... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menteri Luar Negeri Bertemu ACT Bahas Bantuan Kemanusiaan untuk Suriah

Foto: Kantor Kementerian Luar Negeri RI

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) terkait pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Suriah.

Pertemuan antara Menlu Retno digelar di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta hari ini, Kamis (05/04/2018). Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, ACT meminta kesediaan Menteri Luar Negeri untuk melepas Kapal Kemanusiaan ACT yang membawa 1000 ton beras untuk pengungsi Suriah.

Menurut General Manager Komunikasi ACT, Luqman Aziz. Kapal tersebut akan diberangkatkan pada 21 April dari pelabuhan Belawan, Aceh menuju wilayah perbatasan Turki-Suriah. Diperkirakan bantuan itu akan sampai pada pertengahan Mei.

“Selanjutnya, bantuan kemanusiaan tersebut serahkan kepada IHC(Indonesia Humanitarian Center) di perbatasan Suriah. Kami menyasar pengungsi yang berada di perbatasan,” tutur Luqman Aziz saat ditemui di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat seusai pertemuan dengan Menteri Retno Marsudi.

Luqman juga mengapresiasi bantuan beras yang sebagian berasal dari warga Aceh. Dia mengatakan bahwa ini adalah kesekian kalinya penduduk Aceh memberikan bantuan kemanusiaan dalam bentuk makanan pokok.

“Dulu para petani Aceh memberikan bantuan untuk Indonesia, sekarang mereka membantu untuk dunia,” ujar Luqman.

Tak hanya makanan pokok, ACT juga memberikan bantuan medis kepada rakyat Suriah. Mereka juga membuka dapur umum, untuk memberi makan kurang lebih 15.000 pengungsi.

“Per bulan kami membagikan 1000 paket pangan untuk pengungsi, kami juga beberapa waktu lalu bekerja sama dengan pabrik roti lokal untuk dibagikan kepada pengungsi,” imbuh salah satu relawan yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

BACA JUGA  Menag Diimbau Tak Langgar Kebebasan Beragama Demi Keamanan

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Orientasi Dunia Merusak Alam Dunia dan Akhirat

Orientasi Dunia Merusak Alam Dunia dan Akhirat. Ayat tersebut menjadi panduan umat Islam untuk keseimbangan dunia dan akhirat. Bagaimana penjelasannya? Simak dalam kajian berikut ini!

Kamis, 05/04/2018 09:20 0

Asia

AS Masukkan Gerakan Politik Pakistan ke Daftar Teroris

Tuduhan ini, tegasnya, telah mencederai kedaulatan dan konstitusi Pakistan.

Kamis, 05/04/2018 08:46 0

Suriah

Antisipasi Operasi Militer Turki, AS Tambah Kekuatan di Manbij

Ankara berniat menggelar operasi militer untuk membersihkan Manbij dari milisi YPG setelah berhasil merebut Afrin.

Kamis, 05/04/2018 07:34 0

Editorial

Editorial: Sukmawati Memantik Api

Di Barat, ekspresi permusuhan kelompok ultranasionalis kepada Islam begitu terlihat meski mereka tak berkuasa. Semestinya, siapa pun tak boleh berpikiran untuk mengadopsinya di Indonesia, negara yang kemerdekaannya dipenuhi gaung takbir para syuhada.

Rabu, 04/04/2018 15:24 0

Suara Pembaca

Puisi “Ajari Anak Kita Syariat Islam”

Ajari Anak Kita Syariat Islam

Rabu, 04/04/2018 15:10 1

Manhaj

Penerapan Fikih Istidh’af di Masa Kenabian

Isyarat-isyarat ini didukung dengan praktek-praktek yang menunjukkan bahwa kondisi istidh’af, menuntut adanya suatu pengecualian dari hukum yang umum berlaku.

Rabu, 04/04/2018 14:30 1

Amerika

Terjadi Penembakan di Kantor Pusat Youtube, Aksi Terorisme?

Motif penembakan belum jelas, kata dia. Polisi menyatakan dia tidak tahu apakah penembakan itu merupakan kasus insiden kekerasan domestik.

Rabu, 04/04/2018 12:53 0

Mesir

Pemilu Mesir Menangkan Al-Sisi, Hastag “Pembohong” Ramai di Medsos

Sejumlah aktivis media sosial mempertanyakan legitimasi dan kredibilitas pemilihan. Mereka juga menyoroti kemunafikan para pemimpin Barat karena mendukung seorang diktator yang terkenal jahat karena pelanggaran hak asasi manusianya.

Rabu, 04/04/2018 11:08 0

Yaman

Syiah Hutsi Targetkan Kapal Tanker Minyak Saudi

“Kapal tempur koalisi segera melakukan operasi ‘intervensi cepat’ dan berhasil menggagalkan serangan tanpa diketahui jenis senjata yang digunakan untuk menyerang,” kata pernyataan koalisi Arab, seperti dinukil Reuters Arabic.

Rabu, 04/04/2018 09:46 0

News

Kesepahaman Kekuatan Asing Bentuk “Zona Pengaruh” di Suriah

Donald Trump, Selasa (03/04), menggelar pertemuan Dewan Keamanan Nasional untuk membuat keputusan akhir tentang keberadaan militer AS di Suriah. Di saat yang sama, sumber Turki mengatakan bahwa koalisi AS mengirim 300 tentara ke Manbij, di mana ratusan dan mungkin ribuan tentara AS berada di kota tersebut bersama milisi Kurdi.

Rabu, 04/04/2018 08:36 0

Close