... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dorong Minat Baca, GPAN Bali Adakan Perpustakaan Kaget di CFD

Foto: Komunitas Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Bali mengadakan kegiatan Perpustakaan Kaget.

KIBLAT.NET, Denpasar – Komunitas Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Bali mengadakan kegiatan Perpustakaan Kaget di areal Lapangan Sebelah Selatan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi Renon, Denpasar pada hari Ahad (01/04/2018). Kegiatan Perpustakaan Kaget ini merupakan kegiatan perdana GPAN Bali yang baru terbentuk beberapa waktu lalu. Kegiatan Perpustakaan Kaget bertepatan dengan aktifitas car free day dimana beberapa ruas jalan di kawasan tersebut bebas dari kendaraan bermotor. Kegiatan Perpustakaan Kaget dibuka dari pukul 06.00 s.d 09.00 wita.

Kegiatan Perpustakaan Kaget menawarkan baca buku gratis di kawasan car free day Renon tanpa dipungut biaya. Para Anggota GPAN Bali membuka perpustakaan kaget dengan menggelar lapak di rerumputan yang sudah digelar dengan karpet. Pengunjung dapat memilih berbagai jenis buku yang menjadi favorit mereka mulai dari Novel karangan penulis terkenal, berbagai jenis komik era 90an, buku pelajaran anak, hingga buku perkuliahan.

Selain menyuguhkan baca buku gratis di kegiatan perpustakaan kaget, Komunitas GPAN Bali juga ada agenda pojok mewarnai bagi anak-anak yang hobi menggambar. Pojok mewarnai mendapat apresiasi yang luar biasa dari anak-anak yang datang bersama orang tua mereka ketika melintas di lapak perpustakaan kaget. Anggota Komunitas GPAN Bali di pojok mewarnai telah menyiapkan pensil warna, crayon, serta pola gambar lucu yang bisa dipilih anak-anak yang ingin mewarnai. Hasil gambar yang telah diwarnai juga dapat dibawa oleh anak-anak yang telah menyelesaikan hasil karya mereka disini. Rata-rata anak-anak yang datang memang menyukai mewarnai dan sering mengikuti kompetisi di sekolah mereka.

BACA JUGA  Soal Pemulihan Sektor Bisnis, Pemerintah Berencana Terbitkan Surat Utang Baru

Para anggota GPAN Bali lainnya sambil membawa boneka tangan membagikan kartu nama komunitas ini kepada pengunjung kawasan car free day Renon yangs sedang berolahraga atau bersantai di rimbunan pohon teduh. Komunitas GPAN Bali juga menerima donasi buku-buku layak baca dan baru kepada masyarakat yang ingin mendukung kegiatan perpsutakaan kaget GPAN Bali. Rencananya kegiatan perpustakaan kaget yang diadakan GPAN Bali akan diadkan di car free day Renon.

Ditemui dilokasi kegiatan Perpustakaan Kaget, Ketua GPAN Pusat yaitu Devi Safitry mengatakan bahwa Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara saat ini sudah memiliki 17 cabang di seluruh Indonesia.

“Alhamdulilah saat ini GPAN sudah berkembang pesat dan sudah menyebar keseluruh kawasan di Indonesia. Beberapa cabang GPAN yang sudah aktif melakukan kegiatan perpustakaan keliling diantaranya di Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kecamatan Kepanjen, Kota Surabaya, Kota Lamongan, Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kabupaten Ponorogo, Kota Ciamis, DKI Jakarta, Kota Medan, dan Kota Palu,” jelasnya.

Devy menjelaskan juga bahwa GPAN awalnya lahir di Kota Malang dan pertama kali dinisiasi oleh Alumni Universitas Negeri Malang bernama Imam Ari Failah.

“Pendiri GPAN yaitu Imam Ari Failah mendirikan GPAN terinspirasi dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang salah satu programnya mengadakan penggalangan dana buku gratis di desa dampingan. Desa dampingan yang dikunjungi Imam Ari Failah sendiriminim buku-buku bacaan. Tahun 2015 akhirnya Imam Ari Failah beserta kawan-kawannya mengumpulkan donasi buku dan mendirikan taman bacaan. Dari sana pelan-pelan GPAN berhasil berkembang hingga ke saat ini di Kota Denpasar, Bali,” ungkap Devi.

BACA JUGA  MADINA Berbagi Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Kegiatan terdekat yang diadakan GPAN Bali adalah menghadiri undangan Community Day yang diadakan BEM PM Universitas Udayana pada tanggal 08 April 2018 di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi Renon. GPAN ali akan membuka perpustaakan kaget dan pojok mewarnai.

“Jangan lewatkan untuk mampir ke stand GPAN Bali saat Community Day,” tandasnya menutup perbincangan.

Reporter: Herdian Armandhani
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Akhir Negosiasi Alot Jaisyul Islam dan Rusia di Ghouta Timur

Bagi yang ingin bertahan harus tunduk di bawah rezim.

Senin, 02/04/2018 09:36 0

Turki

Erdogan: Benyamin Netanyahu Teroris

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu teroris pada Ahad (01/04)

Senin, 02/04/2018 08:17 0

Artikel

AS dan NATO Gagal Pahami Strategi Taliban?

Setelah hampir 17 tahun menginvasi Afghanistan, misi NATO pimpinan AS “Resolute Support” dianggap masih belum bisa memahami strategi Taliban.

Senin, 02/04/2018 06:57 0

Artikel

Tak Banyak Diungkap, 5 Fakta di Balik Kemenangan Al-Sisi dalam Pemilu Mesir

Partai Salafi An-Nuur Mesir muncul sebagai salah satu pendukung utama Al-Sisi selama pemilu. Partai itu memberikan kontribusi dengan memobilisasi anggota partainya untuk memilih dan menolak seruan boikot.

Ahad, 01/04/2018 17:38 1

Palestina

Belasan Warga Palestina Tewas, Netanyahu Puji Pasukan Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji pasukan keamanan Israel setelah pembunuhan 17 warga Palestina di Jalur Gaza. Meskipun banyak kecaman bermunculan karena aksi represif tersebut. 

Ahad, 01/04/2018 16:16 0

Artikel

Setelah Ghouta Jatuh, Assad Perkuat Negara Alawi di Suriah

Jangan lupa bahwa tujuan rezim Suriah adalah mendirikan negara Alawi yang membentang ke pantai dengan Damaskus sebagai ibukotanya.

Ahad, 01/04/2018 14:33 0

Yaman

Kebakaran Gudang Makanan di Al-Hudaydah, Yaman Isyaratkan Pelakunya Hutsi

Kebakaran menghancurkan gudang yang penuh dengan bahan bakar untuk memasak dan bahan makanan.

Ahad, 01/04/2018 13:11 0

Palestina

Negara Arab Kutuk Serangan Israel Terhadap Demonstran Damai Palestina

Setidaknya 14 demonstran Palestina terbunuh dan 1.500 lainnya terluka ketika pasukan Israel bertindak represif menanggapi aksi demonstrasi damai. 

Ahad, 01/04/2018 12:21 0

Turki

Erdogan: Turki Akan Serang Pasukan Perancis Jika Dukung Milisi Kurdi

Dukungan untuk pasukan Kurdi menjadikan Perancis dapat menjadi target pasukan Turki. Presiden Tayyip Erdogan mengatakan Prancis telah mengambil "jalan" yang salah di Suriah.

Ahad, 01/04/2018 06:17 0

Palestina

Protes Kebrutalan Tentara Zionis, Palestina Gelar Aksi Mogok Massal

Pemerintah Nasional Palestina mengumumkan meliburkan seluruh lembaga pemerintah, sekolah dan universitas sesuai perintah Presiden Mahmud Abbas. Presiden menyeru menggelar aksi bergabung atas gugurnya belasan demonstran pada Jumat.

Sabtu, 31/03/2018 20:24 0

Close