... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dewan Pers: Isi Khutbah Tidak Bisa Langsung Jadi Berita

Foto: Gedung Dewan Pers

KIBLAT.NET, Jakarta – Isi khutbah atau ceramah keagamaan sebaiknya tidak langsung disajikan secara mentah oleh kalangan pers sebagai berita. Demikian diungkapkan anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi seperti dikutip dari Republika, Ahad (15/04/2018).

“Kami dari Dewan Pers tidak menganjurkan apa disampaikan sebagai isi khutbah langsung dihadirkan menjadi berita oleh teman-teman pers,” ujar Jimmy saat menjadi pembicara dalam acara media gathering yang diselenggarakan Bawaslu RI di kawasan Sentul, Bogor.

Jimmy mengatakan kalangan pers harus dapat menghormati substansi sebuah khutbah. Dia menilai, ceramah keagamaan bersifat privat walaupun berlangsung di tempat terbuka, atau ada media serta alat pengeras suara yang membuat ceramah itu terdengar ke mana-mana. “Kecuali kalau memang itu ceramah nonkeagamaan dan disampaikan di depan publik,” ucap dia.

Jika kalangan pers ingin mengutip sebuah ceramah keagamaan, kata Jimmy, maka materi atau isi ceramah keagamaan yang dianggap menarik, dapat diklarifikasi kepada penceramah dengan wawancara setelah ceramah usai serta mencari narasumber lain sebagai pembanding atau pelengkap.

“Prinsip jurnalistik 5W+1H harus diperdalam. Yang namanya isi khutbah, tidak pernah ada unsur 5W+1H, karena itu sepihak dari pengkhutbah, penceramah atau rohaniawan. Makanya kami dari Dewan Pers tidak pernah menganjurkan isi khutbah bulat-bulat dijadikan berita,” ujar dia.

Dia mengingatkan, bahwa khutbah selalu dipenuhi dengan pesan rohani, hubungan manusia dengan Tuhan. Seandainya ada isi khutbah yang menyangkut persoalan sosial, atau politik, pasti dibungkus dalam konteks keagamaan.

BACA JUGA  Mantan PM Malaysia Najib Razak Dibebaskan Bersyarat

Sementara sebuah berita tidak hanya menyangkut satu orang, melainkan juga menyangkut orang banyak. “Kewajiban Anda mengecek, mengonfirmasi dan verifikasi dari pihak lain,” kata dia.

Sumber: Republika.co.id
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Media Iran Muat Video Hoax soal Serangan Koalisi AS di Suriah

Video yang dimaksud aslinya adalah video serangan artileri di Ukraina, tepatnya di kota Luhansk pada Februari 2015 silam.

Ahad, 15/04/2018 08:28 0

Manhaj

Bukan Fiksi, Al-Qur’an Otentik Hingga Akhir Zaman

Umat Islam meyakini Al-Qur’an adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam.

Ahad, 15/04/2018 07:43 0

Amerika

Rusia: Serangan AS di Suriah Tak Timbulkan Korban Sipil Maupun Militer

Militer Rusia menegaskan, Sabtu (14/04), serangan Amerika Serikat dan sekutunya terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah tidak menyebabkan jatuhnya korban, sipil maupun militer.

Sabtu, 14/04/2018 20:55 0

Suriah

Reuters: Lokasi Suriah yang Disasar Rudal AS Sudah Dikosongkan

“Kami telah menerima peringatan dini dari Rusia. Jauh-jauh hari seluruh lokasi militer telah dikosongkan,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

Sabtu, 14/04/2018 20:11 0

Turki

Seperempat Siswa Terbaik di Turki Diproyeksikan ke Sekolah Islam

Imam Hatib Lisesi (IHL) merupakan sekolah kejuruan setingkat SLTA yang mencetak para kader imam dan Khatib Jumat resmi yang dibiayai pemerintah.

Sabtu, 14/04/2018 15:48 0

Suriah

Dari 120 Serangan, Suriah Klaim Tangkis 13 Rudal AS dan Sekutu

Angkatan udara Suriah menyatakan telah menembak jatuh 13 rudal yang ditembak ke gudang senjata ke Damaskus.

Sabtu, 14/04/2018 14:03 0

Suriah

Dalih Senjata Kimia, Sabtu Dini Hari Serangan AS Hantam Suriah

AS, Inggris dan Perancis akhirnya melancarkan serangan ke tiga lokasi di Suriah pada Sabtu dini hari. Operasi ini berlansung sepekan pasca terjadinya serangan kimia yang menewaskan lebih dari 70 jiwa di Douma, Ghouta Timur.

Sabtu, 14/04/2018 13:13 0

Suriah

Donald Trump Umumkan Serangan ke Suriah Resmi Dimulai

Presiden AS Donald Trump secara resmi telah memerintahkan serangan udara ke Suriah.

Sabtu, 14/04/2018 12:14 0

Amerika

Rencana Serangan Trump ke Suriah Mengendur, Kenapa?

Rencana Amerika Serikat menyerang Suriah mengendur setelah sebelumnya Donald Trump memperingatkan Rusia supaya bersiap menghadapi serangan rudal AS

Sabtu, 14/04/2018 10:18 0

Khazanah

Inilah Peristiwa yang Dialami Nabi Saat Isra Mi’raj

KIBLAT.NET - Isra Mi’raj ialah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dari Masjid Haram di Makah menuju ke Masjid Al-Aqsa di Yerussalem. Kemudian dilanjutkan menuju lapisan langit tertinggi lalu ke Sidratul Muntaha dengan tujuan menerima wahyu dari Allah Ta’ala. 

Sabtu, 14/04/2018 08:15 0

Close