan kepada agama atau penyalahgunaan agama atau penodaan agama. Tindak pidana yang kedua menunjuk pada huruf b, yakni dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.

BACA JUGA  Pasca Alami Kebakaran, Ponpes Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bulukumba Mulai Direnovasi

“Apabila terbukti kelak di pengadilan semua unsur pada huruf b, maka terbukti pula semua unsur pada huruf a,” katanya sembari menekankan kepada Polri agar segera memanggil Sukmawati untuk diproses sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Begini Dominasi Taliban di Provinsi Helmand

Saat ini Taliban menguasai 7 distrik dari seluruhnya 13 distrik di Helmand, yaitu distrik Baghran, Dishu, Kajaki, Musa Qala, Naw Zad, Reg atau Khanshin, dan Sangin.

Ahad, 22/04/2018 10:28 0

Suriah

HTS Halau Kemajuan Pasukan Assad di Kamp Pengungsi Yarmouk

Komandan militer HTS Abu Jihad al-Sahli, mengatakan bahwa rezim memulai serangannya dengan tembakan masif dari udara dan artileri berat ke seluruh wilayah.

Ahad, 22/04/2018 07:30 0

Malaysia

Imam Palestina Ditembak di Malaysia, Keluarga Sebut Pelakunya Mossad

Seorang dosen universitas swasta di Malaysia asal Palestina bernama Dr Fadi M R Albatsh ditembak mati oleh orang tak dikenal, saat sedang berjalan ke masjid untuk melaksanakan shalat Subuh.

Ahad, 22/04/2018 07:00 0

Arab Saudi

Tiket Bioskop Saudi Tuai Protes, Netizen: Perusahaan AS Ingin Untung Besar

Warga Saudi mengeluh tentang tingginya harga tiket bioskop satu-satunya di negara itu. Mereka menyerukan penurunan harga karena tidak sebanding dengan pendapatan mereka yang terbatas. Demikian menurut laporan Thenewkhalij.org, Jumat (20/04/2018).

Ahad, 22/04/2018 06:15 0

Malaysia

Imam Palestina Dr. Fadi Dijadwalkan Hadiri Konferensi di Turki

Dr. Fadi, imam asal Palestina yang ditembak mati di Malaysia, seharusnya menghadiri sebuah konferensi di Turki

Sabtu, 21/04/2018 17:28 0

Malaysia

Penembakan Imam Palestina: Pelaku Pakai Helm Full Face, Tunggu Korban 20 Menit

Pelaku penembakan Dr. Fadi M R Albatsh telah menunggu korbannya selama 20 Menit

Sabtu, 21/04/2018 17:02 0

Amerika

Pentagon Klaim Tangkap Tersangka Serangan 9/11 di Suriah

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa sekutu kami, Pasukan Demokratik Suriah, telah menangkap Mohammed Haydar Zammar, warga negara Jerman yang lahir di Suriah, dalam operasi yang sedang berlangsung untuk mengalahkan ISIS di dalam wilayah Suriah,” kata juru bicara Pentagon, Eric Bahon, seperti dilansir Reuters Arabic.

Sabtu, 21/04/2018 16:54 0

Turki

Turki Jatuhkan Vonis Penjara Seumur Hidup kepada 889 Pengikut Fetullah Gulen

Turki jatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada 889 pengikut Fetullah Gulen

Sabtu, 21/04/2018 14:05 0

Malaysia

Seorang Imam Asal Palestina Ditembak Mati di Malaysia

Seorang Imam Asal Palestina Ditembak Mati di Malaysia

Sabtu, 21/04/2018 13:04 0

Palestina

Pekan Ke-4 Protes Palestina, Peluru Israel Makan Ratusan Korban

Sejak aksi massa The Great March of Return pada 30 Maret dilakukan, warga Gaza rutin menggelar aksi protes setiap Jumat di perbatasan Israel.

Jum'at, 20/04/2018 18:02 0

Close