... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perpres Tenaga Kerja Asing Dinilai Berbahaya, Ini Alasannya

Foto: Ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China juga didatangkan untuk bekerja di Pabrik Semen Maruni, Distrik Manokwari Selatan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing dinilai berbahaya terkait perizinan, rangkap pekerjaan dan lemahnya celah pengawasan yang berdampak pada keamanan nasional.

Jubir PKS Muda Bidang Polugri, Arya Sandhiyudha mengatakan kaitan TKA dengan kebijakan orang asing secara umum memiliki celah besar dalam banyak aspek. Misalnya kebijakan bebas visa, yang awalnya tujuannya berwisata tetapi tiba-tiba beralih menjadi Tenaga Kerja Asing.

“Perpres ini berbahaya, kemudahan bagi masuknya orang asing ternyata dipicu oleh kebijakan pemerintahnya sendiri,” katanya dalam diskusi bertajuk “Pengangguran Banyak, Jokowi Impor Tenaga Kerja” di Kantor DPP PKS Jakarta, Kamis (12/04/2018).

Dia juga mengatakan bahwa lahirnya perpres tersebut berdampak pada keamanan nasional. Sejak 2011 UU keimigrasian dialihkan ke persoalan administrasi padahal sebelumnya persoalan migrasi di lihat melalui intelejensi.

“Peralihan inilah yang menjadi pembuka pintu masuknya orang asing ke Indonesia. Padahal dahulu orang asing diawasi dengan pengawasan intelijen, sebab berpotensi memicu masalah sosial dan kejahatan transaksional,” ujarnya.

Arya minta pemerintah untuk tidak melihat orang asing hanya sebagai peluang meningkatkan kunjungan wisatawan. Persoalan orang asing tidak cukup diawasi hanya melalui administrasi, tetapi perlu insting intelijen demi memperkuat keamanan nasional.

“Sangat disayangkan orang asing asal Cina sangat banyak masuk ke Indonesia ditambah diberikannya kebijakan bebas visa, tetapi TK Indonesia sulit masuk ke Cina dan tidak mendapatkan bebas visa. Ada kesepakatan yang tidak sesuai dilakukan oleh Cina,” pungkasnya.

BACA JUGA  Ini Alasan Jaksa Tunda Bacakan Tuntutan Alfian Tanjung

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Doa dan Donasi untuk Ananda Umar

Setelah menjalani operasi Tonggue-Tie beberapa waktu yang lalu, Adik Umar, putra dari Bapak Faruq Nurani, Penggiat Gerakan Ngaji Gratis dan penggerak Gerakan Peduli Guru Ngaji, kembal diuji dengan sakit.

Jum'at, 13/04/2018 10:18 0

Irak

Bom Meledak di Pemakaman Milisi Syiah Iraq, Belasan Pelayat Tewas

Seorang pejabat setempat, Shalahudin Al-Syaklani, mengatakan bahwa ledakan terjadi dua kali.

Jum'at, 13/04/2018 09:30 0

Amerika

Gedung Putih: Belum Ada Keputusan Menyerang Suriah

AS masih terus menggalang dukungan negara-negara sekutu untuk menyerang Suriah.

Jum'at, 13/04/2018 08:23 0

Suriah

Pengamat: Serangan AS ke Suriah Tak Akan Banyak Untungkan Oposisi

"Namun secara militer, dominasi dan kontrol pihak-pihak internasional terhadap faksi-faksi oposisi mencegah inisiatif membuka pertempuran apapun,” jelas Nashar kepada Arabi21.com.

Jum'at, 13/04/2018 07:13 0

Rusia

Balas Ancaman Trump, Rusia: Kami Tidak Berdiplomasi Lewat Twitter

Rusia meyakini AS sengaja membuat tudingan soal senjata kimia sebagai justifikasi bagi Washington untuk menyerang Suriah.

Jum'at, 13/04/2018 06:09 0

Amerika

Trump: Serangan ke Suriah Bisa Jadi Lebih Cepat

Presiden AS Donald Trump kembali berkicau di akun Twitternya bahwa dia tidak pernah mengatakan kapan serangan terhadap Suriah akan terjadi. Katanya, serangan itu bisa terjadi kapan saja.

Kamis, 12/04/2018 20:45 0

Suriah

Putin-Netanyahu dan Trump-Erdogan Bersamaan Bahas Suriah Lewat Telepon

Pada hari Rabu (11/04/2018) terjadi percakapan antara empat pemimpin negara yang membicarakan kondisi Suriah melalui sambungan telepon.

Kamis, 12/04/2018 17:51 0

Suriah

5 Pertanyaan Penting Tentang Rencana Serangan AS ke Suriah

Menanggapi kasus ini sejumlah analis melontarkan pandangan mereka terkait langkah AS tersebut. Berikut 5 pertanyaan penting yang dijawab oleh analis perang dunia:

Kamis, 12/04/2018 16:49 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Nasihat Mujarab Untuk Hadapi Kematian

Khutbah Jumat: Nasihat Mujarab Untuk Hadapi Kematian. Orang yang berzina itu imannya hilang saat melakukannya. Setelah itu, entah kembali atau tidak keimanan pada pelakunya. Lalu bagaimana dengan orang yang mati di lokalisasi, yang sering kita dengar kadang dalam kondisi tanpa busana dan sebagainya?

Kamis, 12/04/2018 15:20 0

News

Serangan Gas Beracun Israel Bikin Warga Gaza Hilang Kesadaran

Laporan juga mengungkapkan bahwa pasukan Israel menargetkan alat vital pengunjuk rasa Gaza agar kehilangan kesuburan.

Kamis, 12/04/2018 14:52 0

Close