Dubes Pakistan: Kekerasan di Kashmir dan Palestina Tak Kunjung Selesai

KIBLAT.NET, Jakarta- Kekerasan terhadap warga Kashmir oleh India semakin meningkat. Situasi kemanusiaan di sana semakin memburuk. Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Mohammad Aqil Nasdeem menghimbau agar kekerasan tersebut segera dihentikan.

“Persoalan Palestina, Jamu dan Kashmir adalah permasalahan lama yang tak kunjung terselesaikan oleh PBB dan masyarakat internasional,” ungkapnya dalam acara Hari Solidaritas Kashmir pada Jumat (06/04/2018) di gedung Kedutaan Besar Pakistan, Mega Kuningan, Jakarta.

Dalam acara tersebut hadir pula Ketua Forum Solidaritas Kashmir Dr. Zahir Khan. Ia menjelaskan sejarah panjang perjuang masyarakat Kashmir agar dapat lepas dari India. Ia menyebutkan bahwa India telah melakukan kekerasan terhadap masyarakat Kashmir dan membunuh warga tak bersalah. Zahir meminta pemerintah Indonesia dan warga Muslim untuk mendukung perjuangan warga Kashmir dan mengutuk kekerasan yang dilakukan oleh India.

“Kekerasan brutal oleh pasukan India telah gagal menekan perjuangan pribumi dari rakyat Kashmir yang menginginkan diberikan hak untuk penentuan nasib sendiri,” tegasnya.

Peringatan Hari Solidaritas Kashmir ini berlangsung di aula Kedubes Pakistan untuk Indonesia. Acara ini dihadiri oleh sejumlah besar mahasiswa dan akademisi. Dalam acara ini, Dubes Pakistan mendesak agar Resolusi DK PBB berupa pemungutan suara di Jamu dan Kashmir segera dilaksanakan.

Kawasan Jamu dan Kashmir yang menjadi bagian dari India belakangan kembali memanas. Kekerasan terhadap warga setempat yang mayoritas Muslim meningkat. Tentara India dikabarkan melakukan pelanggaran ham berupa kekerasan fisik hingga pembunuhan terhadap sipil Kashmir.

BACA JUGA  KSHUMI Heran Penyambutan Presiden di NTT Tak Dibubarkan

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat