... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terduga Teroris Berpotensi Disiksa Karena Tidak Ada UU Ini

Foto: Komisioner Komnas HAM, Khoirul Anam (kanan)

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisioner Komnas HAM, Khoirul Anam menegaskan bahwa selama ini tidak ada kejelasan terkait penempatan seorang terduga teroris setelah ditangkap. Menurutnya, celah itu memunculkan adanya penyiksaan terhadap terduga teroris.

“Penangkapan dalam konteks penyidikan tidak hanya soal hari. Tapi selama ini tidak ada perintah UU atau peraturan UU, setelah ditangkap ditaruh mana,” katanya dalam diskusi ‘Kabar RUU Anti Terorisme di DPR’ pada Kamis (29/03/2018) di Kantor Imparsial, Jakarta Selatan.

“Ditaruh Polda, Polres atau Polsek? Inilah punya potensi tindakan penyiksaan. Karena di mana 14 hari keberadaannya itu menjadi pertanyaan,” sambungnya.

Oleh sebab itu, ia menekankan pentingnya UU yang mengatur penempatan terduga teroris, selain soal waktu penangkapan. Menurutnya hal itu dapat mengeliminir penyiksaan.

“Kalau ditaruh Polda misalnya, ada monitoring. Ada yang diminta pertanggungjawaban,” tuturnya.

Soal RUU Terorisme, Anam juga menyoroti masalah waktu penyadapan terhadap seorang terduga teroris selama satu tahun. Menurutnya, waktu tersebut terlalu lama.

“Kerangka waktu penyadapan menurut saya cukup lama. Setahun itu terlalu lama dan tidak menantang polisi bekerja secara profesional,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Arab Saudi Dilanda Badai Pasir

Badai pasir menyebabkan penutupan sementara 6 bandara di Arab Saudi utara karena angin kencang yang bercampur dengan debu.

Jum'at, 30/03/2018 11:20 0

Amerika

Kata Trump, Pasukan Amerika Akan Secepatnya Keluar dari Suriah

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa pihaknya tidak diberitahu tentang keputusan penarikan pasukan dari Suriah setelah pernyataan Trump.

Jum'at, 30/03/2018 10:50 0

Suriah

AS Bangun Pangkalan Militer di Dekat Ladang Minyak Terbesar Suriah

Dia menunjukkan, dua helikopter Black Hawk Amerika telah mendarat di Al-Umar. Helikopter tersebut mengangkut puluhan tentara dan peralatan militer lainnya.

Jum'at, 30/03/2018 08:56 0

Palestina

Israel Sebar 100 Penembak Jitu Hadapi Demo Tahunan Palestina

Israel mengerahkan 100 penembak jitu di sekitar perbatasan Jalur Gaza guna menghalau warga Palestina yang dikabarkan hendak menggelar demonstrasi besar.

Kamis, 29/03/2018 18:33 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan!

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan! "Seandainya yang menyatakan seperti ini bukan dirimu, wahai Abu Ubaidah, tentu akan saya pukul!" Ia kemudian berkata, "Kita ini kaum yang dimuliakan dengan Islam! Maka siapa pun yang mencari kemulian bukan dengan Islam maka Allah pasti akan menghinakannya."

Kamis, 29/03/2018 18:10 0

Afrika

AS Klaim Bunuh Musa Abu Dawud, Petinggi AQIM di Libya

Amerika Serikat mengumumkan kematian tokoh Al Qaidah di Libya, Musa Abu Dawud dalam serangan udara akhir pekan lalu. Serangan tersebut terjadi di daerah dekat perbatasan Aljazair, Niger dan Chad.

Kamis, 29/03/2018 17:12 0

Mesir

Kematian Dini Mengintai Muhammad Mursi di Penjara

Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi dikabarkan ditahan di sel dengan kondisi buruk, minim perhatian medis dan jauh dari standar penjara pada umumnya.

Kamis, 29/03/2018 16:13 0

Suriah

5 Hal Tentang Tragedi Ghouta Timur; Motif hingga Jumlah Korban

Pada hari Ahad 19 Februari, pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh pesawat tempur Rusia meningkatkan serangan di Ghouta Timur, menewaskan ratusan orang dalam beberapa hari.

Kamis, 29/03/2018 15:26 0

Suriah

Nasib Jaisyul Islam di Ghouta Timur Belum Jelas

Jaisyul Islam mengirim surat kepada negara-negara Dewan Keamanan menginformasikan isi proposal mereka kepada Rusia. Proposal itu sebagai solusi terbaik menurut Jaisyul Islam untuk Ghouta Timur.

Kamis, 29/03/2018 09:06 0

Amerika

Al-Qaidah: Musuh Utama Kami Masih Amerika Serikat

“(Secara tidak langsung) kebijakan-kebijakan Amerika dan pemimpin pasukan salib mereka yang culas, tidak diragukan lagi merupakan klarifikasi bahwa cara paling efektif dalam menghadapi agresi mereka adalah dengan jalan dakwah dan jihad,” kata adz-Dzawahiri.

Kamis, 29/03/2018 06:24 0

Close
CLOSE
CLOSE