... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penjelasan Yusril Kenapa Alfian Tanjung Tak Layak Dipidana

Foto: Yusril Ihza Mahendra.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar hukum Prof. Yusril Ihza Mahendra usai memberikan keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengatakan, terdapat cukup alasan bagi pengadilan untuk membebaskan Alfian Tanjung dari segala dakwaan atau melepaskannya dari segala tuntutan hukum. Ia menyatakan bahwa perbuatan Alfian bukanlah tindak pidana.

Alfian Tanjung didakwa ke pengadilan dengan tuduhan melakukan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Alfian didakwa melanggar pasal 310 dan pasal 311 KUHP jo Pasal 27 dan 28 UU ITE yakni melakukan pencemaran nama baik dengan menggunakan media elektronik.

“Pasal 310 KUHP itu adalah pasal fitnah dan pencemaran nama baik yang ditujukan adalah orang perseorangan (natuurlijk persoon), bukan organisasi (rechtspersoon),” ungkap Yusril, Rabu (28/03/2018).

“Beda halnya kalau yang merasa difitnah dan dicemarkan nama baiknya adalah Ketua Umum atau Sekjen PDIP. Pasal 156 KUHP mengatur pencemaran terhadap golongan atau SARA dan Pasal 206-208 KUHP mengatur pencemaran terhadap aparatur negara,” lanjutnya.

Dalam hukum pidana tidak boleh ada analogi, maka terdapat kevakuman hukum terhadap kemungkinan pencemaran nama baik terhadap partai politik. Hakim seharusnya dapat menggali hukum dan menciptakan yurisprudensi mengatasi kevakuman ini.

Yusril menambahkan, andaikata fitnah dan pencemaran nama baik yang dilakukan Alfian itu memang ada, ia melakukannya dalam konteks kepentingan umum. Maka menurut Pasal 310 ayat 3 KUHP sifat pidananya menjadi hilang.

BACA JUGA  Mendag Klarifikasi Statemen Larangan Penjualan Minyak Curah

Dengan demikian, jika dalam sidang dapat dibuktikan unsur kepentingan umum itu, Alfian bisa dibebaskan atau setidak-tidaknya dilepaskan (ontslaag) dari segala dakwaan.

“Sebagai ustadz dan dosen yang selama ini mendalami bahaya komunisme yang dilarang, maka tugas Alfian lah berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengingatkan masyarakat terhadap fenomena bahaya kebangkitan kembali komunisme itu,” pungkas Yusril.

Sidang perkara Alfian Tanjung masih akan dilanjutkan pekan depan. Agenda sidang adalah mendengarkan keterangan ahli baik dari tim penasehat hukum maupun dari Jaksa Penuntut Umum.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Nasib Jaisyul Islam di Ghouta Timur Belum Jelas

Jaisyul Islam mengirim surat kepada negara-negara Dewan Keamanan menginformasikan isi proposal mereka kepada Rusia. Proposal itu sebagai solusi terbaik menurut Jaisyul Islam untuk Ghouta Timur.

Kamis, 29/03/2018 09:06 0

Amerika

Al-Qaidah: Musuh Utama Kami Masih Amerika Serikat

“(Secara tidak langsung) kebijakan-kebijakan Amerika dan pemimpin pasukan salib mereka yang culas, tidak diragukan lagi merupakan klarifikasi bahwa cara paling efektif dalam menghadapi agresi mereka adalah dengan jalan dakwah dan jihad,” kata adz-Dzawahiri.

Kamis, 29/03/2018 06:24 0

Analisis

Invasi Pimpinan Amerika Tak Hasilkan Apapun Kecuali Bencana

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya 15 tahun lalu meluncurkan pembukaan kampanye militer untuk menghancurkan Iraq dengan mimpi mengubah wajah Timur Tengah selamanya.

Rabu, 28/03/2018 15:30 0

Video Kajian

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah (2)

Kiblat Review: 7 Tahun Krisis Suriah

Rabu, 28/03/2018 14:55 0

Palestina

Infeksi Pernafasan, PM Israel Netanyahu Dilarikan ke Rumah Sakit

Serangkaian tes menunjukkan pria berusia 68 tahun itu menderita infeksi virus minor pada saluran pernapasan bagian atas.

Rabu, 28/03/2018 14:34 0

Manhaj

Siyasah Syariyyah: Jujur dan Tepat dalam Mengukur Mudharat

Menjelang musim Pemilu, kata “mudharat” yang secara mudahnya berarti “bahaya,” menjadi titik silang perdebatan antara kelompok cobloser dan golputer

Rabu, 28/03/2018 13:00 0

Rusia

Heboh Pengusiran Diplomat Oleh AS dan UE, Rusia Siapkan Aksi Balasan

AS mengumumkan serangkaian tindakan yang mengejutkan, yaitu pengusiran terhadap para diplomat Rusia. Tindakan Washington ini oleh Duta Besar Jon Huntsman digambarkan sebagai yang terbesar dalam sejarah.

Rabu, 28/03/2018 11:50 0

Asia

Hindari Riba, Sebuah Lembaga Islam di India Beri Pinjaman Tanpa Bunga

The Islamic Welfare Society Bhatkal memberikan pinjaman tanpa bunga kepada mereka yang membutuhkan. Uang yang dipinjamkan berasal dari dana masjid.

Rabu, 28/03/2018 11:14 0

Suriah

Kloter Ketiga Rombongan Pejuang dan Sipil Tinggalkan Ghouta Timur

Kloter ketiga ini, menurut jaringan berita oposisi Shaam Network, terdiri dari 105 bis. Bis-bis itu membawa sekitar 7000 orang, 1620 di antaranya pejuang bersenjata. Konvoi ini dikawal tujuh mobil ambulan.

Rabu, 28/03/2018 08:57 0

Afrika

UEA Bangun Pangkalan Militer Ilegal di Somalia

Osman meminta delegasi Somalia menyeru Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan khusus untuk membahas perkembangan terakhir di Somalia sehingga menghasilkan langkah-langkah yang tepat untuk menghentikan pelanggaran UEA.

Rabu, 28/03/2018 07:38 0

Close