... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

72 Jam Jelang Serangan Trump ke Suriah, Rute Penerbangan Komersil Diubah

Foto: Peta yang menunjukkan penerbangan yang dialihkan setelah Eurocontrol mengeluarkan peringatan untuk menghindari Suriah [Courtesy of FlightRadar24]

KIBLAT.NET, Washington- Beberapa maskapai besar merutekan ulang penerbangan pada hari Rabu setelah agen kontrol lalu lintas udara Eropa (Eurocontrol) memperingatkan pesawat yang terbang di Mediterania timur untuk berhati-hati karena kemungkinan serangan udara di Suriah.

Eurocontrol mengatakan dalam pemberitahuan yang diterbitkan pada Selasa sore (10/04/2018) bahwa rudal akan dilontarkan dalam hitungaan 72 jam. Kemungkinan dapat menimbulkan gangguan intermiten ke peralatan navigasi radio.

Presiden AS Donald Trump dan sekutu Barat sedang mendiskusikan kemungkinan aksi militer untuk mennyerang Presiden Suriah Bashar Assad pasca serangan gas beracun pada Sabtu di Douma.

Juru bicara Air France mengatakan, maskapai penerbangan itu telah mengubah jalur penerbangan sebagai respon peringatan itu. Begitu pula maskapai penerbangan Beirut dan Tel Aviv.

Dikutip dari Reuters, peringatan tersebut disampaikan oleh Eurocontro melalui lamannya. Eurocontrol menghimbau kepada seluruh maskapai penerbangan untuk berhati-hati di Mediterania timur karena kemungkinan peluncuran serangan udara ke Suriah dalam 72 jam ke depan.

“Karena kemungkinan peluncuran serangan udara ke Suriah dengan rudal udara ke darat dalam 72 jam ke depan, dan kemungkinan gangguan intermiten peralatan navigasi radio, pertimbangan harus diambil ketika merencanakan operasi penerbangan di daerah FIR Mediterania Timur/Nicosia,” katanya, mengacu pada wilayah udara yang ditunjuk.

Regulator penerbangan di negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jerman sebelumnya telah mengeluarkan peringatan terhadap maskapai penerbangan yang memasuki wilayah udara Suriah, sehingga menyebabkan sebagian besar maskapai Eropa telah menghindari daerah tersebut terlebih dahulu.

BACA JUGA  Penasihat Media Bashar Assad Anggap Ancaman AS Hanya Perang Psikologi

Trump pada Selasa membatalkan rencana perjalanan ke Amerika Latin akhir pekan ini untuk fokus pada menanggapi insiden Suriah, kata Gedung Putih. Trump pada hari Senin memperingatkan serangan kimia oleh rezim Suriah.

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Terus Desak Jokowi Komitmen Tuntaskan Kasus Novel

Pemuda Muhammadiyah Terus Desak Komitmen Jokowi Tuntaskan Kasus Novel

Rabu, 11/04/2018 19:38 0

Indonesia

Setahun Berlalu, Polisi Tak Lagi Dipercaya Tuntaskan Kasus Penyerangan Novel Baswedan

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak tak lagi percaya polisi mau tuntaskan kasus Novel Baswedan

Rabu, 11/04/2018 18:59 0

Indonesia

Jokowi Diminta Tak Berlebihan Tanggapi Gerakan 2019 Ganti Presiden

Ujang menilai, selama Jokowi memiliki kinerja yang baik, pasti rakyat akan mempertahankannya. Dan begitu juga sebaliknya. Ia mengimbau kepada para pendukung Jokowi tidak berlebihan menanggapi gerakan tersebut.

Rabu, 11/04/2018 14:39 0

Indonesia

DPR Minta Implementasi Perpres Tenaga Kerja Asing Diawasi

Ketua DPR mengimbau kepada komisi terkait, yakni Komisi IX DPR dapat mendorong Kemnaker untuk mengantisipasi agar Perpres tersebut tidak dijadikan landasan hukum dalam melegalkan TKA yang ilegal.

Rabu, 11/04/2018 14:19 0

Indonesia

Pengamat Politik: 2019 Ganti Presiden adalah Gerakan Kreatif

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat politik dari Indonesia Politic Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan bahwa gerakan...

Rabu, 11/04/2018 13:23 0

Indonesia

Keberadaan TKA Bisa Berdampak Pada Hubungan Sosial dan Keamanan

DPP PKS Handi Risza Idris mengingatkan kasus membanjirnya Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok yang masuk ke Indonesia, mulai dari pekerja kasar hingga pekerja terampilnya.

Rabu, 11/04/2018 11:25 0

Opini

Antara Kemiskinan, Zakat dan Sustainable Development Goals

Zakat mampu mewujudkan Sustainable Development Goals, bahkan jauh sebelum program ini ada zakat telah memberi damapak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Rabu, 11/04/2018 10:52 0

Indonesia

PKS: Perpres Nomor 20 Permudah TKA Ilegal ke Indonesia

DPP Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) menilai Perpres tersebut mmembuka peluang besar masuknya TKA ilegal, yang berpotensi melanggar Undang-undang.

Rabu, 11/04/2018 10:37 0

Indonesia

Pendataan Khatib Kampus Muhammadiyah oleh Aparat Timbulkan Kegaduhan

PP Muhammadiyah tidak setuju dengan tindakan aparat keamanan yang meminta data khatib dan dosen STIE Ahmad Dahlan, Tangerang.

Selasa, 10/04/2018 22:15 0

Indonesia

Bantah Ada Pemecatan, Sekjen MUI Akan Ajak Dr Abdul Chair Berdialog

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tabayun dengan anggota Komisi Hukum MUI, Dr. Abdul Chair Ramadhan soal orasinya di aksi tuntut proses hukum Sukmawati beberap waktu lalu.

Selasa, 10/04/2018 22:11 0

Close