... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rumania Sebut Israel Miliki Pengaruh Besar di Dunia

Foto: Benjamin Netanyahu (kanan) ketika konferensi pers bersama dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Yerusalem pada 7 Maret 2016. (Marc Israel Sellem / POOL)

KIBLAT.NET, Rumania- Pemerintah Rumania telah mengadopsi sebuah memorandum untuk memindahkan Kedutaan Besar Rumania untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Rumania menjadi anggota Uni Eropa pertama yang mengikuti langkah Amerika Serikat itu.

Seperti dikutip dari Romania-insider.com, dalam sebuah acara TV di Antena 3, ketua pertai berkuasa, Partai Demokratis Sosial, Liviu Dragnea mengatakan bahwa keputusan pemerintah itu sepenuhnya didukung.

“Sikap kami ini memiliki nilai simbolis yang besar, pertama-tama, nilai simbolis untuk negara yang memiliki pengaruh besar di dunia, Israel, yang dengannya kita memiliki hubungan khusus selama bertahun-tahun, sebuah negara di mana lebih dari 500.000 orang Rumania tinggal. Ini juga memiliki nilai besar bagi pemerintah AS karena kami adalah negara kedua yang melakukan ini,” kata Dragnea Kamis (19/04/2018).

Dia menambahkan, pemindahan kedutaan besar ke Yerusalem akan membawa keuntungan bagi Rumania. Bagi Dragnea, ini adalah kesempatan berharga yang harus diambil Rumania.

Namun, Kantor Kepresidenan Rumania mengumumkan pada Jumat, (20/04/2018) bahwa presiden belum dibertahu tentang langkah ini. Selain itu, keputusan ini akan diterapkan setelah analisis mendalam dan memperhitungkan semua konsekuensi dan implikasi politik luar negeri. Siaran pers juga menambahkan bahwa menurut konstitusi Rumania, keputusan akhir berada di tangan presiden.

Pekan depan, Perdana Menteri Viorica Dancila akan pergi ke Israel untuk berbicara dengan PM Benjamin Netanyahu tentang memindahkan kedutaan, menurut sumber resmi. Minggu lalu, Dancila melantik dokter pribadi Netanyahu, Herman Berkovitz sebagai penasihat kehormatannya.

Perlu diketahui, Desember 2017, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa negaranya akan memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Itu artinya, AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusan ini memancing kecaman dunia. Selain Rumania, Guatemala telah lebih dahulu memutuskan untuk mengikuti keputusan AS itu. Amerika Serikat berencana membuka kedutaan di Yerusalem pad 14 Mei, adapun Guatemala pada 16 Mei. Rumania belum menetapkan waktu pemindahan kedutaan.

Sumber: Time of Israel, Romania-insider
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

UAS: Memisahkan Agama dari Politik Sama dengan Memisahkannya dari Pernikahan

Memisahkan Agama dari Politik Sama dengan Memisahkannya dari Pernikahan kata Ustadz Abdul Somad

Jum'at, 20/04/2018 15:28 0

Indonesia

Soal Hizbullah dan Hizbusysyaithan, Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad buka suara soal hizbullah dan hizbusysyaithan

Jum'at, 20/04/2018 14:14 0

Suara Pembaca

Sahdan: MADINA Ajak Semarakkan Dakwah Ramadhan 1439 H/2018 M

MADINA (Majelis Dakwah Islam Indonesia) pada Ramadhan 1439 H/2018 M akan menugaskan lebih dari 75 dai ke 56 daerah di berbagai pelosok Nusantara.

Jum'at, 20/04/2018 09:41 0

Opini

Partai Allah dan Partai Setan, Adakah?

"Golongan setan itu disebutkan sebagai golongan orang yang selalu berdusta, lupa mengingat Allah, suka menentang ajaran Allah dan Rasul-Nya, dan mereka itu adalah golongan orang yang merugi," jelas Zainut di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Jum'at, 20/04/2018 08:57 2

Info Event

Mahasiswi Muslim, Ayo Hadiri Kajian Ilmiah Ramadhan FMDKI di Kota Anda

Kajian ini digelar serentak di 27 kota di Indonesia. Catat lokasinya!

Jum'at, 20/04/2018 07:17 0

Indonesia

Sukmawati Temui PWNU Jawa Timur Terkait Kasus Puisi, Ini Hasilnya

Sukmawati bertemu dengan PWNU Jawa Timur terkait kasus puisi Ibu Indonesia yang dinilai menodai Islam

Kamis, 19/04/2018 21:15 0

Opini

Siapa yang Membuat Kita Miskin, Presiden atau Allah?

Siapa yang Membuat Kita Miskin, Presiden atau Allah?

Kamis, 19/04/2018 18:38 5

Indonesia

Zain An-Najah: Jangan Berlebihan Bandingkan Sahabat dengan Pemimpin Hari Ini

“Ada pengibaratan nama-nama sahabat, Umar bin Khattab dan lainnya dalam kepemimpinan hari ini. Hendaknya kita menempatkan sesuatu dalam tempatnya, jangan berlebihan,” ungkapnya kepada Kiblat.net, Rabu (18/04/2018).

Kamis, 19/04/2018 16:40 0

Indonesia

Tahun Ini, Keluarga Bisa Gantikan Calon Jemaah Haji yang Wafat

Kementerian Agama mengeluarkan kebijakan baru dalam penyelenggaraan jemaah haji 1439H/2018M. Kini, calon jemaah haji yang wafat sebelum keberangkatan, bisa digantikan dengan keluarganya.

Kamis, 19/04/2018 16:18 0

Suara Pembaca

Kekurangan Tak Surutkan Niat Keluarga Ini untuk Bantu Sesama

Rimabergabung menjadi relawan S3 (Sedekah Sehari Seribu) bersama relawan lainnya di daerah Kulonprogo.

Kamis, 19/04/2018 15:55 0

Close