... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dari Serambi Mekah, 1.000 Ton Beras Diberangkatkan ke Suriah

Foto: Truk bermuatan beras untuk rakyat Suriah diberangkatkan dari Banda Aceh.

KIBLAT.NET, Aceh – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 1.000 ton beras yang akan diberangkatkan ke Suriah, Ahad (15/04/2018).

Bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia itu dibawa dengan truk besar dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, menuju ke pelabuhan Belawan, Medan.

Presiden ACT Ahyudin mengatakan, pengiriman bantuan 1.000 ton beras sebelumnya telah dilakukan untuk Palestina. Begitu pula dengan Suriah, rencana pengiriman tidak akan berhenti pada hari ini.

“Aceh segera mengirimkan 1.000 ton beras ke Suriah pada tahap pertama, diikuti oleh tahap-tahap berikutnya. Masyarakat Turki sudah tahu sekarang bahwa ada 1.000 ton beras dari Aceh,” kata Ahyudin seperti dilansir Islam News Agency (INA), kantor berita yang diinisiasi JITU.

Kepala Cabang ACT Aceh Husaini Ismail mengatakan, dari Medan, kapal kemanusiaan itu akan bertolak menuju Turki.

Lebih lanjut Husaini menjelaskan, Aceh dipilih sebagai lokasi pemberangkatan dikarenakan nilai historis kota tersebut serta kedekatannya dengan dengan Turki.

Sebelum acara pelepasan bantuan, ribuan masyarakat Aceh mendengar para tokoh agama berkhotbah tentang keutamaan Aceh dan warganya yang ringan bersedekah.

“Aceh telah membesarkan Indonesia dengan seribu ton beras. Sejarah akan mencatat. Peradaban sudah ada di negeri ini,” ucap dai asal Papua, Ustadz Fadlan Garamatan.

Dengan nada yang menggebu-gebu, Ustadz Fadlan juga menyeru agar masyarakat dan pemerintah menjaga semangat kemanusiaan terhadap sesama.

BACA JUGA  Sikap Pemerintah Soal Harga Telur Terkesan Meremehkan

Sementara Syaikh Ali Jaber dalam tausiyahnya menjelang Maghrib berhasil membuat warga yang hadir hanyut dalam nasihat dan pengakuan tentang kemuliaan bangsa Indonesia di mata kaum Muslimin.

“Baru saya paham mengapa Allah bawa saya dari Madinah ke Indonesia. Di Palestina, pemuda-pemudi di sana bisa berbahasa Indonesia,” tutur Ali Jaber bercerita mengenai pengalamannya ke Palestina.

“Mengapa mereka begitu mencintai Indonesia? Jawabnya sederhana, karena Indonesia sangat mencintai bangsa Palestina. InsyaAllah lewat Aceh, Indonesia akan bangkit lewat kemakmuran,” ucapnya.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah, Presiden ACT Ahyudin, Syaikh Ali Jaber, dan Ustadz Bobby Herwibowo bersiap melepas keberangkatan 1.000 ton beras untuk rakyat Suriah dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Ahad (15/04/2018).

Reporter: Syahrain F (JITU)
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Trump Bilang “Misi (Serangan di Suriah) Selesai”, Apa Maksudnya?

Pernyataan Trump di Twitter muncul beberapa jam setelah pasukan AS, Perancis dan Inggris melancarkan serangan terhadap tiga target yang disebut sebagai basis senjata kimia Assad di Suriah.

Senin, 16/04/2018 11:44 0

Rusia

Pasca Ungkap Tentara Bayaran Wagner di Suriah, Jurnalis Rusia Bunuh Diri?

Borodin menulis untuk situs berita Novy Den tentang kejahatan dan korupsi. Dia baru-baru ini membantu mengungkap cerita kematian tentara bayaran Rusia Wagner Group dari Asbest yang tewas di Suriah pada bulan Februari.

Senin, 16/04/2018 10:38 0

Info Event

Amanatul Ummah Poso Gelar Lomba Olahraga Antar Majelis Taklim

Apresiasi disampaikan kepada bidang dakwah Yayasan Wakaf Amanatul Ummah karena telah mengadakan kegiatan lomba.

Senin, 16/04/2018 09:41 0

Suriah

Sebelum Serang Suriah, AS ke Oposisi: Ini Bukan Perang terhadap Assad

“kami tidak dalam perang menghadapi rezim. Janganlah kalian menggelar operasi menyerang pasukan rezim. Jika di antara kalian ada yang menyerang, kalian tidak dapat dukungan lagi dari pasukan koalisi.”

Senin, 16/04/2018 08:46 0

Inggris

Inggris: Tak Ada Rencana Serangan Lanjutan ke Suriah

Jika Assad kembali menggunakan senjata kimia, lanjutnya, pihaknya baru akan membahas pilihan-pilihan tindakan.

Senin, 16/04/2018 07:14 0

Palestina

Empat Warga Palestina Tewas Akibat Ledakan di Gaza

Empat warga Palestina dari kelompok Jihad Islam tewas akibat suatu ledakan yang tak disengaja di perbatasan Gaza-Israel. Insiden yang terjadi pada Sabtu (14/04/2018) itu dibenarkan oleh kelompok Jihad Islam.

Ahad, 15/04/2018 20:53 0

Turki

Erdogan Dukung Serangan AS, Prancis dan Inggris ke Suriah

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik serangan gabungan terhadap Suriah. Ia berpendapat operasi ini mensiratkan pesan untuk Presiden Bashar Al Assad.

Ahad, 15/04/2018 18:36 0

Myanmar

Tak Ada Jaminan Bagi Pengungsi Rohingya yang Dipulangkan

PBB dan lembaga HAM mengkritisi bahwa belum ada jaminan keamanan bagi korban yang dipulangkan mengingat kondisi di Rakhine masih belum aman bagi Rohingya.

Ahad, 15/04/2018 18:04 0

Myanmar

Myanmar Sebut Pulangkan Keluarga Pertama Pengungsi Rohingya

Pemerintah Myanmar menyatakan telah memulangkan satu keluarga dari 700 ribu pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh

Ahad, 15/04/2018 17:33 0

Amerika

Kurangi Bad Mood dengan Olahraga 10 Menit Per Pekan

Tidak ada jenis latihan atau olahraga khusus yang lebih meningkatkan efektifitas. Banyak jenis olahraga yang efeknya sama.

Ahad, 15/04/2018 11:34 0

Close