... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mekanisme Korban Salah Tangkap Tak Dibahas di RUU Anti-Teror

KIBLAT.NET, Jakarta – Direktur Imparsial, Al Araf, mengritisi Rancangan Undang-undang Anti Terorisme yang sedang digodok DPR. Menurutnya, poin penting yang harus dimasukkan mengenai penyelesaian korban salah tangkap Densus 88.

“Catatan saya dalam RUU ini adalah mekanisme korban salah tangkap. Ini perlu ada mekanismenya bagaimana dengan korban salah tangkap,” katanya dalam diskusi “Nasib RUU Anti Terorisme di DPR” pada Kamis (29/03/2018) di kantor Imparsial, Jakarta Selatan.

Sebab, ia memaparkan bahwa yang sudah masuk dalam RUU tersebut perlindungan korban tindak pidana terorisme. Yaitu diatur dalam pasal 35.

Ia juga mengapresiasi DPR karena telah mencabut pasal-pasal yang dianggap berpotensi melanggar HAM. Di antaranya adalah pencabutan kewarganegaraan.

“Pencabutan kewarganegaraan tidak menjadi hukuman. Ini kita apresiasi, karena kita anggap itu bertentangan HAM dan UU kewarganegaraan,” tuturnya.

Al Araf juga menyambut baik tindakan DPR yang menghapus ‘Pasal Guantanmo’. Menurutnya, penghapusan tersebut satu hal yang positif.

“Pasal Guantanamo, ini juga sudah dihapus. Ini satu hal positif,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota Tim Perumus RUU Terorisme, Arsul Sani menjelaskan di antara yang belum selesai pembahasannya dalam RUU Anti Terorisme mengenai definisi terorisme. Menurutnya, sampai saat ini belum ada definisi terorisme yang disepakati Tim Perumus.

“Sampai sekarang pembahasan definisi terorisme masih dibahas,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa persoalan definisi terorisme ini masukan dari elemen umat Islam. Sebab, selama ini jika ada kejadian terorisme, maka yang distigma adalah Islam.

BACA JUGA  Terkait New Normal, PKS Kritik Keras Rencana Pembukaan Sekolah

“Definisi terorisme, ini memang masukan dari elemen masyarakat. Terutama umat Islam yang merasa terstigma dengan peristiwa terorisme,” tuturnya.

“Mereka meminta agar teroris jangan di stigma seolah umat Islam,” sambungnya.

Politisi partai PPP ini mengatakan bahwa soal definisi, ada tiga hal yang dibahas. Yaitu apa itu terorisme, apa itu teoris, dan apa itu aksi teoris. Arsul menyebutkan bahwa RUU terorisme akan segera rampung. Target kami, kata dia 27 April UU ini sudah selesai.

“Tidak hanya selesai, tapi sudah kita bawa ke rapat paripurna,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Sebar 100 Penembak Jitu Hadapi Demo Tahunan Palestina

Israel mengerahkan 100 penembak jitu di sekitar perbatasan Jalur Gaza guna menghalau warga Palestina yang dikabarkan hendak menggelar demonstrasi besar.

Kamis, 29/03/2018 18:33 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan!

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan! "Seandainya yang menyatakan seperti ini bukan dirimu, wahai Abu Ubaidah, tentu akan saya pukul!" Ia kemudian berkata, "Kita ini kaum yang dimuliakan dengan Islam! Maka siapa pun yang mencari kemulian bukan dengan Islam maka Allah pasti akan menghinakannya."

Kamis, 29/03/2018 18:10 0

Afrika

AS Klaim Bunuh Musa Abu Dawud, Petinggi AQIM di Libya

Amerika Serikat mengumumkan kematian tokoh Al Qaidah di Libya, Musa Abu Dawud dalam serangan udara akhir pekan lalu. Serangan tersebut terjadi di daerah dekat perbatasan Aljazair, Niger dan Chad.

Kamis, 29/03/2018 17:12 0

Mesir

Kematian Dini Mengintai Muhammad Mursi di Penjara

Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi dikabarkan ditahan di sel dengan kondisi buruk, minim perhatian medis dan jauh dari standar penjara pada umumnya.

Kamis, 29/03/2018 16:13 0

Suriah

5 Hal Tentang Tragedi Ghouta Timur; Motif hingga Jumlah Korban

Pada hari Ahad 19 Februari, pasukan pemerintah Suriah yang didukung oleh pesawat tempur Rusia meningkatkan serangan di Ghouta Timur, menewaskan ratusan orang dalam beberapa hari.

Kamis, 29/03/2018 15:26 0

Suriah

Nasib Jaisyul Islam di Ghouta Timur Belum Jelas

Jaisyul Islam mengirim surat kepada negara-negara Dewan Keamanan menginformasikan isi proposal mereka kepada Rusia. Proposal itu sebagai solusi terbaik menurut Jaisyul Islam untuk Ghouta Timur.

Kamis, 29/03/2018 09:06 0

Amerika

Al-Qaidah: Musuh Utama Kami Masih Amerika Serikat

“(Secara tidak langsung) kebijakan-kebijakan Amerika dan pemimpin pasukan salib mereka yang culas, tidak diragukan lagi merupakan klarifikasi bahwa cara paling efektif dalam menghadapi agresi mereka adalah dengan jalan dakwah dan jihad,” kata adz-Dzawahiri.

Kamis, 29/03/2018 06:24 0

Analisis

Invasi Pimpinan Amerika Tak Hasilkan Apapun Kecuali Bencana

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya 15 tahun lalu meluncurkan pembukaan kampanye militer untuk menghancurkan Iraq dengan mimpi mengubah wajah Timur Tengah selamanya.

Rabu, 28/03/2018 15:30 0

Video Kajian

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah (2)

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah

Rabu, 28/03/2018 14:55 0

Palestina

Infeksi Pernafasan, PM Israel Netanyahu Dilarikan ke Rumah Sakit

Serangkaian tes menunjukkan pria berusia 68 tahun itu menderita infeksi virus minor pada saluran pernapasan bagian atas.

Rabu, 28/03/2018 14:34 0

Close