... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Israel Sebar 100 Penembak Jitu Hadapi Demo Tahunan Palestina

Foto: Tentara Israel mengarahkan senjata mereka ke arah demonstran Palestina selama bentrokan di desa Tuqu, Tepi Barat dekat Bethlehem 26 Februari 2017. [Foto / Mussa Qawasma / Reuters]

KIBLAT.NET, Yerusalem – Israel mengerahkan 100 penembak jitu di sekitar perbatasan Jalur Gaza guna menghalau warga Palestina yang dikabarkan hendak menggelar demonstrasi besar.

“Kami telah mengerahkan 100 penembak jitu yang berasal dari seluruh unit militer Israel, termasuk pasukan khusus. Jika nyawa-nyawa dalam bahaya, akan ada izin untuk melepaskan tembakan,” ujar Kepala Staf Militer Israel, Gadi Eizenkot, kepada media lokal Yedioth Abronoth, Rabu (28/03/2018).

Israel merencanakan pengerahan ini setelah sejumlah koordinator demonstrasi mendorong ribuan warga Palestina turun ke jalan di lima lokasi di sepanjang perbatasan Gaza mulai Jumat pekan ini. Unjuk rasa dilakukan guna memperingati Land Day. Di mana warga Palestina menuntut haknya atas tanah yang saat ini diduduki Israel.

Protes tahunan Land Day akan dimulai pada 30 Maret. Hari itu menjadi simbolis, di mana enam warga Arab dibunuh oleh pasukan Israel selama demonstrasi pada tahun 1976 yang menuntut tanah yang dicaplok Israel.

Protes ini akan berakhir pada 15 Mei, tepat di hari “Nakba” atau “Bencana”, menandai terusirnya ratusan ribu warga Palestina dalam konflik akibat berdirinya Israel pada tahun 1948.

Sebanyak lima juta keturunan dari para pengungsi Palestina asli hingga saat ini terus menuntut untuk dikembalikan hak tanah leluhur mereka. Israel mengesampingkan hal ini, dengan alasan bahwa kembalinya orang Palestina ke tempat yang sekarang Israel dapat melebihi jumlah penduduk Yahudi.

BACA JUGA  Hamas: Saudi Tangkap Pemimpin Senior Kami di Jeddah

Protes ini didukung oleh beberapa partai politik Palestina, termasuk Hamas. Diharapkan bahwa ribuan orang di Gaza yang terkepung akan berkumpul di kota-kota di lima lokasi di sisi perbatasan Palestina.

Sumber: Al Jazeera
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan!

Khutbah Jumat: Kemuliaan Tanpa Islam, Itu Kepalsuan! "Seandainya yang menyatakan seperti ini bukan dirimu, wahai Abu Ubaidah, tentu akan saya pukul!" Ia kemudian berkata, "Kita ini kaum yang dimuliakan dengan Islam! Maka siapa pun yang mencari kemulian bukan dengan Islam maka Allah pasti akan menghinakannya."

Kamis, 29/03/2018 18:10 0

Indonesia

Pembahasan RUU Anti-Terorisme Sisakan Definisi

Anggota Tim Perumus RUU Terorisme, Arsul Sani mengatakan bahwa selain pelibatan TNI dalam penanganan terorisme, persoalan yang menjadi perdebatan adalah definisi terorisme.

Kamis, 29/03/2018 18:04 0

Indonesia

Hari Film Nasional, KPAI Kritisi Tayangan Tak Ramah Anak

Hari Film Nasional akan diperingati pada 30 Maret nanti. Banyak hal yang menjadi koreksi seputar perfilman di Indonesia. Terutama terkait tontonan dan pengaruhnya bagi anak-anak Indonesia.

Kamis, 29/03/2018 17:32 0

Indonesia

Maklumat Lengkap MUI Sumbar terkait Larangan Cadar

Maklumat itu dikeluarkan setelah timbul indikasi untuk mengkaitkan bercadar dengan paham radikalisme.

Kamis, 29/03/2018 16:21 0

Indonesia

Bebaskan Lahan, AQL Islamic Center Gelar Sujud Syukur

Arrohman Qur'anic Learning (AQL) Islamic Center baru saja membebaskan lahan yang selama ini menjadi markas mereka dengan nilai Rp26 miliar

Kamis, 29/03/2018 16:19 0

Indonesia

Dari Medan hingga Makassar, KAMMI Gelar Demo Kenaikan BBM

Kenaikan harga BBM menggerakkan para mahasiswa menggelar aksi demo di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang menggelar demo sejak dua hari lalu.

Kamis, 29/03/2018 12:56 0

Indonesia

947 Bibit Bambu Ditanam Sebagai Ikhtiar Hijaukan Bumi

Pakar bambu Ir. Pon Purajatnika berharap aksi penanaman bibit bambu ini bisa mewujudkan ketahanan air, dan bisa menampung air meski kemarau tiba.

Kamis, 29/03/2018 11:39 1

Indonesia

Mahasiswa Riau Demo Pertamina, Ajukan Dua Tuntutan

Dua kesepakatan ini kemudian ditulis dalam selembar kertas dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Surat tersebut juga termuat materai 6000.

Kamis, 29/03/2018 11:11 0

Indonesia

Penjelasan Yusril Kenapa Alfian Tanjung Tak Layak Dipidana

Alfian Tanjung didakwa ke pengadilan dengan tuduhan melakukan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kamis, 29/03/2018 10:31 0

Indonesia

Kemenag Kembangkan Layanan Haji dan Umroh Berbasis Elektronik

Ia menjelaskan, prinsip kerja SIPATUH memberi ruang bagi jamaah untuk dapat memantau rencana perjalanan ibadah umrahnya. Semuanya dapat dipantau sejak mendaftar di biro haji hingga kembali ke tanah air.

Kamis, 29/03/2018 07:39 0

Close