... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LPMA Rilis Font Standar Indonesia untuk Penulisan Al Quran

Foto: Ilustrasi: Font LPMQ Isep Misbah

KIBLAT.NET, Jakarta- Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) telah merilis font (jenis huruf) penulisan mushaf Al Quran standar Indonesia. Jenis huruf yang diberi nama Font LPMQ Isep Misbah ini dirilis pada 28 Maret 2018 bersaman dengan rilis Aplikasi Quran Kemenag versi terbaru.

Ketua Tim IT LPMQ Zarkasyi mengatakan bahwa Font LPMQ Isep Misbah merupakan font arab yang dikembangkan sesuai dengan Unicode Arabic Script yang mengandung huruf-huruf standar dan diakritik yang lazim dalam abjad dan numeralia Arab.

“Font ini dibuat dan didedikasikan khusus untuk penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia sehingga di dalamnya terdapat penyesuaian dan penambahan karakter khas yang hanya ada dalam Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia,” terang Zarkasyi di Jakarta, Jumat (13/04/2018).

“Sumber dan bentuk karakter huruf dan angka arab dalam font ini berasal dari tulisan tangan kaligrafer H. Isep Misbah, MA yang dikembangkan oleh Tim IT LPMQ,” sambungnya.

Menurut Zarkasyi, font ini didedikasikan untuk mendukung penulisan Mushaf Standar Indonesia yang menggunakan rasm usmani, tanda baca, dan tanda wakaf khusus. “Font ini juga akan diintegrasikan dengan office dengan nama Quran In Word yang sebentar lagi akan dilaunching,” jelasnya.

Font ini, lanjut Zarkasyi, dapat digunakan semua pengembang aplikasi Alquran secara gratis. Selain pengembang aplikasi, font ini juga bisa digunakan masyarakat umum.

“Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi Tim IT LPMQ yang berkantor di Bayt Alquran TMII,” tuturnya.

BACA JUGA  Tumpahan Minyak Pertamina Tewaskan Nelayan

“Semoga ini menjadi amal jariyah kita semua. Amin,” harapnya.

Sumber: Kemenag
Redaktur: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Arab Saudi CS Keukeuh Qatar Harus Penuhi 13 Tuntutan

Para Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain mengadakan pertemuan di sela-sela KTT Liga Arab ke-29 pada Kamis (12/04/2018) di Riyadh.

Jum'at, 13/04/2018 15:05 0

Suara Pembaca

Mari Bantu Pembangunan Rumah Keluarga Muslim Layak Huni

Riyadi dan ketiga anaknya saat ini tinggal di rumah yang sangat tidak layak huni, ketika hujan turun hampir bisa dipastikan seluruh bagian rumahnya akan bocor, belum lagi hembusan angin masuk melalui celah dinding rumah yang berbuat dari anyaman bambu.

Jum'at, 13/04/2018 13:03 0

Suara Pembaca

Doa dan Donasi untuk Ananda Umar

Setelah menjalani operasi Tonggue-Tie beberapa waktu yang lalu, Adik Umar, putra dari Bapak Faruq Nurani, Penggiat Gerakan Ngaji Gratis dan penggerak Gerakan Peduli Guru Ngaji, kembal diuji dengan sakit.

Jum'at, 13/04/2018 10:18 0

Irak

Bom Meledak di Pemakaman Milisi Syiah Iraq, Belasan Pelayat Tewas

Seorang pejabat setempat, Shalahudin Al-Syaklani, mengatakan bahwa ledakan terjadi dua kali.

Jum'at, 13/04/2018 09:30 0

Amerika

Gedung Putih: Belum Ada Keputusan Menyerang Suriah

AS masih terus menggalang dukungan negara-negara sekutu untuk menyerang Suriah.

Jum'at, 13/04/2018 08:23 0

Suriah

Pengamat: Serangan AS ke Suriah Tak Akan Banyak Untungkan Oposisi

"Namun secara militer, dominasi dan kontrol pihak-pihak internasional terhadap faksi-faksi oposisi mencegah inisiatif membuka pertempuran apapun,” jelas Nashar kepada Arabi21.com.

Jum'at, 13/04/2018 07:13 0

Rusia

Balas Ancaman Trump, Rusia: Kami Tidak Berdiplomasi Lewat Twitter

Rusia meyakini AS sengaja membuat tudingan soal senjata kimia sebagai justifikasi bagi Washington untuk menyerang Suriah.

Jum'at, 13/04/2018 06:09 0

Amerika

Trump: Serangan ke Suriah Bisa Jadi Lebih Cepat

Presiden AS Donald Trump kembali berkicau di akun Twitternya bahwa dia tidak pernah mengatakan kapan serangan terhadap Suriah akan terjadi. Katanya, serangan itu bisa terjadi kapan saja.

Kamis, 12/04/2018 20:45 0

Suriah

Putin-Netanyahu dan Trump-Erdogan Bersamaan Bahas Suriah Lewat Telepon

Pada hari Rabu (11/04/2018) terjadi percakapan antara empat pemimpin negara yang membicarakan kondisi Suriah melalui sambungan telepon.

Kamis, 12/04/2018 17:51 0

Suriah

5 Pertanyaan Penting Tentang Rencana Serangan AS ke Suriah

Menanggapi kasus ini sejumlah analis melontarkan pandangan mereka terkait langkah AS tersebut. Berikut 5 pertanyaan penting yang dijawab oleh analis perang dunia:

Kamis, 12/04/2018 16:49 0

Close