Turki Jatuhkan Vonis Penjara Seumur Hidup kepada 889 Pengikut Fetullah Gulen

KIBLAT.NET, Ankara – Sekitar 890 orang pengikut Fetullah Gulen dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan Turki, atas tuduhan keterlibatan dalam 135 kasus.

Para pengikut Fatullah Gulen dianggap bertanggung jawab atas percobaan kudeta yang terjadi di Turki pada 15 Juli 2016 silam. Sejak saat itu pemerintahan Recep Tayyip Erdogan melabeli mereka sebagai Organisasi Teror Fetullah (FETO).

FETO dituduh berada di belakang kampanye penggulingan kekuasaan di Turki melalui infiltasi di lembaga-lembaga Turki, khususnya militer, kepolisian, dan pengadilan. Sejak Juli 2016 pihak berwenang Turki melakukan 100.000 penyidikan terhadap mereka.

Hasilnya, sebanyak 285 kasus diajukan ke pengadilan dan hakim telah memutus 137 perkara di antaranya. Pengadilan kemudian menjatuhkan vonis hukuman seumur hidup kapada 889 orang. Sementara sebanyak 504 orang lainnya dijatuhi hukuman mulai dari 14 bulan hingga 20 tahun penjara.

Sebelumnya, Badan Intelijen Turki (MIT) telah memeriksa 4.167 orang yang dituduh terkait FETO. Seorang jaksa pada Kamis (19/04/2018) mengatakan bahwa mereka tersebar di 110 negara.

Gerakan pendukung Gulen dilakukan dengan mendirikan sekolah dan lembaga non pemerintah (NGO). Pembangunan sekolah telah dilakukan sejak 1990 dan jumlahnya kini mencapai 400 unit, termasuk perguruan tinggi.

Sumber: Worldbulletin
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat