... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

RS Mata Achmad Wardi, Bukti Wakaf Tak Sebatas Masjid dan Kuburan

Foto: Wakil Ketua BWI Yuli Yasin.

KIBLAT.NET, Serang – Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD diresmikan pada Sabtu (21/04/2018) siang, di Serang, Banten. Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Yuli Yasin dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa (DD) Republika Parni Hadi menandatangani prasasti peresmian rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, keduanya bersama Presiden Ramon Magsaysay Award Foundation Carmencita Abella, Irjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Sigit Wardoyo memotong pita menandai pembukaan rumah sakit secara resmi.

Dalam sambutannya, Carmencita Abella mengapresiasi pendirian rumah sakit mata berbasis wakaf tersebut dan menyebutnya sebagai suatu kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia. Ia pun mengusulkan agar nama rumah sakit diganti dengan rumah sehat karena rumah sakit adalah rumah untuk mengembalikan kesehatan dan melindungi nyawa orang.

Sementara itu, Yuli Yasin menyampaikan bahwa berdirinya rumah sakit wakaf ini memberikan pesan edukatif tentang fikih wakaf kepada masyarakat. “Bahwasanya wakaf tidak melulu terkait masjid dan kuburan.”

Yuli menjelaskan bahwa rumah sakit wakaf sudah ada pada masa awal Islam. Rumah sakit wakaf pertama, jelas Yuli, berdiri pada tahun 88 Hijriah di Damaskus, Suriah, di masa pemerintahan Abdul Malik dari Dinasti Umawiyah.

Yuli berharap rumah sakit ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan mata masyarakat Serang. “Sehingga kita dapat membuktikan bahwa wakaf mampu melayani umat dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan,” katanya.

BACA JUGA  Amnesty International dan Lima Organisasi Desak Pemerintah Lindungi Tenaga Medis

Yuli juga berharap rumah sakit wakaf bisa dibangun di seluruh Indonesia, pada setiap satu provinsi ada satu rumah sakit wakaf. Atau bahkan di setiap kabupaten ada satu rumah sakit wakaf.

Peresmian Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD berjalan meriah meski Menteri Kesehatan Nila Moeloek batal hadir karena ada tugas ke Arab Saudi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Menurut Parni Hadi, Menteri Nila diundang untuk meresmikan karena ia menteri kesehatan, dokter mata, dan juga wanita, bertepatan dengan hari Kartini.

Meski tidak bisa hadir, melalui rekaman video Menkes mengucapkan selamat dan apresiasinya atas berdirinya rumah sakit mata wakaf ini.

Sumber: BWI
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

HTS Halau Kemajuan Pasukan Assad di Kamp Pengungsi Yarmouk

Komandan militer HTS Abu Jihad al-Sahli, mengatakan bahwa rezim memulai serangannya dengan tembakan masif dari udara dan artileri berat ke seluruh wilayah.

Ahad, 22/04/2018 07:30 0

Malaysia

Imam Palestina Ditembak di Malaysia, Keluarga Sebut Pelakunya Mossad

Seorang dosen universitas swasta di Malaysia asal Palestina bernama Dr Fadi M R Albatsh ditembak mati oleh orang tak dikenal, saat sedang berjalan ke masjid untuk melaksanakan shalat Subuh.

Ahad, 22/04/2018 07:00 0

Arab Saudi

Tiket Bioskop Saudi Tuai Protes, Netizen: Perusahaan AS Ingin Untung Besar

Warga Saudi mengeluh tentang tingginya harga tiket bioskop satu-satunya di negara itu. Mereka menyerukan penurunan harga karena tidak sebanding dengan pendapatan mereka yang terbatas. Demikian menurut laporan Thenewkhalij.org, Jumat (20/04/2018).

Ahad, 22/04/2018 06:15 0

Malaysia

Imam Palestina Dr. Fadi Dijadwalkan Hadiri Konferensi di Turki

Dr. Fadi, imam asal Palestina yang ditembak mati di Malaysia, seharusnya menghadiri sebuah konferensi di Turki

Sabtu, 21/04/2018 17:28 0

Malaysia

Penembakan Imam Palestina: Pelaku Pakai Helm Full Face, Tunggu Korban 20 Menit

Pelaku penembakan Dr. Fadi M R Albatsh telah menunggu korbannya selama 20 Menit

Sabtu, 21/04/2018 17:02 0

Amerika

Pentagon Klaim Tangkap Tersangka Serangan 9/11 di Suriah

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa sekutu kami, Pasukan Demokratik Suriah, telah menangkap Mohammed Haydar Zammar, warga negara Jerman yang lahir di Suriah, dalam operasi yang sedang berlangsung untuk mengalahkan ISIS di dalam wilayah Suriah,” kata juru bicara Pentagon, Eric Bahon, seperti dilansir Reuters Arabic.

Sabtu, 21/04/2018 16:54 0

Turki

Turki Jatuhkan Vonis Penjara Seumur Hidup kepada 889 Pengikut Fetullah Gulen

Turki jatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada 889 pengikut Fetullah Gulen

Sabtu, 21/04/2018 14:05 0

Malaysia

Seorang Imam Asal Palestina Ditembak Mati di Malaysia

Seorang Imam Asal Palestina Ditembak Mati di Malaysia

Sabtu, 21/04/2018 13:04 0

Palestina

Pekan Ke-4 Protes Palestina, Peluru Israel Makan Ratusan Korban

Sejak aksi massa The Great March of Return pada 30 Maret dilakukan, warga Gaza rutin menggelar aksi protes setiap Jumat di perbatasan Israel.

Jum'at, 20/04/2018 18:02 0

Amerika

Rusia Ungkap Rencana Trump Undang Putin ke Gedung Putih

Melalui pembicaraan telepon Trum beberapa kali menyampaikan rencana mengundang Putin ke Gedung Putih

Jum'at, 20/04/2018 17:20 0

Close