Menteri Luar Negeri Bertemu ACT Bahas Bantuan Kemanusiaan untuk Suriah

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Suriah.

Pertemuan antara Menlu Retno digelar di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta hari ini, Kamis (05/04/2018). Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, ACT meminta kesediaan Menteri Luar Negeri untuk melepas Kapal Kemanusiaan ACT yang membawa 1000 ton beras untuk pengungsi Suriah.

Menurut General Manager Komunikasi ACT, Luqman Aziz. Kapal tersebut akan diberangkatkan pada 21 April dari pelabuhan Belawan, Aceh menuju wilayah perbatasan Turki-Suriah. Diperkirakan bantuan itu akan sampai pada pertengahan Mei.

“Selanjutnya, bantuan kemanusiaan tersebut serahkan kepada IHC(Indonesia Humanitarian Center) di perbatasan Suriah. Kami menyasar pengungsi yang berada di perbatasan,” tutur Luqman Aziz saat ditemui di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat seusai pertemuan dengan Menteri Retno Marsudi.

Luqman juga mengapresiasi bantuan beras yang sebagian berasal dari warga Aceh. Dia mengatakan bahwa ini adalah kesekian kalinya penduduk Aceh memberikan bantuan kemanusiaan dalam bentuk makanan pokok.

“Dulu para petani Aceh memberikan bantuan untuk Indonesia, sekarang mereka membantu untuk dunia,” ujar Luqman.

Tak hanya makanan pokok, ACT juga memberikan bantuan medis kepada rakyat Suriah. Mereka juga membuka dapur umum, untuk memberi makan kurang lebih 15.000 pengungsi.

“Per bulan kami membagikan 1000 paket pangan untuk pengungsi, kami juga beberapa waktu lalu bekerja sama dengan pabrik roti lokal untuk dibagikan kepada pengungsi,” imbuh salah satu relawan yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

BACA JUGA  Tolak Ajakan Dialog, Istana Anggap Habib Rizieq Bukan Level Jokowi

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat