... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IKAMI: Kasus Puisi Sukmawati Bisa Dibawa ke Mahkamah Internasional

Foto: Abdullah Al Katiri

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Ikatan Advokat Muslim Indonesia (IKAMI) Abdullah Al Katiri menegaskan bahwa penyelesaian hukum kasus puisi Sukmawati Soekarnoputri tidak bisa menggunakan pendekatan restorative justice. Menurutnya, pendekatan itu bisa diterapkan jika objeknya adalah manusia atau masyarakat tertentu dan perbuatannya sendiri merupakan delik aduan.

“Perkara yang dihadapi oleh Sukmawati adalah selain delik umum/formal, juga bukan delik aduan, dan objek perkaranya bukan manusia, melainkan suatu keyakinan/agama, yang mana perbuatan tersebut adalah penodaan agama yang dianut oleh umat Islam di seluruh dunia, bukan hanya masyarakat muslim di Indonesia,” ujarnya kepada Kiblat.net, Rabu (11/04/2018).

Al Katiri menambahkan, bahwa permintaan maaf Sukmawati tidak berarti menghentikan perkara. Sebab puisinya tidak hanya menyinggung umat Islam di Indonesia. Menurutnya, kasus puisi Sukmawati bisa dibawa ke Mahkamah Internasional.

“Bisa dari Turki keberatan. Dia (kasus puisi Sukamawati.Red) bisa pakai Mahkamah Internasional. Jadi adalah suatu yang tidak mungkin dilakukan penyelesaian secara restorative justice dalam perkara yang dihadapi oleh Sukmawati seperti yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian,” kata Al Katiri.

Sukmawati dilaporkan banyak pihak ke polisi karena puisinya yang berjudul Ibu Indonesia dianggap melecehkan umat Islam. Puisi itu dia bacakan dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018, Jakarta, 29 Maret 2018. Adapun kata-kata yang dianggap melecehkan itu seperti mengenai syariat Islam, cadar, hingga suara azan.

BACA JUGA  Ini Alasan Malaysia Mustahil Meratifikasi ICERD

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan kasus itu memungkinkan untuk diselesaikan di luar pengadilan alias damai atau restorative justice.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “IKAMI: Kasus Puisi Sukmawati Bisa Dibawa ke Mahkamah Internasional”

  1. Damai apaan..kgak bisa polisi jangan cuma bisa nangkepin tokoh islam aja tangkap juga sukmawati

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Militer Suriah Amankan Peralatan Tempur di Pangkalan Rusia

Bahkan, warga khawatir serangan AS itu hanya menambah kerusakan di negara mereka.

Kamis, 12/04/2018 09:40 2

Video Kajian

Kiblat Review: Peran Turki di Tanah Syam

Kiblat Review: Peran Turki di Tanah Syam. Selain itu Turki juga berbatasan dengan Suriah, wilayah konflik yang terus berlanjut sampai tujuh tahun ini. Saat ini, sebagian masyarakat kita sedang menunggu peran Turki untuk penyelesaian konflik di wilayah yang secara historis disebut Syam itu.

Kamis, 12/04/2018 09:26 0

Suriah

Penasihat Media Bashar Assad Anggap Ancaman AS Hanya Perang Psikologi

Hal itu berdasarkan adanya pernyataan yang saling bertentangan antara Gedung Putih dan Menteri Pertahanan dan Luar Negeri AS.

Kamis, 12/04/2018 08:09 0

Amerika

Rencana Serangan AS ke Suriah Pengaruhi Harga Minyak Dunia

KIBLAT.NET, Jakarta- Meskipun Suriah bukan produsen minyak utama, rencana Amerika Serikat dan sekutunya untuk menggelar...

Rabu, 11/04/2018 21:13 0

Eropa

72 Jam Jelang Serangan Trump ke Suriah, Rute Penerbangan Komersil Diubah

Eurocontrol memperingatkan pesawat yang terbang di Mediterania timur untuk berhati-hati karena kemungkinan serangan udara di Suriah.

Rabu, 11/04/2018 20:06 0

Suriah

Bersiap Serbu Suriah, Donald Trump Tantang Rusia

Suasana konflik Suriah tampaknya semakin mencekam. Pada Rabu (11/04/2018), Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperingati Rusia untuk bersiap menghadapi serangan dari AS di Suriah.

Rabu, 11/04/2018 19:29 0

Arab Saudi

Bin Salman: Jika Dibutuhkan, Arab Saudi Akan Terlibat Opsi Militer di Suriah

Arab Saudi bisa diikutkan dalam aksi militer di Suriah setelah terjadi serangan senjata kimia yang menewaskan sedikitnya 60 orang di wilayah Ghouta Timur pada akhir pekan lalu.

Rabu, 11/04/2018 13:02 0

Opini

Antara Kemiskinan, Zakat dan Sustainable Development Goals

Zakat mampu mewujudkan Sustainable Development Goals, bahkan jauh sebelum program ini ada zakat telah memberi damapak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Rabu, 11/04/2018 10:52 0

Amerika

AS dan Rusia “Perang” di DK PBB terkait Serangan Kimia di Douma

Kedua negara sepakat dilakukan penyelidikan di Douma namun berselisih tajam mengenai tim yang akan melakukan penyelidikan. AS mengusulkan membuat tim penyelidik baru sementara Rusia ngotot dengan tim yang sudah ada.

Rabu, 11/04/2018 07:34 0

Amerika

Ini Draf Proposal AS di DK PBB Sikapi Serangan Kimia di Douma

“Washington akan membalas serangan kimia terhadap Douma meskipun DK PBB bergerak atau tidak,” kata Heili seraya menegaskan bahwa negaranya akan menentukan siapa di balik serangan terlarang itu.

Rabu, 11/04/2018 06:22 0

Close