... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rumah Sakit Wakaf Khusus Mata Pertama di Indonesia Diresmikan

Foto: Rumah Sakit Mata Achmad Wardi didirikan di atas tanah wakaf yang diamanahkan kepada Badan Wakaf Indonesia (BWI)

KIBLAT.NET, Jakarta — Dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa (DD) telah mendirikan rumah sakit khusus mata di Kota Serang, Banten. Rumah sakit tersebut berdiri di atas tanah wakaf dari keluarga Achmad Wardi yang diamanahkan kepada Badan Wakaf Indonesia sebagai nazhir.

Wakaf tersebut kemudian dikelola oleh Yayasan Dompet Dhuafa, dan diberi nama Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD. Rumah sakit ini termasuk kategori Rumah Sakit Khusus Kelas C.

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD rencananya diresmikan oleh Menteri Kesehatan pada Sabtu (21/04/2018). Karena berhalangan, peresmian dilakukan oleh Wakil Ketua BWi, Yuli Yasin dan Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi.

Mulai hari ini, rumah sakit tersebut akan menerima pasien sakit mata dari kalangan dhuafa maupun umum. Sebelumnya, telah dilaksanakan soft launching pendirian rumah sakit pada 28 September 2017, dan pihak rumah sakit baru sebatas melaksanakan kegiatan sosial layanan kesehatan.

“Selama ini kontribusi wakaf sudah sangat banyak di bidang peribadatan dan pendidikan, melalui tanah-tanah wakaf untuk pembangunan masjid dan sekolah. BWI ingin kontribusi wakaf bagi pembangunan nasional di bidang kesehatan juga besar. Kalau bisa mayoritas rumah sakit di Indonesia adalah wakaf,” kata Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia Yuli Yasin dalam keterangan tertulis, Jumat (21/04/2018).

BACA JUGA  Mantan Napi Teroris: Kita Tidak Punya Celah Lagi Jika Aman dan Perut Kenyang

“Berdasarkan Profil Kesehatan Pemerintah Daerah Banten hingga tahun 2016, di Kota Serang ini terdapat sembilan rumah sakit. Tidak ada rumah sakit khusus mata satu pun. Karena itu, BWI dan DD sepakat rumah sakit ini menjadi RS khusus mata,” tutur Yuli Yasin.

Menurut Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, drg. Imam Rulyawan, MARS, hadirnya RS Mata Achmad Wardi di Serang, Banten, merupakan bagian dari tonggak sejarah. “Karena untuk pertama kalinya nazir BWI dan Dompet Dhuafa bekerjasama di bidang rumah sakit. Ini menjadi momentum pengelolaan wakaf produktif di Indonesia yang memastikan amanah agar aset wakaf tersebut memberikan pahala sepanjang masa bagi orang yang berwakaf (wakif).”

“Selain menjadi tonggak sejarah di Indonesia dalam pengelolaan wakaf produktif, keberadaan RS Mata Achmad Wardi ditargertkan pada tahun 2018 dapat melayani 4.655 jiwa pasien yang terlayani, sementara sebanyak 175 penerima manfaat untuk jatah operasi katarak. Hal ini tidak terlepas dari prevelansi penderita Katarak mencapai 1,5 – 2 persen dari total jumlah penduduk dan memiliki taraf ekonomi bawah,” imbuh Imam.

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD bekerja sama dengan Klinik Mata Utama (KMU), merupakan rumah sakit khusus mata pertama di Kota Serang, Banten. Rumah sakit ini menerapkan teknik operasi tanpa jahit dan menggunakan alat-alat medis terkini, dengan layanan unggulan ‘Vitreoretina” dan “ Cataract Centre”. Selain ini, RS Mata Achmad Wardi juga membuka Unit Gawat Darurat untuk pelayanan kesehatan umum.

BACA JUGA  Tim Mitigasi Kesehatan Muhammadiyah Siap Autopsi Jenazah Petugas KPPS

“Klinik Mata Utama (KMU) berdiri tahun 2010 di Gresik, Jawa Timur. Saat ini, 8 tahun setelah berdiri, telah berkembang di 10 lokasi. Niat awal berdirinya KMU adalah untuk memberikan layanan terbaik bagi penderita gangguan mata, terutama katarak. Indonesia masih menjadi negara dengan penderita kebutaan yang tinggi. Sebagian besar disebabkan katarak yang terlambat ditangani,” kata dr. Uyik Unari, Sp.M. sebagai Direktur Utama KMU.

Provinsi Banten tidak luput dari permasalahan jumlah penderita katarak yang setiap tahun terus meningkat. BWI dan DD mencoba untuk menekan angka penyebab katarak dan kebutaan, terutama pada masyarakat lapisan bawah.

“KMU memiliki tiga prinsip layanan, yakni professional, educational dan social, atau yang disingkat ProEduSocio. Oleh karena itu kami bergerak untuk bekerjasama dengan DD dan BWI di rumah sakit ini,” tutup dr. Uyik Unari, Sp.M.

BWI, DD, dan KMU berharap dapat menciptakan sinergi yang positif bagi masyarakat di wilayah Serang maupun Provinsi Banten. Sinergi untuk memangkas kebutaan akibat katarak dan penyakit mata lainnya, terutama dari kalangan masyarakat lapisan bawah. Dengan demikian, semua warga negara Indonesia mempunyai hak dan akses yang setara atas layanan kesehatan.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Pekan Ke-4 Protes Palestina, Peluru Israel Makan Ratusan Korban

Sejak aksi massa The Great March of Return pada 30 Maret dilakukan, warga Gaza rutin menggelar aksi protes setiap Jumat di perbatasan Israel.

Jum'at, 20/04/2018 18:02 0

Amerika

Rusia Ungkap Rencana Trump Undang Putin ke Gedung Putih

Melalui pembicaraan telepon Trum beberapa kali menyampaikan rencana mengundang Putin ke Gedung Putih

Jum'at, 20/04/2018 17:20 0

Video Kajian

Menghina Syariat Islam Bukan Perkara Ringan

Menghina Syariat Islam Bukan Perkara Ringan. Beliau mendaftar nama-nama itu dan kemudian memerintahkan kepada para sahabat untuk memburu dan membunuh mereka. Simak bagaimana sejarah hukum terhadap para penghina agama Allah itu dalam khutbah Jumat berikut ini.

Jum'at, 20/04/2018 16:47 0

Eropa

Rumania Sebut Israel Miliki Pengaruh Besar di Dunia

Pemerintah Rumania telah mengadopsi sebuah memorandum untuk memindahkan Kedutaan Besar Rumania untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Jum'at, 20/04/2018 16:30 0

Amerika

Penangkapan Pria Kulit Hitam di Starbucks Tandai Rasisme di AS

Penangkapan dua pria kulit hitam di sebuah kedai kopi Starbucks pekan lalu di kota Philadelphia, AS telah memicu kemarahan para pemrotes. Perusahaan raksasa kopi itu disebut melakukan tindakan rasial.

Jum'at, 20/04/2018 14:49 0

Turki

Jika Amerika dan Rusia Berperang, Ke Mana Turki Berpihak?

Surat kabar Rusia Svobodnoye Presa menerbitkan sebuah laporan mengenai posisi Turki jika Barat dan Rusia berperang.

Jum'at, 20/04/2018 13:45 0

Eropa

Ikuti Amerika, Rumania Akan Pindahkan Kedutaan ke Al-Quds

Pemerintahan Perdana Menteri Viorica Dancila menyetujui rencana pemindahan tersebut. Rumania akan menjadi anggota Uni Eropa pertama yang mengikuti jejak AS.

Jum'at, 20/04/2018 11:00 0

Arab Saudi

Didukung AS, Negara Teluk Berlatih Perang Gabungan di Saudi

"Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas strategi pertahanan dan keamanan AS untuk 2018, urusan wilayah dan perang melawan terorisme dan ekstremisme," tambah Kementerian tersebut.

Jum'at, 20/04/2018 10:39 0

Suara Pembaca

Sahdan: MADINA Ajak Semarakkan Dakwah Ramadhan 1439 H/2018 M

MADINA (Majelis Dakwah Islam Indonesia) pada Ramadhan 1439 H/2018 M akan menugaskan lebih dari 75 dai ke 56 daerah di berbagai pelosok Nusantara.

Jum'at, 20/04/2018 09:41 0

Opini

Partai Allah dan Partai Setan, Adakah?

"Golongan setan itu disebutkan sebagai golongan orang yang selalu berdusta, lupa mengingat Allah, suka menentang ajaran Allah dan Rasul-Nya, dan mereka itu adalah golongan orang yang merugi," jelas Zainut di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Jum'at, 20/04/2018 08:57 2

Close