... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Seperempat Siswa Terbaik di Turki Diproyeksikan ke Sekolah Islam

KIBLAT.NET, Istanbul – Hampir seperempat dari jumlah pelajar terbaik di seluruh Turki yang tahun ini akan memasuki tingkat sekolah yang lebih tinggi diproyeksikan melanjutkan studi ke sekolah-sekolah Imam Hatib. Demikian pernyataan resmi Menteri Pendidikan pada hari Kamis (12/04).

Sekolah Imam Hatib yang dalam bahasa Turki disebut Imam Hatib Lisesi (IHL) merupakan sekolah kejuruan setingkat SLTA yang mencetak para kader imam dan Khatib Jumat resmi yang dibiayai pemerintah. Di masa Erdogan, IHL dibangun secara besar-besaran sebagai pengganti madrasah-madrasah yang dipaksa tutup sejak era Kemal Ataturk.

Menyusul pengumuman Menteri Pendidikan tersebut, kalangan sekuler di Turki bereaksi dan mengkritik langkah pemerintah yang memprioritaskan pendidikan Islam tersebut dinilai tidak adil.

Sekitar 10 persen teratas dari para siswa terbaik Turki saat ini sedang berada di tahun terakhir sekolah menengah. Mereka semua diproyeksikan melanjutkan studi ke sekolah-sekolah favorit yang sudah terseleksi setelah melalui suatu sistem baru ujian masuk sekolah pada bulan Juni nanti. Hal itu sesuai dengan draf reformasi di dunia pendidikan sebagaimana amanat Presiden Erdogan.

Erdogan pernah mengatakan salah satu target yang ia inginkan adalah mencetak sebuah “generasi yang shalih” di negara mayoritas Muslim seperti Turki, termasuk memperbanyak jumlah siswa/pelajar di sekolah-sekolah Imam Hatib. Sekolah kejuruan IHL ini didirikan untuk mendidik & melatih para imam dan pendakwah di masa depan. Selama enam tahun terakhir, jumlah siswa yang belajar di IHL meningkat lima kali lipat hingga mencapai 1,3 juta pelajar.

BACA JUGA  KTT Ankara: Turki, Rusia dan Iran Sepakat Gencatan Senjata di Suriah

Merujuk pada panduan sistem terbaru ujian masuk sekolah di situs resmi Kementerian Pendidikan, sekitar 300 dari 1.367 sekolah pilihan yang akan menampung siswa yang lulus seleksi ujian masuk adalah sekolah Imam Hatib.

Saat wawancara dengan penyiar CNN Turki, Menteri Pendidikan Ismet Yilmaz mengatakan secara prosentase alokasi sekolah diniyah termasuk rendah jika dibandingkan dengan 62 persen jatah untuk sekolah-sekolah umum & jurusan sains.

“Memangnya setiap siswa akan masuk ke sekolah Imam Hatib semua? Itu terlalu berlebihan”, kata Yilmaz. “Kami perkirakan yang akan ke Imam Hatib sekitar 23 persen. Dua puluh tiga persen tidak lebih besar dari 62 persen,” kata Yilmaz menjelaskan.

“Kita tidak memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu hal. (Dan) para orang tua tidak perlu mengirim anak-anak mereka ke sekolah-sekolah khusus tertentu,” imbuhnya.

Menurut laporan Reuters edisi Januari, jumlah sekolah Imam Hatib mencapai 11 persen dari seluruh populasi sekolah menengah di Turki dan mereka menerima 23 persen alokasi dana pendidikan di tahun 2018 ini.

Sumber: Reuters
Redaktur: YasinMuslim

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Taliban Serbu Pusat Distrik Khwaja Omari di Tenggara Afghanistan

Pejuang Taliban dilaporkan kembali menyerbu sebuah distrik, yaitu Khwaja Omari, di bagian tenggara Afghanistan

Sabtu, 14/04/2018 14:24 0

Khazanah

Inilah Peristiwa yang Dialami Nabi Saat Isra Mi’raj

KIBLAT.NET - Isra Mi’raj ialah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dari Masjid Haram di Makah menuju ke Masjid Al-Aqsa di Yerussalem. Kemudian dilanjutkan menuju lapisan langit tertinggi lalu ke Sidratul Muntaha dengan tujuan menerima wahyu dari Allah Ta’ala. 

Sabtu, 14/04/2018 08:15 0

Indonesia

KSPI: Perpres Tenaga Kerja Asing Sulitkan Rakyat

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menilai Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) tidak memihak kepada rakyat.

Jum'at, 13/04/2018 16:58 0

Indonesia

LPMA Rilis Font Standar Indonesia untuk Penulisan Al Quran

Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) telah merilis font (jenis huruf) penulisan mushaf Al Quran standar Indonesia.

Jum'at, 13/04/2018 16:19 0

Indonesia

DPR Minta Pemerintah Kaji Rencana Impor Dosen Asing

Bamsoet berharap agar Komisi X DPR mendorong Kemenristekdikti untuk membenahi terlebih dahulu permasalahan-permasalahan dosen yang masih ada.

Jum'at, 13/04/2018 14:23 0

Suara Pembaca

Mari Bantu Pembangunan Rumah Keluarga Muslim Layak Huni

Riyadi dan ketiga anaknya saat ini tinggal di rumah yang sangat tidak layak huni, ketika hujan turun hampir bisa dipastikan seluruh bagian rumahnya akan bocor, belum lagi hembusan angin masuk melalui celah dinding rumah yang berbuat dari anyaman bambu.

Jum'at, 13/04/2018 13:03 0

Indonesia

Perpres Tenaga Kerja Asing Dinilai Berbahaya, Ini Alasannya

Arya Sandhiyudha mengatakan kaitan TKA dengan kebijakan orang asing secara umum memiliki celah besar dalam banyak aspek.

Jum'at, 13/04/2018 11:50 0

Indonesia

Situasi Suriah Dinilai Membaik Pasca Tumbangnya ISIS

Dino Patti Djalal dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menilai bahwa situasi keamanan di Suriah semakin membaik pasca dikalahkannya organisasi Islamic State in Iraq and Syria (ISIS). 

Jum'at, 13/04/2018 11:11 0

Indonesia

FPCI: Serangan AS ke Suriah Bisa Memperkeruh Suasana

Serangan Amerika Serikat dinilai akan memperkeruh situasi di Suriah. Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Pati Djalal berharap hal itu tidak terjadi.

Jum'at, 13/04/2018 10:31 0

Suara Pembaca

Doa dan Donasi untuk Ananda Umar

Setelah menjalani operasi Tonggue-Tie beberapa waktu yang lalu, Adik Umar, putra dari Bapak Faruq Nurani, Penggiat Gerakan Ngaji Gratis dan penggerak Gerakan Peduli Guru Ngaji, kembal diuji dengan sakit.

Jum'at, 13/04/2018 10:18 0

Close