Kunjungi Beberapa Negara, MUI Akan Sebarkan Islam Wasathiah

KIBLAT.NET, Jakarta- Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan melakukan kunjungan ke beberapa negara di Asia Tenggara. Menurut Ketua Komisi Dakwah MUI, KH. Cholil Nafis, kunjungan ini membawa beberapa misi menyebarkan Islam wasathiah.

“Kita punya taujihat tentang Islam wasathiah, Islam yang moderat, tidak ifrad dan tafrid. Tidak berlebihan tidak dikurangi. Kita akan sebarkan itu,” katanya kepada Kiblat.net di Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (17/04/2018).

Ia menyebutkan bahwa MUI telah mempunyai metodologi Islam wasathiah. Kita, lanjutnya, juga ada pemahaman Islam yang sifatnya dinamis, semua akomodasi dari perkembangan.

“Itu kelebihan kita sehingga Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau terhimpun dari beberapa etnis dan suku, kita bisa membangun harmoni dan ini perlu disebarkan,” jelasnya.

Cholil mengungkapkan, selain menyebarkan islam wasathiah, MUI ingin menyebarkan rasa ukhuwah. Baik ukhuwah insaniyah (kemanusiaan.red), ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah (antar warga negara).

Menurutnya, tujuan akhir dari kunjungan ini adalah terbetuknya organisasi dai serumpun. Ia menegaskan, lewat organisasi tersebut nantinya para dai akan bersatu dan membangun kesepahaman.

“Endingnya nanti akan terbentuk organisasi dai serumpun. Yang bersatu dan membangun kesepahaman,” tuturnya.

Terakhir, ia memaparkan ada delapan perwakilan dari MUI yang akan berangkat ke beberapa negara. Negara yang dikunjungi adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam. Sedangkan waktunya sejak tanggal 7-15 Mei.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat