... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Serangan AS Ke Suriah, Upaya Trump Alihkan Perhatian Publik dari Kasus Koleganya?

Foto: Presiden AS, Donald Trump.

KIBLAT.NET, Washington – Presiden AS Donald Trump bersama dua koleganya di Inggris dan Perancis pada hari Jumat (13/04) malam pekan lalu memerintahkan serangan ke Suriah. Menurut sejumlah laporan, aksi itu dilakukan sebagai respon atas serangan yang diduga menggunakan senjata kimia oleh rezim Assad di Douma pada hari Sabtu sebelumnya. Douma merupakan wilayah yang di timur laut Damaskus yang dikuasai oposisi.

Meskipun, sehari sebelumnya Trump sempat mengendurkan ancaman dan rencana serangan rudalnya ke Suriah akibat tekanan publik yang hampir semua menentangnya. Namun, pada Jumat pengganti Barrack Obama itu betul-betul “menekan tombol” rudal Tomahawk AS ke Suriah.

Menariknya, serangan rudal Amerika dan sekutu itu dilancarkan menyusul terjadinya lagi “insiden kecil” yang terkait dengan kolega Trump. Kasus tersebut menyangkut status kepresidenan Donald Trump.

Pada hari Senin (09/04), rumah dan kantor milik pengacara pribadi Trump, Michael Cohen, digerebek oleh aparat FBI (Federal Bureau Investigasi). Operasi penggerebekan oleh FBI ini dilakukan di antaranya setelah adanya rekomendasi khusus dari Robert Mueller. Selama ini Mueller terlibat dalam investigasi yang menyelidiki kemungkinan adanya kesepakatan jahat atau kolusi antara tim sukses Trump dengan Rusia saat pilpres AS tahun 2016.

Menurut sejumlah laporan bahwa dalam sidang pengadilan pada hari Jumat akhirnya terungkap Cohen selama berbulan-bulan berada di bawah penyelidikan kejahatan.

BACA JUGA  Jenderal AS: Serangan Udara Tak Lemahkan Al-Shabaab Somalia

Sementara di hari yang sama, muncul dalam sejumlah laporan lain bahwa partner koalisi Trump bernama Elliott Broidy harus membayar 1,6 juta dolar Amerika kepada seorang model yang mengaku telah dihamilinya.

Broidy sendiri yang menjadi penggalang dana utama Partai Republik telah mengakui berselingkuh atas dasar suka sama suka dengan sang model. Ia pun mengaku telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai deputi fundriser (penggalang dana) dalam Konvensi Nasional Partai Republik.

Kesepakatan antara Broidy dengan model selingkuhannya itu di antaranya tidak mengakui Broidy sebagai ayah dari anak model tersebut. Dan menurut laporan, kehamilannya itu kemudian digugurkan atas pilihan sang model sendiri.

Korelasinya adalah, pembayaran uang Broidy diatur oleh Cohen yang juga dilaporkan telah mengatur transaksi sejenis untuk Trump karena terkait dengan model perempuan lainnya. Di luar kasus tersebut, Cohen menjabat sebagai kepala bagian keuangan di Komite Nasional Republikan.

Sejumlah laporan mengungkap bahwa Mueller telah membuktikan Cohen pernah ke Praha (Republik Ceko) pada tahun 2016. Laporan ini disebut juga dalam sebuah dokumen khusus yang muncul ke publik setelah Trump menang pilpres. Dalam “laporan khusus” itu juga mengungkap bahwa tim sukses Trump bekerja sama dengan Rusia untuk memenangi pemilu.

Di pihak lain, Cohen menyangkal berbagai laporan mengenai dirinya. Ia mengatakan tidak pernah melakukan perjalanan ke Republik Ceko. Para pengguna media sosial membandingkan kasus yang sedang panas di Washington ini dengan operasi pemboman Amerika di Iraq tahun 1998.

BACA JUGA  Media: AS Tarik Penuh Pasukan di Suriah pada April 2019

Saat itu, operasi militer tiba-tiba digelar atas perintah Bill Clinton yang tengah menghadapi resiko impeachment yang akan melengserkannya dari kursi kepresidenan. Clinton dituding telah melakukan sumpah palsu saat dilakukan investigasi terkait kasus perselingkuhannya dengan pegawai Gedung Putih, Monica Lewinsky.

Redaktur: YasinMuslim
Sumber: Aljazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jelang Sidang Tuntutan, Ini Harapan Keluarga Alfian Tanjung

Sidang kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa Alfian Tanjung telah memasuki fase tuntutan

Rabu, 18/04/2018 12:07 0

Video Kajian

Tingkatan Kikir dalam Ayat Qur’an

Tingkatan Kikir dalam Ayat Qur'an. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga mengenal ungkapan bakhil, kikir, cekil, pelit, medit dan masih banyak lagi, untuk menyebut sifat itu. Apakah istilah yang berbeda pada Quran memiliki perbedaan maksud atau tingkatan dalam hal ini? Simak penjelasannya di sini!

Rabu, 18/04/2018 11:59 0

Indonesia

Pengacara: Dakwaan Terhadap Alfian Tidak Akan Terbukti

Pengacara Alfian Tanjung mengatakan empat dakwaan yang ditujukan kepada kliennya tidak akan terbukti. Abdullah Al Katiri menilai, pasal-pasal yang didakwakan atas nama partai, bukan golongan. 

Rabu, 18/04/2018 11:19 0

Video Kajian

Orang Saleh yang Celaka

Orang Saleh yang Celaka. Dalam sebuah hadis qudsi dikisahkan Allah swt. memerintahkan malaikat untuk mengazab suatu kaum. Maka malaikat kembali dan berkata "Ya Allah, di negeri itu ada seorang yang selalu beribadah dan saleh." Allah berfirman. "Azablah! Mulailah azabnya dari dia." Mengapa?

Rabu, 18/04/2018 09:48 0

Indonesia

Ini Kata PKS terkait Polemik “Partai Setan”

"Tentu kita hormati Pak Amien Rais sebagai tokoh senior tentang sikap dn pendiriannya, tapi kita ingin statemen-statemen tetap saja dengan menggunakan kalimat yang sesuai dengan etika berbangsa dan bernegara," tukas Jazuli

Rabu, 18/04/2018 08:59 0

Indonesia

Alfian Tanjung Hari Ini Hadapi Sidang Tuntutan

Pakar hukum Prof. Yusril Ihza Mahendra mengatakan, terdapat cukup alasan bagi pengadilan untuk membebaskan Alfian Tanjung dari segala dakwaan atau melepaskannya dari segala tuntutan hukum. Ia menyatakan bahwa perbuatan Alfian bukanlah tindak pidana.

Rabu, 18/04/2018 07:59 0

Indonesia

Soal Perpres Tenaga Asing, Begini Komentar Gerindra

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono mengatakan munculnya Perpres 20/2018 tentang TKA juga dipicu dari kebijakan pemerintah yang memuluskan iklim kapitalisme ekonomi dan politik Cina di Indonesia atas nama pembangunan infrastruktur.

Selasa, 17/04/2018 21:37 0

Indonesia

MUI Akan Lakukan Standarisasi Dai

Ketua Komisi Dakwah MUI, Cholil Nafis mengungkapkan bahwa MUI akan melakukan standarisasi dai. Untuk merealisasikan hal itu, MUI akan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

Selasa, 17/04/2018 21:17 0

Indonesia

Kunjungi Beberapa Negara, MUI Akan Sebarkan Islam Wasathiah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan melakukan kunjungan ke beberapa negara di Asia Tenggara. Menurut Ketua Komisi Dakwah MUI, KH. Cholil Nafis, kunjungan ini membawa beberapa misi menyebarkan Islam washatiah.

Selasa, 17/04/2018 20:54 0

Indonesia

Siswa Protes Soal Matematika UNBK Sulit, KPAI Acungi Jempol

KPAI menilai, apa yang mereka ungkapkan adalah bentuk hak partisipasi anak dalam mengkritisi kebijakan pendidikan yang mereka nilai tak adil.

Selasa, 17/04/2018 20:14 2

Close