... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kisah Pengayuh Becak dan Masyarakat Aceh Bantu Rakyat Suriah

Foto: Ahad (15/4/2018), ribuan masyarakat Aceh berbondong-bondong melepas keberangkatan 1000 ton beras dari tanah Aceh menuju Suriah. (Foto: JITU)

KIBLAT.NET, Aceh- Sore ini Ahad (15/4/2018), ribuan masyarakat Aceh berbondong-bondong menghadiri acara tabligh akbar di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh.

Mereka tidak hanya datang untuk mendengar untaian nasihat dari para ulama, tetapi juga akan melepas keberangkatan 1000 ton beras dari tanah Aceh menuju Suriah.

Bantuan dari masyarakat Indonesia itu akan disalurkan melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kepala Cabang ACT Aceh, Husaini Ismail menjelaskan, tim pengiriman bantuan akan menempuh jalur darat menuju kota Medan sebelum diberangkatkan ke tujuan, yakni transit di Turki lalu menuju Suriah.

“1000 ton yang terdiri dari 40 kontainer itu akan dibawa konvoi ke Medan. Setelah kita lepas di Masjid Raya Baiturrahman, (tim) akan menempuh jalan darat ke pelabuhan Belawan, kemudian menuju Turki,” jelasnya.

Husaini menyaksikan, meskipun terbentang jarak ribuan kilometer antara Aceh dengan Suriah, namun, masyarakat di kota yang dijuluki Serambi Mekkah itu seperti memiliki keterikatan dengan penduduk Syam.

Ikatan emosional itu yang menurutnya membuat masyarakat hingga pengayuh becak antusias membantu penduduk Suriah dengan apa yang mereka miliki.

“Tadi pagi ada ibu-ibu bawa enam karung (beras). Lalu ada tukang becak datang, ‘boleh ga saya menyumbang ala kadarnya?’, saya katakan boleh berapa saja kita terima,” tutur Husaini.

Cerita kemanusiaan itu juga dituturkan oleh Senior Staff Marketing ACT cabang Aceh Lisdayanti. Selama beberapa hari, Lisda berupaya menggalang bantuan dari para orang tua murid ke sekolah-sekolah.

BACA JUGA  Krisis Muslim Uighur Jauh Lebih Buruk dari yang Anda Bayangkan

Dari penggalangan itu Lisda berhasil memperoleh bantuan berupa uang sebesar 17 juta rupiah yang dia sebutkan akan digunakan untuk operasional dapur rakyat di Suriah.

Namun, pagi ini, dia kembali menyaksikan bagaimana rasa kepedulian begitu mudah ditemui pada rakyat Aceh.

“Alhamdulillah, direncanakan hari ini menyerahkan 27 juta. Tapi setelah saya sosialisasikan lagi, jadi bertambah 19 juta. Penggalangan tadi jadi total 46 juta,” tutur Lisda.

“Mereka itu teringat terhadap anak-anak mereka sendiri (ketika melihat anak-anak Suriah). Jadi mereka bersedekah sebagai tanda syukur bisa menikmati berbagai macam nikmat pada hari ini,” tutup Lisda.

Tabligh akbar ini dihadiri oleh Syaikh Ali Jaber dan Ustadz Herwibowo. Hadir pula para tokoh agama dari Aceh dan Papua, di antaranya Ustadz Fadlan Garamatan, Tengku H.M. Yusuf AW, Tengku H. Zamhuri Ramli, dan Tengku H. Nuruzzahri.

Reporter: Syahrain (JITU)
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Empat Warga Palestina Tewas Akibat Ledakan di Gaza

Empat warga Palestina dari kelompok Jihad Islam tewas akibat suatu ledakan yang tak disengaja di perbatasan Gaza-Israel. Insiden yang terjadi pada Sabtu (14/04/2018) itu dibenarkan oleh kelompok Jihad Islam.

Ahad, 15/04/2018 20:53 0

Turki

Erdogan Dukung Serangan AS, Prancis dan Inggris ke Suriah

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik serangan gabungan terhadap Suriah. Ia berpendapat operasi ini mensiratkan pesan untuk Presiden Bashar Al Assad.

Ahad, 15/04/2018 18:36 0

Myanmar

Tak Ada Jaminan Bagi Pengungsi Rohingya yang Dipulangkan

PBB dan lembaga HAM mengkritisi bahwa belum ada jaminan keamanan bagi korban yang dipulangkan mengingat kondisi di Rakhine masih belum aman bagi Rohingya.

Ahad, 15/04/2018 18:04 0

Myanmar

Myanmar Sebut Pulangkan Keluarga Pertama Pengungsi Rohingya

Pemerintah Myanmar menyatakan telah memulangkan satu keluarga dari 700 ribu pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh

Ahad, 15/04/2018 17:33 0

Amerika

Kurangi Bad Mood dengan Olahraga 10 Menit Per Pekan

Tidak ada jenis latihan atau olahraga khusus yang lebih meningkatkan efektifitas. Banyak jenis olahraga yang efeknya sama.

Ahad, 15/04/2018 11:34 0

Yaman

AS Serang Suriah, Pemberontak Hutsi Ancam Bom Arab Saudi

Pemimpin senior dari kelommpok pemberontak Syiah Hutsi di Yaman berniat membombardir Arab Saudi untuk merespon serangan koalisi AS ke Suriah.

Ahad, 15/04/2018 11:00 0

Suriah

Media Iran Muat Video Hoax soal Serangan Koalisi AS di Suriah

Video yang dimaksud aslinya adalah video serangan artileri di Ukraina, tepatnya di kota Luhansk pada Februari 2015 silam.

Ahad, 15/04/2018 08:28 0

Manhaj

Bukan Fiksi, Al-Qur’an Otentik Hingga Akhir Zaman

Umat Islam meyakini Al-Qur’an adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam.

Ahad, 15/04/2018 07:43 0

Amerika

Rusia: Serangan AS di Suriah Tak Timbulkan Korban Sipil Maupun Militer

Militer Rusia menegaskan, Sabtu (14/04), serangan Amerika Serikat dan sekutunya terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah tidak menyebabkan jatuhnya korban, sipil maupun militer.

Sabtu, 14/04/2018 20:55 0

Suriah

Reuters: Lokasi Suriah yang Disasar Rudal AS Sudah Dikosongkan

“Kami telah menerima peringatan dini dari Rusia. Jauh-jauh hari seluruh lokasi militer telah dikosongkan,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

Sabtu, 14/04/2018 20:11 0

Close